Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit SCABIES karna kutu tungau di anjing, Kucing

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

penyakit Scabies pada anjing

Penyakit scabies pada anjing dan kucing terjadi dengan bebarapa versi penyebab,Selain Scabies yang disebabkan oleh Spora jamur, dan kebanyakan juga disebabkan oleh Kutu Tungau.

ASAM BENZOAT ABAT KUTU TUNGAU

Mengenal penyakit SCABIES, scabies karna kutu tungau, kutu tungau di anjing, penyakit scabies kutu tungau

Penyakit kutu pada anjing dan kucing kebanyakan disebabkan oleh kutu tungau yang tidak terlihat oleh mata telanjang

PENYAKIT SCABIES KUTU TUNGAU PADA ANJING

PENYAKIT SCABIES KUTU TUNGAU PADA KUCING

SCABIES KUTU KULIT , SCABIES KUTU TUNGAU:

Author: Darryl

Jakarta 6 September 2013

Agen Penginfeksi scabies Kutu Tungau di anjing

Agen Penginfeksi anjing scabies , Kutu Sarcoptes scabies adalah laba laba sangat kecil yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang, Betinanya sepanjang 0,3 – 0,4 mm dan 0,35 – 0,35 mm lebar, Jantan separuh lebih kecil

Pengidentifikasian infeksi kutu tungau

Pengidentifikasian infeksi kutu tungau ,KutuTungau pada anjing ini menjalani 4 tahap siklus hidup: telur,larva,namfa dan dewasa,Kutu betina menggigit kulit dan meletakakan telurnya, kemudian menetas menjadi laeva dan berjalan jalan dikulit,berubah menjadi nimfa lalu kutu dewasa. Masa pembuahan kutu sekitar 14 hari. Kutu betina dewasa hidup sekitar 2 bulan,meletakan tiga telur sehari dan sanggup berjalan jalan 3 cm per menit.

Ciri cirri Klinis scabies Kutu Tungau

Ciri cirri Klinis scabies Kutu Tungau di anjing, Kutu kulit pada anjing adalah infeksi kulit parasitic yang sangat menular, dicirikan oleh bengkak bengkak di kulit akibat gigitan kutu, wilayah gigitan paling umum adalah Jari jari kaki. Bagian depan, Pinggang, Pangkal paha, Bagian bawah perut, Wajah, Kepala, alat kelamin, Telapak juga dapat terserang.

Namun pada Anjing anakan, kutu tungau ini menyerang semua wilayah tubuh tanpa tersisa, Para manula dan Individu yang system kekebalan tubuhnya rusak juga bisa diserang habis habissan sama seperti pada anak anjing.

Rasa gatal pada anjing yang ditimbulkan terasa semakin gatal di waktu malam hari atau saat panas, jika rasa gatal ini digaruk, bengkak dapat terluka dan bernanah, lalu mengundang pathogen infeksi yang lain untuk masuk kepembulu darah dan saraf.

Bengkak pada anjing , nanah dikulit anjing

Namun ada jenis kutu yang paling ganas pada anjing, disebut KUTU KULIT NORWEGIA, Kutu Kulit yang ini menimbulkan rasa gatal paling besar, Memunculkan banyak bengkak pada anjing dan nanah dikulit anjing, dan sulit sekali untuk disembuhkan, mengoleskan krim dan salep kulit pun tidak sanggup membunuh kutu kutu tersebut, Dan yang lebih menakutkan, Dokter dan petugas laboratorium sering keliru mendiagnosa simnomnya sebagai gatal biasa atau eksim.

METODA DIAKNOSIS SCABIES KUTU TUNGAU

Diagnosis pada anjing dan kucing umumnya dilakukan dengan meneliti luka atau ruam dikulit untuk dicari telur kutu kulit,Tapi hasil negative belum tentu tidak ada kutu, melainkan mungkin karena jumlah kutunya sedikit, sehingga saat kulit digaruk oleh anjing atau kucing, beberapa telur hancur dan kutu dewasa lari sembunyi dan meletakkan telur ditempat lain.

Pemeriksaan ulang harus dilakukan 14 hari kemudian untuk memastikan, dan biasanya ini karena simnom sudah muncul semakin jelas.

PERIODE INKUBASI SCABIES KUTU TUNGAU

Masa inkubasi kutu tungau 1 – 6 minggu sebelum rasa gatal mulai muncul pada individu yang belum pernah terpapar sebelumnya.

Sedangkan untuk kutu kulit Norwegia, Masa Inkubasinya ;ebih singkat,  sekitar 10 – 14 hari saja. Jika individu pernah terpapar sebelumnya, Re- Infeksi kali ini memakan waktu Inkubasi lebih cepat lagi, hanya 4 hari.

CARA KEMUNCULAN DAN EFEKNYA BAGI MASYARAKAT SCABIES KUTU TUNGAU

Kutu kulit (Skabies) muncul di seluruh dunia sejak dulu tak peduli usia, Jenis kelamin, Ras,Epidemi akan selalu terjadi dalam siklus 10 – 15 tahun dimanapun,Kasusnya memang tidak selalu tetap setiap tahun, karena muncul sporadis,namun jika tidak langsung ditangani,Wabah segerah akan terjadi.dan wabah ini biasanya terjadi di pusat air kotor,atau ditempat yang banyak tumpukan barang yang jarang dibersihkan.

PEMBAWA PENYAKIT SCABIES KUTU TUNGAU

Manusia, Kutu lain hidup dan menginfeksi hewan, namun tidak bisa menginfeksi manusia seperti Sarcoptes Scabiei.

MODE PENYEBARAN SCABIES KUTU TUNGAU

Penyebaran Kutu tungau pada anjing, ditularkan lewat: Kontak kulit antar anjing dengan penderita dan berbagi tempat kandang anjing.yang bebas digunakan penderita tanpa dicuci lebih dahulu sekitar 2 – 5 hari. Kutu tungau tidak bisa melompat atau terbang, Kutu ini akan mati diluar kulit anjing dalam waktu 48 jam.

PENULARAN SCABIES KUTU TUNGAU ANTAR HEWAN DAN MANUSIA

Kutu kulit terus ditularkan sampai kutu dewasa,Minfa, Larva dan telur telurnya dihancurkan sampai tuntas, biasanya pengobatan dengan jarak 1 minggu, Rasa gatal akan terus muncul sampai 2 minggu lebih bahkan setelah kutu dan semua keturunannya habis.

DAYA TAHAN MANUSIA TERHADAP PENULARAN SCABIES KUTU TUNGAU

Beberapa jenis kutu kulit sanggup menginfeksi ulang Individu yang pernah terjangkit,bahkan meskipun individu sudah sembuh dari serangan akut sebelumnya. Kutu ini tampaknya juga memiliki kemampuan beradaptasi dengan antibiotic, sehingga pasien lebih sulit disembuhkan ketimbang infeksi sebelumnbya.

CARA PENANGGULANGAN SCABIES KUTU TUNGAU

langkah pencegahan kutu scabies.

Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyebaran,Simnom dan cara mengatasi infeksi kutu kulit,Ajarkan juga tentang cara menjaga dan meningkatkan kebersihan terhadap hewannya serta rumah tinggal atau kandang peliharaan.khususnya untuk tempat anak anak hewan peliharaan.

CARA PENYEMBUHAN SCABIES KUTU TUNGAU

Obat yang biasa dipakai dalam bentuk cairan yang mengandung Asam Benzil Benzoat, dioleskan keseluruh bagian yang terkena Scabies kutu kulit ini.( terkecuali Mata,Lubang hidung,Lubang Telinga,Vagina) dan dibiarkan selama 24 jam. Pemakaian obat biasanya selama 4 – 5 hari.

Untuk hewan yang terkena Scabies kutu ini harus dipisahkan dengan hewan lain.

Cuci tangan dengan disinfektan bagi manusia yang menjalankan pengobatan pada hewan yang terkana Scabies kutu ini.12

Untuk kutu kulit Norwegia berikan tambahan Injeksi Ivermectin.

Artikel ini dibuat berdasarkan kenyataan dan pengalaman dalam penyembuhan atau pengobatan anjing atau kucing yang terkena penyakit scabies kutu kulit yang tidak kunjung sembuh serta dapat dipertanggung jawabkan

Dilarang keras menghilangkan nama penulis atau mengganti nama penulis apa bila terjadi pemindahan artikel ini pada web lain, dan cantumkan sumber pengambilannya,penulis ber hak menuntut ganti rugi dalam segi apapun apa bila terjadi penggantian nama

Mengenal penyakit SCABIES, scabies karna kutu tungau, kutu tungau di anjing, penyakit scabies kutu tungau Mengenal penyakit SCABIES, scabies karna kutu tungau, kutu tungau di anjing, penyakit scabies kutu tungau Mengenal penyakit SCABIES, scabies karna kutu tungau, kutu tungau di anjing, penyakit scabies kutu tungau

Scabies karna kutu tungau

Mengenal penyakit SCABIES, scabies karna kutu tungau, kutu tungau di anjing, penyakit scabies kutu tungau

Contoh anjing yang mengidap kutu tungau

Comments   

sonnji_wijaya
0 #31 sama (idem)sonnji_wijaya 2014-05-30 20:02
Quoting Emmy:
Quoting asen:
pak darrly sya minta pendapat anjing sya sitzu kulit badannya pada hitam badan nya bau sekali trs ga tal gatal bulu pada rontok trs korengan halus semua badanya sya ud kedokter katanya anjing sya sakit hormon ud diksh obat,,minum makin parah ega nafsu makan......sya minta bantu dr pak darrly solusiny a th

pak darryl, saya punya pug yang sakit nya sama dengan postingan asen & syena. diberi obat racikan yang membuat anjing saya tidak mau makan dan tidur terus. akhirnya saya hub dokternya dan beliau minta dihentikan tanpa follow up. saya harus beri apa ya pak untuk menyembuhkannya .mohon dibantu pak. terimakasih

Maaf pertanyaan penyakitnya tidak jelas, dan untuk tidur terus bisa jadi obat tsb mengandung ctm, dan tidak mau makan biajuga dikarnakan anjing mengidap pilek, dan penciumannya terganggu sehingga dia tidak mau makan, bisa juga dikarnakan makannan yang diberikan tdk disukainya, bisa juga kurangnya vitamin B, atau cacingan.

Salam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh