Cara Melatih anjing duduk atau Sit

Cara Melatih anjing duduk atau Sit

melatih anjing duduk,melatih anjing sit,melatih anjing labrador duduk

Setelah kita mengenal sifat dan karakter dari masing masing anjing, Maka kita siap untuk melatih anjing kesayangan kita. Melatih anjing duduk,sit.

Author: Darryl dominicus

MULAINYA PELATIHAN DUDUK PADA ANJING

Setelah kita mengenal sifat dan karakter dari masing masing anjing ,Maka kita siap untuk "melatih anjing" kesayangan kita.

Melatih anjing duduk,  sit, Pelatihan ini, saya berikan contoh pelatihan dengan anjing Labrador Retriever usia 3 tahun, yang baru mulai dengan pelatihan kepatuhan..

CARA DALAM MEMBERIKAN PELATIHAN DUDUK PADA ANJING

1. Dengan mengajak anjing sedikit bermain sebelum melatih anjing duduk atau sit, agar anjing  yang akan dilatih merasakan senang bermain saat anjing berlatih dengan kita sebagai pelatihnya..

2. Panggil nama anjing tersebut agar anjing tersebut berhadapan dengan pelatih,(Masih pada posisi berdiri berhadapan) Setelah anjing berdekatan dan anjing berhadapan dengan pelatih, Maka pelatih, segeralah memberikan sambutan dengan mengusap usap pada bagian kepala anjing, dan setelah itu pelatih memegang kulit bagian bawah leher dari anjing tersebut dengan genggaman menggunakan tangan kiri.dan tangan kanan pelatih meletakan telapak tangan kanan di bagian atas pinggul anjing.

3. Sambil tangan kiri pelatih memegang erat kulit bagian bawah leher anjing dan menahan agar tidak merunduk kepalanya, dan Tangan kanan pelatih menekan begian atas pinggul anjing, sambil mengatakan "duduk"  atau " sit" .

4. Usahakan setiap melatih anjing ucapkan terlebih dahulu perintahnya, Baru pelatih melakukan hal yang diperintahkan kepada anjing tersebut.

5. Setelah anjing yang dilatih melakukan apa yang diperintahkan dengan benar,  sesuai dengan kehendak pelatih, Maka Pelatih segeralah melakukan dengan cepat memberikan upah kepada anjing yang sedang berlatih tersebut, agar si anjing mengerti bahwa perlakuannya benar, dan pelatih bisa memberikan upah berupa , Makanan atau upah dengan usapan kasih sayang.(yang saya perlakukan disini dengan memberikan upah usapan kasih sayang)

6. Pemberian upah dengan usapan kasih sayang kepada anjing yang sedang dilatih, cukup kita sebagai pelatih mengusap usap bagian kepalanya, dengan mengatakan Pinter ya,atau Good Dog.Lakukan usapan tersebut berulang sampai anjing yang dilatih mengerti bahwa perlakuannya benar, dan sianjing biasanya akan menggoyang goyangkan ekornya dengan gembira.

7. Dalam hal ini pelatih dapat memerintahkan beberapa kali saja, dan ingat dalam hal melatih janganlah kita sebagai pelatih mengulang ngulang sampai anjing itu bosan dikarnakan senangnya pelatih akan keberhasilannya dalam melatih anjingnya.

8. Pelatihan pengulangan segerah dihentikan setelah anjing dapat melakukan dengan sendiri, tanpa bantuan dari pelatihnya.

9. Setelah anjing dapat melakukan perintah dengan benar tanpa bantuan pelatih, pelatih boleh mengulang 2 ( dua) atau 3 (Tiga) kali saja, dan hentikan segera pelatihan tersebut.dan jangan diulangi kembali.

Bagaimana anjing dapat mengingat perintah dari pelatihnya ?

10. Bagaimana anjing dapat mengingat perintah dari pelatihnya ?, anjing akan mengingat dan merekam di otaknya disaat pelatih menghentikan pelatihan terhadapnya.Jadi kesimpulannya, disaat pelatih menghentikan pelatihan , Haruslah disaat si anjing berlaku yang benar atas perintah pelatihnya.Jika pelatih menghentikan pelatihan disaat perbuatan anjing yang salah akan perintah pelatih, berarti anjing akan mengingat dan merekam saat perbuatannya yang salah.

11. Apakah posisi duduk si anjing sudah benar ?.Kita segabai pelatih haruslah mengontrol posisi duduk si anjing yang sedang dilatihnya.

12. Perhatikan posisi duduk pada kaki belakangnya, Jangan membiarkan si anjing seenaknya memposisikan kakinya,( sebelah benar dan dan yang sebelah lagi pada paosisi kedalam)

13. Usahakan pelatih segera memberikan koreksi perbuatan salah si anjing yang sedang di latihnya, dengan membenahi posisi kaki anjing yang salah, sebelum memberikan pujian kepada anjing tersebut.dan berikan hukuman dengan menggemgam lebih keras bagian kulit leher bagian bawah ,yang digemgam dengan tangan kiri pelatih,

14. Setalah si anjing melakukan dengan benar ,pelatih segerahlah mengendurkan genggaman tersebut, agar anjing dapat mengerti bahwa yang diperintahkan pelatih telah dilakukan dengan benar.dan segerah pelatih memberikan upahnya kepada anjing yang sedang dilatihnya.

15. Apa bila si anjing yang sedang dilatih mempunyai karakter senang bermain dengan bola, berikanlah bola tersebut kepada anjing yang sedang dilatih ,setelah pelatihan selesai. Dan biarkan sampai anjing melapas bola tersebut dari gigitannya,dan membiarkan bola tersebut dilantai, dan baru bola tersebut diambil dan disimpan.ini sangat berguna untuk membangun temperamen anjing untuk pelatihan kelanjutannya.

16. Untuk melatih jenis anjing kecil ,seperti POM dan yang lain, usahakan melatihnya di atas meja.dan akan saya berikan peragaan di artikel mendatang.

Jakarta 23 April 2011

Cara memegang dengan tangan kiri pada lehar anjing.
Cara memerintahkan anjing untuk duduk
Setelah anjing duduk sesuai perintah pelatih
Cara memberikan upah berupa pujian kasih sayang pada anjing yang sedang dilatih
Mengkoreksi posisi kaki anjing pada saat duduk yang benar
melatih anjing duduk
 
Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain, apa bila terjadi pemindahan pada web lain ,cantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulis terima kasih

Comments   

0 #11 elitadalafilltadalafil 30 mg 2021-04-16 12:20
tadalafil 60 mg for sale elitadalafill.com/ tadalafil 40 mg from india
Quote
0 #12 canadaerectiledysfunctionpillsbuy erection pills 2021-04-16 19:14
erectile disorder exam canadaerectiledysfunctionpills.com/ erectile function
Quote

Add comment


Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries