Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Cara mengenal sifat dan karakter anjing sebelum melatih

Cara mengenal sifat dan karakter anjing sebelum melatih

Sebelum kita miningkat dalam pelatihan anjing dan tentang cara melatih, Alangkah baiknya kalau lebih dahulu kita mengenal tentang sifat dan Carakter  anjing.

Author: Darryl dominicus

Sebelum kita miningkat dalam pelatihan anjing dan tentang cara melatih, Alangkah baiknya kalau lebih dahulu kita mengenal tentang sifat dan Carakter  anjing yang anda pelihara, Ada beberapa faktor Pribadi dari anjing anjing, Yang kadang kadang membuat sukar untuk kita melatihnya, Karena seperti juga manusia, maka anjing anjing memiliki sifat yang berbeda misalnya sebagai berikut :

SIFAT ANING PEMALU DAN CEPAT GUGUP

Seekor anjing yang pemalu dan cepat gugup, biasanya akan membawa akibat ia menjadi Takut terhadap orang orang lain, walau terhadap anda sendiri ia tidak bersikap maluatau gugup atau takut karena sudah dikenal dan sudah dipercaya bahwa anda yang memberikan kasih sayang kepadanya.

Anjing anjing yang pemalu dan gugup, juga akan merasa takut dengan tempat tempat yang masih asing baginya,. Anjing itu juga akan merasa takut dengan suara hujan yang turun. Maupun dengan suara anjing anjing lain yang menyalak. Untuk menghilangkan rasa takutnya ini perlu anda memberikan bimbingan yang seksama dan berusaha dengan berbagai cara serta kesabaran, agar anjing anjing itu menjadi terbiasa dengan berbagai suara maupun tempat yang dianggap masih asing baginya.

Seekor anjing yang pemalu dan cepat gugup,biasanya juga akan cepat menjadi panic, sehingga anda memerlukan lebih banyak ketekunan dan kesabaran agar dapat memberikan latihan atau pendidikan yang sempurna, .Pertama yang harus anda lakukan adalah : menyembuhkan rasa takut dan rasa gugup dari anjing itu. Kemudian baru anda dapat memberikan pendidikan atau melatih terhadap anjing tersebut,. Berusahalah agar anjing itu memberikan kepercayaan kepada anda. Dan jangan anda berlaku keras dan galak kepada anjing tersebut, Usahakanlah anda berlaku lunak UcapanNO akan terlalu sering harus anda ucapkan, disamping anda harus berusaha mengajak anjing anjing itu berbicara. Memanag anjing itu tidak akan mengerti dengan bahasa anda yang menimbulkan kepercayaan terhadap diri anda.

Anjing yang pemalu dan gugup biasanya juga memiliki temperamen yang berlebih lebihan, yang menyalak setiap obyek yang bergerak atau bersuara. Baik manusia ataupun binatang, sehingga merupakan anjing yang agresip tidak terkendalikan. Disamping itu kita temukan juga yang tampak anjing menggigil seperti ketakutan, kalau ia merasa dikejutkan oleh setiap suara atau gerakan tiba tiba. Lalu ia lari terbirit birik tanpa tujuan menentu mencari perlindungan, bahkan tidak jarang sampai terkencing kencing.Ada kalanya dalam ketakutan itu ia akan menggigit, andai ia merasa terdesak atau terancam.

Anjing anjing yang semacam itu, bisa terjadi dikarnakan salah asu, berkat salah mengerti menganggapnya tergolong galak (Kalau ia menggigit), Sehingga ia bahkan dipuji sebagai anjing yang galak dan waspada!

Anjing yang termasuk pemalu dan cepat gugup ini, bukanlah ia tidak memiliki kecerdasan sehingga janganlah anda menjadi cepat putus asa kalau anda menghadapi anjing seperti ini.

Anjing peramah dan perasa

Anjing yang termasuk golongan peramah dan perasa ini, biasanya membutuhkan lebih banyak keramahan dari pihak pemiliknya, ,bahkan sering merengek untuk meminta dielus dalam belaian kasih.sering kali anjing anjing ini memperlihatkan sikap dan perasaan sentimentil , Juga perasaan iri dan cemburu,sehingga seringkali kelihatan seperti bersikap rendah diri, mereka harus diperlakukan lemah lembut supaya tidak menjadi putus asa. Adakalanya anjing anjing yang termasuk golongan ini berusaha untuk menyeleweng lewat pintu belakang. Sehingga untuk mengatasinya anda terpaksa harus bersikap tegas tanpa menggunakan kekerasan.

Anjing yang ganas / agresip

Walau pada mulanya anjing anjing yang tergolong ini kelihatannya ganas dan buas,tetapi apabila sudah dilatih akan diperoleh suatu kegembiraan. Pada anjing anjing yang sudah mencapai umur setahun keatas, sudah tentu lebih sukar untuk mengatasinya, jika dibanding dengan anjing anjing yang lebih muda umurnya, Anjing anjing yang tergolong ganas atau agresip ini, biasanya suka lompat pada waktu ia sedang duduk dalam posisi “ heel”. Apabila anjing mulai tidak dapat dikendalikan,harus diancam dengan hukuman, sambil anda memberikan perintah larangan dengan kata kata “No', ‘Sit’ dan ‘stay. Kalau anjing itu sudah menurut,harus memberikan pujian berupa usapan. Agar anjing anjing itu dapat mmengerti akan hukuman atas perbuatan jeleknya. Mengancam anjing jangan menggunakan potongan kayu atau yang sejenisnya. Tunjukan isyarat tangan anda saja.

Pada anjing anjing yang sudah mencapai usia dewasa ,akan lebih sukar lagi dalam mendidiknya. Golongan yang semacam ini bahkan adakalanya akan menggigit anda. Bukan karena ia bersifat bengis atau kejam, tetapi hanya karena ia merasa segar kalau sudah menggigit anda.Dalam hal ini anda boleh mengomel ngomel langsung kepada anjing itu, mengatakan bahwa ia adalah anjing yang memalukan kerena telah menggigit bosnya yang telah mengeluarkan biaya untuk membeli dan memberI makan, Setelah itu pukul perlahan dibagian hidungnya.

Ada beberapa anjing yang tergolong bengis dan buas, dan yang tidak ada latihan yang dapat membikinnya dapat dipercaya. Bila anjing anjing ini menggigit tanpa sesuatu atau alas an,maka bagaimanapun juga ia tentu sedang terkena penyakit jiwa. Tindakan yang paling bijaksana adalah anjing itu ditidurkan, sebelum ia melukai orang orang atau membunuh anjing anjing yang lain!

Darihasil pergaulan anda sehari hari dengan anjing yang anda pelihara, terlebih pada waktu anda melatih atau mendidiknya,maka anda dapat mengenal dan menilai sifat sifat anjing itu.

Selama bergaul dan memberikan pendidikan kepada anjing itu,pada prakteknya adalah yang selalu mempunyai suara yang menentukan, sehingga dalam hal ini jangan anda lupakan bahwa pihak anjing walau tidak` bersuara, tetapi mempunyai keinginan keinginan, terutama kasih sayang dan pengertian dari anda. Mengenai kemampuan/kesanggupan yang telah dilakukannya, hendaklah anda tidak lupa anda memberikan kata kata memuji atau memberikan sekedar hadiah apabila perbuatan anjing ityu benar atau memuaskan hati anda. Disamping nada telah memberikan teguran atau hukuman, apabila anjing itu melakukan berbagai kesalahan.

Melatih anjing sudah tentu tidak dapat disamakan seperti kita mendidik manusia, dan tidak semudah seperti yang disangka sehingga sering kali anda akan dihadapkan akan faktor waktu, yang sebagian besar menentukan berhasil atau tidaknya anda mendidik aning anjing iitu. Jangan sekali kali anda berpendapat atau terpengaruh dengan pendapat. Bahwa dalam waktu 21 hari anda akan berhasil seekor anjing dengan sempurna.

BIasanya jangka waktu yang diperlukan untuk setiap ekor anjing memperoleh pendidikan yang sempurna, adalah selama kira kira 2 sampai 8 bulan (jika disbanding dengan manusia,kira kira 10 tahun lebih). Kecuali faktor ‘waktu’ dan ketentuan/kesabaran yang perlu anda berikan pada waktu mendidik /melatih seekor anjing,maka faktor ‘pribadi’ anjing itu sendiri sangat penting artinya untuk menentukan keberhasilan anda mendidik atau melatih anjing itu.

Mengenai faktor ‘pribadi’ anjing anjing itu sendiri, sudah tentu baru anda menyadari atau mengetahui setelah anda bergaul dan berhasil menyelami jiwa anjing anjing itu. Walau (bagi mereka yang telah berpengalaman) pada waktu memilih anjing sebenarnya sudah bisa anda melihat gejala gejala dari pribadi anjing anjing itu. MIsalnya :

1. Apakah anjing itu ‘[emalu’ atau ‘cepat gugup’

2. Apakah anjing itu ‘acuh’ atau ‘pemalas’

3. Apakah anjing itu ‘peramah’ dan ‘perasa’

4. Apakah anjing itu ‘ ganas/agresip’

5. Apakah anjing itu ‘bengis’

Pada anjing anjing dapat kita golongkan sebagai berikut :

a. Masa bayi

b. Masa anakan

c. Masa remaja

d. Masa dewasa

Masa bayi adalah sampai umur anjing 2 (dua) bulan atau 8 minggu. Pada umur itu bayi bayi anjing harus berada didalam kandangnya,karena maasih membutuhkan kehangatan induknya, sehingga kalau anda ingin membeli anjing, biasanya tidak mungkin anda ingin membeli dalam masa bayi. Karena seorang penjual yang baik, sudah tentu memiliki rasa kasih untuk tidak melepaskan bayi bayi anjing yang masih membutuhkan kehangatan dan belaian kasih dari induknya.

Jelas bahwa pada waktu anda menentukan pilihan hendak membeli anjing, maka anjing anjing itu sudah berusia 2 (dua) bulan keatas. Artinya, sudah mempunyai kepribadian, sudah mempunyai sifat sifat, entah sifat pemalu,pemalas, atau apalagi. Kecuali apabila bayi bayi anjing itu hasil ‘produksi’ anjing anda sendiri, sehingga anda dapat setiap saat menelitih bayi bayi yang mana diantaranya yang gesit gesit.lincah, terutama sudah dapat menggunakan fungsi hidungnya walau selagi masih bayi. Jadi hal ini merupakan salah satu kelemahan apabila anda membeli anjing dari seorang penjual yamng tidak jujur dan yang tidak berterus terang, yang sebenarnya sudah bisa memberi nilai sejak anjing anjing itu masih bayi. Setelah anjing anjing itu memasuki umur 2 bulan lebih, atau setelah anjing anjing itu digolongkan masa anakan, barulah anjing itu memasuki ambamg pintu pergaulan dengan manusia. Bagaimana perasaannya ketika pertama kali anak anjing itu dipisahkan dari induk dan saudara saudaranya ?

Jelas hal ini dapat anda membayangkan sendiri, anjing anjing anakan itu akan merasa sedih,merasa kehilangan dan rindu yang mengakibatkan untuk sekian lamanya anak anjing itu akan menangis, gelisah bahkan menjadi sakit akibat stress. Bagi anda yang baru membawa pulang bayi anjing itu, sudah tentu anda harus memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup besar. Sehingga tidak anda lupakan untuk menjaga kondisi bayi anjing itu agar tidak kedinginan, disamping menyediakan tempat yang sempurna baginya. Tetapi untuk sekian waktu lamanya usaha anda ini pasti akan sia sia belaka, karena bayi anjing itu akan tetap kehilangan bau d an rasa kehangatan dari induknya sendiri. Ditambah adanya berbagai suara yang asing disekelilingnya, yang bahkan dapat membuatnya menjadi ketakutan sehingga bayi anjing itu mencari perlindungan ditempat yang berupa sudut.Jelas hal ini dapat anda membayangkan, betapa perkembangan jiwa bayi anjing ini,apabila anda membiarkannya dalam hal seperti itu (ketakutan). Persoalan lain yang akan merupakan ‘ problim’bagi anda, Pada malam pertama dan entah sampai beberapa malam lamanya, bayi anjing itu tentu akan sering menangis yang tentunya akan mengganggu ketenangan anda sekeluarga.

Nah apa yang harus anda lakukan diwaktu tengah malam anda mendengar bayi anjing itu menangis sangat mengharukan? Apakah anda akan memarahinya,menendang atau menghantam kepalanya dengan kayu ? Atau anda akan mendekatinya dan merangkul serta membelainya ?

Marah-marah atau memberikan belaian. Dua macam perbuatan ini jangan anda lakukan apabila anda mendengar bayi anjing iotu menangis ditengah malam, sebaiknya anda harus mengacuhkan (tidak menghiraukan) dan sebaiknya anda menyembunyikan telinga anda dibalik bantal andai anda merasa ikut terharu atau akan marah marah. Berikanlah kesempatan baginya untuk melolong atau menangis, Sampai bayi anjing itu mmenjadi bosan dengan perbuatannya dan sampai terbiasa dengan tempat yang baru dan keadaan disekelilingnya di dalam rumah anda, setelah itu, tiba saatnya untuk anda mulai mengajaknya “berbicara” atau “berkelakar” dan lain sebagainya.

Selagi anda berhadapan dengan bayi anjing, sudah tentu anda tidak mungkin untuk melatihnya atau memberikan pendidikan sesuatu. Kecuali anda akan melarang berbagai perbuatannya yang tidakboleh dilakukannya, missalnya menggifgit gigit perabot rumah tangga, atau mencuri makanan dari ruangan dapur. Bahkan melarang bayi anjing itu menerima makanan dari orang lain, dan berbagai larangan lainnya yang semuanya anda ucapkan dengan kata kata “no” atau memukul sesuatu menggunakan gulungan kertas Koran, (Jangan menggunakan benda kayu atau yang sejenis.Anjing anjing akan memiliki sifat penakut, bahkan menjadi ganas). Semakin bayi anjing itu bertambah umur semakihn berkurang ia melakukan kegiatan kenakalan, dan pada saat itu anda sudah dapat menyelami sifat naluri dari anjing itu yang umumnya terdiri dari 2 (dua) macam sifat naluri,, Yakni :

a). Sifat anjing pengikut

Sifat ini sudah dapat anda biasakan sejak anjing itu masih mudah usianya, untuk ia berada disisi atau didekat anda. Dalam hal ini bias juga anda menggunakan rantai yang mengalungi bagian lehernya, berikut/tanpa tali penuntun.

b). Sifat anjing penurut:

Sifat ini memang tidak mudah untuk kita memperoleh hasilnya, dan membutuhkan ketekunan yang luar biasa, OLeh karna kita harus seringkali mengawasi, dan seringkali melarang perbuatan anjing itu agar jadi penurut.

Suatu hal yang harus anda perhatikan adalah andan harus berusaha agar anjing itu jangan sampai klehilangan kepercayaan terhadap diri anda, Karena hal ini sangbat penting artinya bagi perkembangannya, baik secara rohaniah dan juga badaniah.

Setelah anjing itu memasuki usia remaja, sudah tentu anjing itu dapat melakukan berbagai perintah anda. Berkat ketekunan anda mengawasi pertumbuhannya serta memberikan pendidikan yang sempurna. Disamping anda memberikan makan yang memenuhi kebutuhannya pada waktu anda merawatnya, sehingga setelah anjing itu memasuki usia de3wasa maka menjadi kawan akrab yang setia. Baik selagi berada didalam rumah, maupun pada waktu berada diluar rumah.

Jakarta 29 maret 2011

Dilarang keras mengutip dan memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis, ataupun menghilangkan nama penulis.bila terjadi pemindahan artikel ini ke web lain,cantumkan sumber pengambilan artikel ini.Thx

Comments   

Fii
0 #21 helpFii 2013-09-04 08:35
saia mau minta saran nya dong..saia bru beli puppy maltese seminggu lalu,usia nya 2stgh bulan an..di a puppy yg rakus n hyperactive, dia sudah bisa manjat tangga, tp gag brani turun..mungkin kah pup sa ia ini takud ketinggian?kare na mski di pancing dengan makanan pun dia ttep tidak brani turun..
kemud ian gmn yha ngajarin dia utk datang saat di panggil sementara ketika liad org brdiri dia lgsg dat
ang mendekat,pdhl gag manggil namanya..dia jg blm bisa ngenalin namanya sih..
lalu, diaudah bisa sit do wn,tp kalau kita pegang makanan,kalau lg gag bawa makanan dia nya gag mau sit down,gmn yha?
dan yg t erakhir,pup saia blakangan ini jdi agresif,terus menggigit tangan kaki atau baju saia, tp gigitan ny a liar, rasanya sakit sekali.. gmn yha supaya dia tidak menggigit saia lg..?

thanks before.
Quote
darryl
0 #22 re: helpdarryl 2013-09-04 18:26
Quoting Fii:
saia mau minta saran nya dong..saia bru beli puppy maltese seminggu lalu,usia nya 2stgh bulan an..di a puppy yg rakus n hyperactive, dia sudah bisa manjat tangga, tp gag brani turun..mungkin kah pup sa ia ini takud ketinggian?kare na mski di pancing dengan makanan pun dia ttep tidak brani turun..
kemud ian gmn yha ngajarin dia utk datang saat di panggil sementara ketika liad org brdiri dia lgsg dat
ang mendekat,pdhl gag manggil namanya..dia jg blm bisa ngenalin namanya sih..
lalu, diaudah bisa sit do wn,tp kalau kita pegang makanan,kalau lg gag bawa makanan dia nya gag mau sit down,gmn yha?
dan yg t erakhir,pup saia blakangan ini jdi agresif,terus menggigit tangan kaki atau baju saia, tp gigitan ny a liar, rasanya sakit sekali.. gmn yha supaya dia tidak menggigit saia lg..?

thanks before.

Bisa daipaksa dengan 1 per 1 tangga, sambil diberikan pujian " pintar" dan diusap kepalanya atau ditepuk tepuk dadanya sambil menyebut kamu pintar ya.ulangi setiap hari, nanti dengan sendirin ya akan berani sendiritanpa diperintah, bila sdg menggigit kaki sabet saja sambil mengatakan perinta "no" dan berikan pujian saat dia melepaskan gigitannya.laku kan berulang s
p dia mengerti.

S alam
Darrylkkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh