Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Mengenal Program vaccine untuk anjing dan kucing

Enam Penyakit Yang Harus Dicegah

VACCINE PADA ANJING

Sebelum menjalankan Vaccine pada anjing sebaiknya diprogram terlebih dahuilu,agar tidak menjadikan kematian setelah di vaccine.

PROGRAM VACCINE ANJING DAN KUCING

Karya Darryl 06 October 2009 17:36

Kita sebagai penyayang hewan sampai saat ini kadang kala tidak mengerti mengapa Anjing yang kita pelihara harus menjalankan VAKSINASI .

Karna ada beberapa macam penyakit menular yang umumnya menjalar di anjing/kucing yang perlu diwaspadai oleh kita sebagai pemelihara.diantaranya adalah :

- Canine "Parvovirosus" ,- canine "Distemper" , - Canine "Hepatitis",- Canine "Leptospirosis",dan "Para Influenza" serta "Rabies".

Semua penyakit ini disebabkan oleh Virus,Disamping itu ada juga penyakit yang disebabkan oleh Bakteri dan jamur.

Untuk pencegahan terhadap penyakit penyakit yang membayakan pada hewan kesayangan kita, maka Vaccine merupakan tindakan yang sangat bijaksana dalam pemberian kepada hewan kesayangan kita.

Menurut pengalaman Tindakan Vaksinasi relative efektif dalam menurunkan tertularnya pada anjing/kucing , namun hal ini juga perlu didukung oleh pemelihara dengan cara memelihara peliharaannya dengan benar dan baik.

Enam Penyakit Yang Harus Dicegah

Ada enam penyakit yang dapat dicegah dengan Vaksinasi, Tiga diantara dari enam penyakit tersebut adalah Leptospirosis , Hepatitis dan Rabies yang bersifat ZOONOSIS atau dapat menular kepada manusia,

Anak Anjing/kucing menerima vaksinasi terhadap penyakit tersebut, secara bertahap sesuai dengan perkembangan dan kondisi.

Dengan memberikan Vaksinasi menurut program yang baik, maka kemungkinan hewan kesayangan terinfeksi oleh penyakit akan terhindar atau berkurang.

Terlebih dengan pemeliharaan yang baik ,Maka kesehatan hewan tersebut akan lebih terjamin lagi

Anjing Ras Apa Yang harus Divaccine ?

Pada dasarnya semua anjing/kucing harus divaksinasi agar terhindar dari penyakit penyakit tersebut diatas,dan juga terhadap anjing anjing blasteran atau campuran bahkan anjing kampung selakipun..

Anggapan anjing/kucing blasteran atau anjing/kucing kampung tidak memerlukan Vaccine sebenarnya tidak tepat.

Karna semua penyakit ini tetap dapat menyerang kepada semua ras anjing/kucing tanpa pengecualian, bahkan beberapa penyakit tersebut berakibat fatal terhadap anjing/kucing.

Bagaimana Menangani Anjing Yang Baru Dibeli Dan Belum Divaccine ?

Anjing/kucing yang baru dibeli dari peternak atau dimana saja, sebaiknya kita menanyakan apakah anak atau anjing tersebut sudah dalam keadaan divaccine, dan sampai dimana jenis vaksinnya, Apa bila menemukan belum menjalankan Vaksinasi kita tidak perlu khawatir terhadap anjing tersebut, yang terpenting kita tahu bagaimana persiapan pada saat anak anjing tersebut untuk menjalankan vaksinasinya,

Anjing yang baru dibeli sebaiknya jangan langsung diberikan Vaksinasi,akan tetapi biarkan anak anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita agar anak atau anjing tersebut beradaptasi dirumah kita,karna selama dalam waktu tersebut anak anjing tersebut sedang beradaptasi dan biasanya mengalami stress yang berat disaat berpindah tempat.

Jalan terbaik adalah berikan multi vitamin PROVITS yang dilengkapi dengan asam amino, dan mineral SUPER GROWING  untuk mengurangi stress dan mempercepat adaptasi ditempat yang barunya,

Dengan pemberian asam amino sangat penting guna membantu merangsang nafsu makannya,karna setiap anak anjing yang berpindah tempat dan beradaptasi biasanya nafsu makannya menurun,sehingga dengan menurunnya nafsu makan anjing tersebut berarti menurunnya juga kondisi anak anjing tersbut ditempat yang baru.,

Apa Yang Menjadi Kunci Utama Dalam menjalankan Program vaccine ?

Pemberian obat cacing adalah kunci utama dalam kesehatan anjing dan program vaccine, gunakan obat cacing yang dapat membasmi cacing cacing jaringan tubuh (Cacing Trematoda darah), agar anak atau anjing tersebut terbebas dari cacing cacing jaringan tubuh yang mempunyai sifat parasid penghisap darah yang menyebabkan berkurangnya sel sel darah merah dan terjadinya anemia dan turunnya trombosit serta mudahnya terserang infeksi terhadap anjing tersebut yang menjadikan kelemahan anjing tersebut dalam proses ber adatasi ditempat yang baru.

Pemberian Fe ( Zat besi) sangat juga diperlukan semua ini berguna sebagai pencegahan anemia dan mudahnya terjadi macam infeksi pada anjing tersebut sebelum pemvasinan.

Kondisikan anak atau anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita selama persiapan vaksinasi

Janganlah setelah pemberian obat cacing dan besoknya langsung diberikan vaccine, karna setiap pemberian obat cacing apapun setidaknya anjing mengalami stress ringan,tunggulah minimum 5(lima) sampai 7 (tujuh) hari. Setelah pemberian obat cacing baru kita memberikan Vaksinasi.

Karna biasanya obat cacing bekerja selama 3(tiga)hari didalam tubuh anak atau anjing tersebut.

Apa Yang Membuat Vaccine Menjadi Gagal ?

Yakinkan kondisi anak anjing tersebut dalam kondisi bebas dari penyakit dan sudah benar benar beradaptasi ditempat yang baru, karna Vaccine hanya dapat digunakan pada anak atau anjing yang benar benar dalam kondisi sehat.

Apa bila setelah pemberian Vaccine dan ternyata timbulnya penyakit mis deare, muntah muntah , Berak darah atau yang lainnya, berarti dalam waktu pemberian vaksinasi kondisi anjing dalam keadaan kondisi tidak sehat, Maka dengan demikan Vaccine yang kita berikan gagal total dan vaksinasi tidak berfungsi yang kita harapkan.dikarnakan disaat anjing tersebut sakit setelah vaksin,ternyata harus memberikan antibiotik ,guna pemyembuhan anjing tersebut. Maka virus vaccine yang baru diberikan masih dalam kondisi virus lemah akan mati semua.berarti vaccine yang kita berikan sia sia.

Masa waktu Ingkubasi Vaccine

Antibody atau ingkubasi vaccine baru akan tercapai maxksimal setelah 14(empat belas) hari setelah vaccine diberikan. Oleh karna itu anjing yang baru divacine harus benar benar diperhatikan dalam pemeliharaannya.dan selalu dengan kondisi sehat.

Anak anjing tidak boleh dimandikan atau diberikan obat yang berbahan yang bersifat mematikan virus, Dasarnya obat tersebut akan menyebabkan Inefektivitas kerja vaccine.

Bila memang harus dimandikan atau dibersihkan sebaiknya menggukan shampoo kering, atau dilap dengan lap basah dan langsung dikeringkan.

Apa Yang Harus Kita Lakukan dalam program vaccine ?

Anjing yang baru dalam program di Vaccine sebaiknya dihindarkan kontak dengan anjing sakit atau yang belum jelas status keadaannya, terutama 2 (dua) minggu sebelum / setelah Vaksinasi.

Anjing setelah vaccine sebaiknya ditempatkan pada lingkungan yang terhindar dari terpaan angin secara langsung, cuaca dingin , atau hujan agar tidak menyebabkan penurunan stamina anjing..

Setelah pemberian Vaccine anak anjing tidak boleh dipindahkan kelingkungan yang baru atau menempuh perjalanan jauh.

Karna membuat anak anjing yang baru divaccine menjadikan kondisi stamina yang menurun dikarnakan stress, yang membuat vaccine menjadi gagal.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman sekian tahun dalam perawatan anak anjing hingga dewasa, dan dapat dipertanggung jawabkan.

DARRYL

Telp.085100155621

 

2009-10-06 17:36:00

Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain,apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap cantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya,  terima kasih (WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG DAN WEB YANG TELAH DIREGESTRASI)

Comments   

Darryl
0 #91 re: puppy pom tidak mau makan dan muntahDarryl 2013-04-21 17:14
Quoting TARY:
hallo pak derry.. saya baru kali ini memelihara anak anjing pom usia 2 bln.. puppy saya sudah divacc ine parvo sehari sebelum saya membelinya.. sesampainya dirumah puppy saya gax mw makan bbrp hari, ha ri k'3 dia muntah karena saya khwatir saya panggilkan dokter dan diberikan obat dan suntikan,, apaka h itu berarti vaccine pertamanya gagal? haruskah d'ulangi lagi vaksinnya ato lanjut k'vaccine k'
2.. agar dia nafsu makan saya kasih nutri gel plus apakah boleh dikasih setiap hari? terimakasi saya sa ngat bingung krn masih amatir dngn hal ini.

Bila anjing tidak mengalami sakit saat setelah vaccine,dan pengobatan tidak menggunakan antibiotik, berarti vaccine akan tetap bekerja.bila menggunakan antibotik berarti vaccine akan matisemua.untuk vitamin tdk masalah dan sangat baik untuk anakan gunakan Provits.dan growth in dogs atau supr growing untukl calciumnya, Obat cacing albenplus sanga t dibutuhkan oleh anjing terutama anakan,gun
a mengatasi cacing trematoda darah (baca artikelnya).
demikian sedikit penjelasan dari saya.

Salam
Darrylkosambipet
Quote
merry
0 #92 apakah boleh doggy saya di vaksin dalam masa loopmerry 2013-10-31 10:02
Pak, doggy saya sudah wktu nya di vaksin tp doggy saya lg loop. Apa doggy saya boleh ttp di vaksin atau tidak? Karna ini jg udah wktu nya dkawinkan. Saya harus bagaimana pak?
Quote
Darryl
0 #93 re: apakah boleh doggy saya di vaksin dalam masa loopDarryl 2013-10-31 10:04
Quoting merry:
Pak, doggy saya sudah wktu nya di vaksin tp doggy saya lg loop. Apa doggy saya boleh ttp di vaksin atau tidak? Karna ini jg udah wktu nya dkawinkan. Saya harus bagaimana pak?

Tidak usah dulu tidak masalah, kalau sebelumnya sudah menjalankan vaccin nya,kawainkan saja, nanti selesai menyusui anaknya baru jalankan vaccine nya dan jangan lupa memvaccine anaknya diusia 7 minggu dan selanjutnya ikuti artikel di sini. thx
Quote
Darryl
0 #94 RE: "Mengenal Program vaccine untuk anjing dan kucing"Darryl 2016-02-15 23:24
Quoting Nur Qomari:
Pak mau tanya. Saya baru saja dapat anakan pitbull umur 1.5bulan apa bisa di kasih obat cacing? Kalau di vaksin sebaikn6a umur berapa?

Obat cacing dapat digunakan sejak usia 2 minggu ( baca albenplus), untuk vaccine sebaiknya tunggu 3 minggu setelah dirumah beradaptasi dengan baik dan memprogram dahulu anjing tersebut.
Demikian yang dapat saya bantu dan terima kasih atas kunjungannya.

SAlam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh