Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Cara Melatih anjing duduk atau Sit

Cara Melatih anjing duduk atau Sit

melatih anjing duduk,melatih anjing sit,melatih anjing labrador duduk

Setelah kita mengenal sifat dan karakter dari masing masing anjing, Maka kita siap untuk melatih anjing kesayangan kita. Melatih anjing duduk,sit.

Author: Darryl dominicus

MULAINYA PELATIHAN DUDUK PADA ANJING

Setelah kita mengenal sifat dan karakter dari masing masing anjing ,Maka kita siap untuk "melatih anjing" kesayangan kita.

Melatih anjing duduk,  sit, Pelatihan ini, saya berikan contoh pelatihan dengan anjing Labrador Retriever usia 3 tahun, yang baru mulai dengan pelatihan kepatuhan..

CARA DALAM MEMBERIKAN PELATIHAN DUDUK PADA ANJING

1. Dengan mengajak anjing sedikit bermain sebelum melatih anjing duduk atau sit, agar anjing  yang akan dilatih merasakan senang bermain saat anjing berlatih dengan kita sebagai pelatihnya..

2. Panggil nama anjing tersebut agar anjing tersebut berhadapan dengan pelatih,(Masih pada posisi berdiri berhadapan) Setelah anjing berdekatan dan anjing berhadapan dengan pelatih, Maka pelatih, segeralah memberikan sambutan dengan mengusap usap pada bagian kepala anjing, dan setelah itu pelatih memegang kulit bagian bawah leher dari anjing tersebut dengan genggaman menggunakan tangan kiri.dan tangan kanan pelatih meletakan telapak tangan kanan di bagian atas pinggul anjing.

3. Sambil tangan kiri pelatih memegang erat kulit bagian bawah leher anjing dan menahan agar tidak merunduk kepalanya, dan Tangan kanan pelatih menekan begian atas pinggul anjing, sambil mengatakan "duduk"  atau " sit" .

4. Usahakan setiap melatih anjing ucapkan terlebih dahulu perintahnya, Baru pelatih melakukan hal yang diperintahkan kepada anjing tersebut.

5. Setelah anjing yang dilatih melakukan apa yang diperintahkan dengan benar,  sesuai dengan kehendak pelatih, Maka Pelatih segeralah melakukan dengan cepat memberikan upah kepada anjing yang sedang berlatih tersebut, agar si anjing mengerti bahwa perlakuannya benar, dan pelatih bisa memberikan upah berupa , Makanan atau upah dengan usapan kasih sayang.(yang saya perlakukan disini dengan memberikan upah usapan kasih sayang)

6. Pemberian upah dengan usapan kasih sayang kepada anjing yang sedang dilatih, cukup kita sebagai pelatih mengusap usap bagian kepalanya, dengan mengatakan Pinter ya,atau Good Dog.Lakukan usapan tersebut berulang sampai anjing yang dilatih mengerti bahwa perlakuannya benar, dan sianjing biasanya akan menggoyang goyangkan ekornya dengan gembira.

7. Dalam hal ini pelatih dapat memerintahkan beberapa kali saja, dan ingat dalam hal melatih janganlah kita sebagai pelatih mengulang ngulang sampai anjing itu bosan dikarnakan senangnya pelatih akan keberhasilannya dalam melatih anjingnya.

8. Pelatihan pengulangan segerah dihentikan setelah anjing dapat melakukan dengan sendiri, tanpa bantuan dari pelatihnya.

9. Setelah anjing dapat melakukan perintah dengan benar tanpa bantuan pelatih, pelatih boleh mengulang 2 ( dua) atau 3 (Tiga) kali saja, dan hentikan segera pelatihan tersebut.dan jangan diulangi kembali.

Bagaimana anjing dapat mengingat perintah dari pelatihnya ?

10. Bagaimana anjing dapat mengingat perintah dari pelatihnya ?, anjing akan mengingat dan merekam di otaknya disaat pelatih menghentikan pelatihan terhadapnya.Jadi kesimpulannya, disaat pelatih menghentikan pelatihan , Haruslah disaat si anjing berlaku yang benar atas perintah pelatihnya.Jika pelatih menghentikan pelatihan disaat perbuatan anjing yang salah akan perintah pelatih, berarti anjing akan mengingat dan merekam saat perbuatannya yang salah.

11. Apakah posisi duduk si anjing sudah benar ?.Kita segabai pelatih haruslah mengontrol posisi duduk si anjing yang sedang dilatihnya.

12. Perhatikan posisi duduk pada kaki belakangnya, Jangan membiarkan si anjing seenaknya memposisikan kakinya,( sebelah benar dan dan yang sebelah lagi pada paosisi kedalam)

13. Usahakan pelatih segera memberikan koreksi perbuatan salah si anjing yang sedang di latihnya, dengan membenahi posisi kaki anjing yang salah, sebelum memberikan pujian kepada anjing tersebut.dan berikan hukuman dengan menggemgam lebih keras bagian kulit leher bagian bawah ,yang digemgam dengan tangan kiri pelatih,

14. Setalah si anjing melakukan dengan benar ,pelatih segerahlah mengendurkan genggaman tersebut, agar anjing dapat mengerti bahwa yang diperintahkan pelatih telah dilakukan dengan benar.dan segerah pelatih memberikan upahnya kepada anjing yang sedang dilatihnya.

15. Apa bila si anjing yang sedang dilatih mempunyai karakter senang bermain dengan bola, berikanlah bola tersebut kepada anjing yang sedang dilatih ,setelah pelatihan selesai. Dan biarkan sampai anjing melapas bola tersebut dari gigitannya,dan membiarkan bola tersebut dilantai, dan baru bola tersebut diambil dan disimpan.ini sangat berguna untuk membangun temperamen anjing untuk pelatihan kelanjutannya.

16. Untuk melatih jenis anjing kecil ,seperti POM dan yang lain, usahakan melatihnya di atas meja.dan akan saya berikan peragaan di artikel mendatang.

Jakarta 23 April 2011

Cara memegang dengan tangan kiri pada lehar anjing.
Cara memerintahkan anjing untuk duduk
Setelah anjing duduk sesuai perintah pelatih
Cara memberikan upah berupa pujian kasih sayang pada anjing yang sedang dilatih
Mengkoreksi posisi kaki anjing pada saat duduk yang benar
melatih anjing duduk
 
Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain, apa bila terjadi pemindahan pada web lain ,cantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulis terima kasih

Comments   

collyn
0 #1 dy bs pura2 mati...?collyn 2013-01-19 05:35
Gmn cara ngelatih anjing yg kalo kita bilang DORRR! dy bs pura2 mati...?
Quote
Darryl
0 #2 re: dy bs pura2 mati...?Darryl 2013-01-19 15:06
Quoting collyn:
Gmn cara ngelatih anjing yg kalo kita bilang DORRR! dy bs pura2 mati...?

Tidak ada yang susah dalam pelatihan, semua tergantung dari kita sendiri mau dijadikan apa anjing i ni, kalau masih kecil ibarat kertas pitih yang akan kita gambar atau menulis apa,demikian juga dianj ing,ajarkan dia tidur berbaring, dan sebelum menidurkan anjing tersebut anda harus mengatakan perint ahnya, pada umumnya untuk berbaring kita mengatakan dengan kata "sleep atau ti
dur " namun ka ta ini kita ganti dengan perintah "DORRRRR", sehinggah si anjing mengertinya dorrrr itu adal ah tidur berbaring, pelatihan diulang sampai dia mengerti benar dengan perintah kita.setelah dia pin tar dan dapat melakukan dengan cepat dan baik, makan baru kita buat kata denganh permainan. mis: "COLLYN" tembak ni ya, DORRRRRRRR !!! maka dengan cepat si anjing melakukan perintah kata  "DOR" nya sehingga sianjing berbaring.

demikian sedikit penjelasan dari saya,selamat mencoba d an semogah berhasil.

Salam
Darrylkosambipet
Quote
bagus
0 #3 anjingku gak bisa diambagus 2013-01-29 21:19
hai, darry, artikel yg bagus.
aku juga pengen nglatih anjingku biar patuh dan gak berlarian kesana k emari semaunya sndiri, btw gmn caranya menenangkan dia ya? anjingku maltese umur 8 bulan.
waktu anji ngku umur 4bulan aku sempat nglatih dia duduk dan tidur, dia nurut tp skarang kok malah hiperaktif b anget. btw mohon masukannya ya, terima kasih darry and sukses buat kamu.
Quote
Darryl
0 #4 re: anjingku gak bisa diamDarryl 2013-01-29 21:19
Quoting bagus:
hai, darry, artikel yg bagus.
aku juga pengen nglatih anjingku biar patuh dan gak berlarian kesana k emari semaunya sndiri, btw gmn caranya menenangkan dia ya? anjingku maltese umur 8 bulan.
waktu anji ngku umur 4bulan aku sempat nglatih dia duduk dan tidur, dia nurut tp skarang kok malah hiperaktif b anget. btw mohon masukannya ya, terima kasih darry and sukses buat kamu.

Dalam pelatihan anjing tidak hanya sebentar dan dilepas setelah menurut dalam waktu yang singkat,dan ini hrs berulang terus menerus sp benar benar patuh. semua ini dilakukan dengan tali terlebih dahulu, danpelatihan ini biasanya mancapai 6 bulan setiap hari dilatih. dari menggunakan tali panjang sampai tali pendek, dan sapai menngunakan tali yang tipis dan ringan ( benang) dan barulah dengan lepas semuanya, sedangkan dengan demikian saja anjing masih suka lalai ( apa bila anjing ini sangat hiper aktif)coba lakukan dengan tali kembali dan berikan hukuman sesuai hukum dalam pelatihan, tidak perlu disakiti, namun ckp memberikan teguran saja. untuk anjing uang penakut bila diberikan hukuman kasar akan menjadi takut dalam pelaksanaanya.

Salam
Darrylkosambipet
Quote
Nufa
0 #5 Melatih anjing sayaNufa 2013-03-31 17:55
1.Saya punya anjing mini pomeranian Betina, namaynya Kimora
Aku jg gatau usianya brp krn dikasih kak ak, mungkin sekitar 7 bulanan. Aku pernah ngelatih dia buat nangkepin bola yg aku lempar, kalo aku s uruh ambil bolanya dia bakal ngambil bola itu, tapi kalau dia udh datang trus bolanya aku minta dia malah kabur dan kalau ngambilnya itu musti di rebut dulu atau tunggu sampai dia berhenti main sm
bol anya..
cara ngelatihnya Kimo yg baik gimana yah?

2.Trus Kimora jg punya 1 masalah, dia itu malas bg t sama yg namanya makan, aku gtw dia makan jenis makanan apa, soalnya udh dikasih bermacam" maka nan anjing ttp aja dia g mau makan, maksudnya makan sih makan tpi kadang mau kadang ngga. tapi efek samping nya itu dia malah suka garuk" badannya. itu dia alergi atau bagaimana yah?
Quote
Darryl
0 #6 re: Melatih anjing sayaDarryl 2013-04-02 06:56
Quoting Nufa:
1.Saya punya anjing mini pomeranian Betina, namaynya Kimora
Aku jg gatau usianya brp krn dikasih kak ak, mungkin sekitar 7 bulanan. Aku pernah ngelatih dia buat nangkepin bola yg aku lempar, kalo aku s uruh ambil bolanya dia bakal ngambil bola itu, tapi kalau dia udh datang trus bolanya aku minta dia malah kabur dan kalau ngambilnya itu musti di rebut dulu atau tunggu sampai dia berhenti main sm
bol anya..
cara ngelatihnya Kimo yg baik gimana yah?

2.Trus Kimora jg punya 1 masalah, dia itu malas bg t sama yg namanya makan, aku gtw dia makan jenis makanan apa, soalnya udh dikasih bermacam" maka nan anjing ttp aja dia g mau makan, maksudnya makan sih makan tpi kadang mau kadang ngga. tapi efek samping nya itu dia malah suka garuk" badannya. itu dia alergi atau bagaimana yah?

Untuk melati anjing biasakan dengan tali panjang agar anjing tidak membawa lari bolanya,ambil bola nya dan berikan upahnya, sebagai mana contoh yang telah diberikan saat melati.

Salam
Darrylkosambipet
Quote
chelseamom
0 #7 bisa turun tangga tapi kadang maleschelseamom 2013-04-15 08:43
ko, aku punya anjing shihtzu umur 4 bulan.
dia bisa naik turun tangga sebenernya, tapi masalahnya ka ya suka males gitu..
kebetulan tangga rumah digarasi doang adanya, kadang aku suka duduk disitu samb il ngelatih yg beagle.
dia suka naik turun duduk disamping aku, tapi kadang kalo lagi gimana dia mau naik tapi gamau turun, meskipun di tinggal sampe 2 jam tetep aja duduk disitu kaya mau turun tap
i t akut, bahkan sampe nangis" gitu.. padahal biasanya bisa.. itu kenapa dan gimana cara biasainnya ?
Quote
darryl
0 #8 re re:bisa turun tangga tapi kadang malesdarryl 2013-04-15 14:56
Quoting chelseamom:
ko, aku punya anjing shihtzu umur 4 bulan.
dia bisa naik turun tangga sebenernya, tapi masalahnya ka ya suka males gitu..
kebetulan tangga rumah digarasi doang adanya, kadang aku suka duduk disitu samb il ngelatih yg beagle.
dia suka naik turun duduk disamping aku, tapi kadang kalo lagi gimana dia mau naik tapi gamau turun, meskipun di tinggal sampe 2 jam tetep aja duduk disitu kaya mau turun tap
i t akut, bahkan sampe nangis" gitu.. padahal biasanya bisa.. itu kenapa dan gimana cara biasainnya ?

Panggil dan berikan makanan, sehingga dia akan menganggap selalu akan diberikan pakan bila naik

S alam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh