Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Pilek pada anjing penyebab utama distemper

Pilek pada anjing penyebab utama distemper

Dibuat Oleh Darryl

Penyakit pilek pada anjing, adalah salah satu penyebab utama penyakit distemper  yang sangat menyulitkan dalam proses penyembuhan dan sangat menyiksa pada anjing tersebut.

Penyakit distemper ini dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf pada anjing yang mengakibatkan ,kelumpuhan pada kaki anjing,Buta pada mata anjing, Tuli pada telinga anjing,Melet pada lidah anjing

Penyakit pilek pada anjing sampai saat ini sangatlah membingungkan dan merepotkan para penyayang anjing sampai saat ini.,dimana pemilik sangatlah dibuat kesulitan dalam hal penciuman anjingnya yang sedang terkena pilek atau flu.

Banyak pemilik anjing tidak mengerti apakah anjingnya sedang pilek atau tidak,dan bagaimana kejadian bila anjing sedang terkena serangan penyakit pilek ?

ANJING MAKAN BERDASARKAN AROMA

Dikarnakan anjing makan berdasarkan aroma makanan,jadi apabila anjing yang sedang pilek, dia tidak bisa mencium aroma makanannya. banyak penyayang anjing mengatakan bahwa anjingnya bosan dengan makanan yang biasanya diberikan setiap harinya (dogfood), bahkan ada yang mengganti makanannya dengan daging kaleng atau daging rebus, ternyata si anjing tetap juga tidak mau memakan makanan daging kaleng atau daging rebus tersebut.

Bila anjing anda terjadi demikian setidaknya pemilik memeriksa keadaan anjing peliharaannya , apakah benar si anjing sedang menderita penyakit pilek, yang mengakibatkan fatal pada penciuman anjing apa bila tidak diobati dengan segera dikarnakan anjing tersebut tidak makan dalam waktu yang panjang.

Apa lagi untuk anak anjing disaat umur 1 bulan sampai umur 5 bulan , anak anjing tersebut sangatlah rawan dalam hal penyakit pilek tersebut,maka hendaknya kita harus selalu waspada terhadap anak anjing yang sedang kita rawat, dikarnakan kondisi anak anjing dalam keadaan masih sangatlah rentan terhadap penyakit pilek/Flu.

PENANGANAN PENYAKIT PILEK PADA ANJING

Apa bila pilek yang masih baru timbul tidak segerah ditangani dengan baik dan berkepanjangan, maka timbullah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan berkembangnya virus dan bakteri bahkan jamur didalam saluran pernafasan bagian atas sampai mengeluarkan lender putih yang kelamaan menjadi berwarna hijau.

Bahkan timbulnya belekan pada mata yang sedikit berlebihan.

Jika anak anjing sudah dalam keadaan demikian , maka ini pertanda sudah mulai terjangkitnya penyakit distemper

yang bila tidak ditangani dengan segerah menimbulkan kematian pada anak anjing tersebut. Dan biasanya penyakit distemper ini banyak terjangkit pada" anakan berusia diantara 10 sampai 15 minggu"

Jalan keluar yang baik adalah memberikan vaccine anak anjing tersebut disaat umur 7 minggu dengan menggunakan vaccine eurican phppi 2 .yang terdiri dari penyakit varvo ,penyakit distemper, penyakit hepatitis, penyakit parainfluenza type 2.Tapi ingat bahwa dalam memvaccine anak anjing harus benar benar anak anjing dalam keadaan sehat tidak dalam terjangkit penyakit apapun,karna kita memasukan virus kedalam tubuh anak anjing tersebut,Tapi dengan telah di vaccine nya anak anjing tersebut juga tidak menjamin bahwa anak anjing tidak terserangnya penyakit distemper dan penyakit inlfuenza tersebut.dikarnakan faktor kekebalan tubuh belum benar benar kuat atau stabil.

Jalan terbaik adalah kita sebagai penyayang anjing selalu memeriksa keadaan anjing setiap hari agar kondisi anjing selalu dalam keadaan sehat.terutama kondisi penciuman anak anjing ataupun yg dewasa .

Apa bila kita melihat hidung anjing basah berlebihan,kita harus mulai mencurigai keadaan anjing tersebut.

Untuk meyakinkan apakah anjing sedang terserang pilek , maka ambillah senter, Serterlah kebagian dalam lubang hidungnya,

apabila kita melihat keluarnya air bening pada hidung anjing yang berlebihan berarti kita boleh yakin dengan keadaan anjing terserang pilek tersebut.

Maka segeralah memberikan pengobatan terhadap Anjing yang sedang pilek Kesayangan tersebut agar tidak berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan anjing.

Untuk pilek awal seperti ini, cukup kita memberikan obat pilek yang digunakan manusia.(perhatikan pemakaian dosisnya)

Juga di ikuti dengan Obat Anti Alergi yang khusus untuk saluran pernafasan anjing pilek

Berikanlah Antibiotik yang berfungsi untuk saluran pernafasan atas dan bawah.

Berikanlah multi vitamin yang mengandung vitamin C.

 

artkel ini dibuat berdasarkan pengalaman selama sekian tahun dalam merawat anjing sendiri dari anakan sampai dewasa serta dapat dipertanggung jawabkan.

DARRYL

085100155621

Dilarang memindahkan artikel ini pada web lain,apa bila terjadi pemindahan artikel ini pada web lain harap mencantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulis. terima kasih

Pilek pada anjing penyebab utama distemper

Comments   

Darryl
0 #31 re: anak anjing ngos2an, hidung basah dan kotoran berbDarryl 2013-07-20 17:39
Quoting Regi:
Kemarin siang, saya baru diberi anak anjing red poodle oleh rekan kerja ibu saya (usia 5 bulan, suda h di vaksin distemper, rabies, dll berdasarkan buku vaksinnya). Begitu sampai di rumah saya, dia ter us gemetaran dan detak jantungnya cepat sekali, serta ngos2an. Saya pikir karena dia stres aja kelam aan di jalan atau belum biasa dengan orang baru. Sore itu saya ajak ke petshop untuk pilih makana
n d an perlengkapan, tiba2 dia kejang2 cukup parah, jadi saya bawa dia ke Klinik Hewan terdekat. Disana dia diinfus dan diberi vitamin (Curvit), akhirnya sudah tidak kejang2, tapi lalu sepanjang sore dan malam kemarin dia terus menerus mengeluarkan liur.

Akhirnya tadi pagi dia sudah tidak berliur, tapi hidungnya bagian atas kering sekali sedangkan bagian bawah terus menerus basah oleh ingus ya
ng warn anya bening. Matanya agak berair, tapi belum terlalu belekan. Kadang2 dia batuk, dan seringkali dia seperti menjilat dan mengunyah padahal sedang tidak makan apa2. Kemarin kotorannya masih berbentuk, tapi hari ini dia pup 3x dan kotorannya encer serta berbercak darah. Sampai sekarang dia masih ngos2 an dan deg2an, bahkan saat tidur. Dia sudah tidak kejang2, tapi setiap digendong masih ge
metar cukup parah.

Pertanyaan saya, kira2 dia itu kenapa ya dok? Kena distemper atau hanya flu atau masih stre s karena belum beradaptasi? Terima kasih banyak, mohon bantuannya.

Anjing ditempat yang br, sehingga ketakutan dan gemetar, berikan kepercayaan dirinya dengan kasih sayang dan natinya akan normal.untuk mencret dikarnakan sedang stress berat saat adaptasi,(bisa beri kan Neokolana 2 ml diberikan 3 sp 4 x sehari.untuk berak darahnya dikarnakan cacing trematoda darah dan dpt diberikan albenplus serta antibiotiknya. Banyak berikan pocary serbuk dica
mpur air 1/2 gls, agar tdk menjadi lemas dikarnakan zat elektrolit yang hilang ,bantu dengan pemberian sangobion agar hb nya tdk drop yang membuat kematian pd anjing tsb.
demikian semogah dapat membantu

Salam
Darrylko sambipet
Quote
Anonymous
+1 #32 RE: PENYAKIT PILEK MENJADIKAN MASALAH DI ANJING- Darrylkosambipe t.comAnonymous 2013-10-07 08:30
Maaf dok ,aku mau tanya
ak punya ninipom umur 3bln baru vaksin sekali..
sekarang anjingku sakit dan ciri2nya seperti distemper yg uda dijeladkan di atas.. apa ada obatnya dok ?
Quote
Darryl
0 #33 re: mau tanyaDarryl 2013-10-07 08:47
Quoting Anonymous:
Maaf dok ,aku mau tanya
ak punya ninipom umur 3bln baru vaksin sekali..
sekarang anjingku sakit dan ciri2nya seperti distemper yg uda dijeladkan di atas.. apa ada obatnya dok ?

Sebenarnya kl baru saja di stadium 2 sangat bisa diobati, namun bila sd distadium 3,pengobatan bis a 50 % sembuh atau sembuh cacat.Coba sj dibawa ke DRH Martina/Anton di jl Mandala tomang telp88 16 8 235 98. atau 0215663549 mudah mudahan dapat tertolong dengan sembuh sempurna.

Salam
Darrylkosambi pet
Quote
anny
0 #34 mau minta obat distemperanny 2013-10-07 10:31
Kalau aku ikutin resep dr dok gimana ?
Ak td sempat baca artikel batuk pilek nya..
dextral forte 2x1 hari , 1/2 kapsul per sekali makan
ambrosol 2x1hari ,1/4 tablet per sekali mkn..
doxycycline (merk v ibramicine) 2x1hari ,5mg skali mkn..
Enervon c 2xshari , 1 tablet per sekali mkn
Ultraflu 1/8 tablet 2x12jam sehari..

skg obat yg diminum anjing ak
cuma antibiotik , anti muntah , sm vitamin pnam
bah nafsu mkn yg dikasih sm dokter dok..
apa boleh dganti dengan resep dr darryl aja ?

thx bgt sebelum nya :'(
Quote
darryl
0 #35 re: mau minta obat distemperdarryl 2013-10-07 16:26
Quoting anny:
Kalau aku ikutin resep dr dok gimana ?
Ak td sempat baca artikel batuk pilek nya..
dextral forte 2x1 hari , 1/2 kapsul per sekali makan
ambrosol 2x1hari ,1/4 tablet per sekali mkn..
doxycycline (merk v ibramicine) 2x1hari ,5mg skali mkn..
Enervon c 2xshari , 1 tablet per sekali mkn
Ultraflu 1/8 tablet 2x12jam sehari..

skg obat yg diminum anjing ak
cuma antibiotik , anti muntah , sm vitamin pnam
bah nafsu mkn yg dikasih sm dokter dok..
apa boleh dganti dengan resep dr darryl aja ?

thx bgt sebelum nya :'(

pada dasar pengobatan batuk:
1-Batuk dapat disebabkan oleh karena alergi.
2-Pemakaian obat bat uk a da yang cocok dan ada yang tidak cocok walau obat tsb mahal.
3- Ambroksol bersifat pengencer da hak. agar dapat keluar dan tdk menyakitkan.dan apa bila sd berat dapat dipergunakan teofilin (namun h ati 2)
4- Teofilin bersifat membuka saluran pernafasan,spt asma misalnya.
5- ant
ibio
tik bersifat m ema tikan bacteri . (bila diperlukan).
6- Primperan adalah obat anti muntah,namun bila kebanyakan ak an menjadikan mual.atau muntah bisa disebabkan si anjing tdk dapat riaknya sehingga dia muntah.
sem ua ini penjelasan dari fungsi obat masing masing, semua ini tergantung dari anda sendiri dlm penilai an nya.

Salam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh