Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit Radang paru pada anjing, kucing

Penyakit radang paru paru anjing radang paru pada anjing radang paru paru pada anjing

BAHAYANYA PENYAKIT RADANG PARU PARU PADA ANJING DAN KUCING

Penyakit Radang paru pada anjing dan kucing

penyakit Radang Paru Paru: pada anjing dan kucing adalah Radang Paru – Paru: Klamidofila (Chlamydophila Pneumoniae)

Oleh Darryl

Agen Penginfeksi Penyakit Radang Paru Paru

Chlamydophila Pneumoniae, Sebuah bakteri intrasel ( hidup di dalam, bukan diluar sel tubuh), Nama sebelumnya adalah Chlamyda Pneumoniae.

Pengidentifikasian Infeksi Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Ciri cirri klinis Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Infeksi Chlamydophila Pneumoniae sekali gus berjalan halus.Infeksi pertama kali simnomnya lebih menyolok ketimbang infeksi ulang untuk kedua ke tiga kalinya, bahkan re-infeksi ini sering kali tidak punya gejala apapun, sebuah spectrum penyakit dari faringitis dan sinusitis menuju radang paru paru dan Bronkhitis (ISPA) bisa juga muncul juga di sini, Kadang kadang, terdapat sebuah penyakit bifasik dengan simnom infeksi awalnya pada saluran pernafasan atas yang kemudian hilang dan kemudian menjadi batuk kering dan demam rendah.

Organisme bisa menjadi cairan pelapis yang menginfeksi asma dan mempengaruhi sekitar 5 % episode dari bronchitis akut. Batuk kadang kadang bisa bertahan beberapa minggu meskipun sudah diberi terapi antibiotic yang tepat.

Metode Diagnosis Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Sinar X ke bagian dada akan menunjukan beberapa infitrasi kecil, kebanyakan kasus Pneumonia berjalan halus, tapi penyakit ini akan menjadi sangat berat bagi pasien pasien yang daya tahan tubuhnya menurun. Diagnosis laboratorium bisa dilakukan lewat serologi atau meneliti kultur sel dan jaringan tubuh.

Diagnosis serologi dilakukan untuk mendeteksi naiknya titer anti bodi dengan menggunakan MIF (Microimmunofluoresence). MIF satu satunya tes serologis yang bisa memilah milahkan sepsis klamidia. Satu saja titer anti bodi sudah cukup mampu mendeteksi nilai diagnosik awal bagi C. Pneumoniae dengan pendekatan sampai 50 % dari populasi yang dewasa.

Mengubah serologi akan memerlukan waktu sampai 8 minggu jika pasien baru terinfeksi pertama kali, Namun jika ia terinfeksi ulang, Perubahan diagnosis serologi memerlukan waktu lebih cepat lagi (sekitar 1 – 2 minggu). Tes tes antibody bisa juga positif keliru jika hadir factor Rematoid secara positif.

Kultur dari jaringan Nasofaringeal,Tenggorongkan atau cairan yang keluar dari Bronkhialis juga bisa didiagnosis, Sweb harus digunakan sebagai medium mengambilan Klamidia. Sementara Spesimen jaringan yang lain bisa ditaru diwadah yang biasa.

Semua sample haris disimpan dalam lemari pendingin.

Diagnosis pada anjaing dan kucing dengan menggunakan PCR dapat saja dilakukan, Tapi karena harganya terlalu mahal, pemerintah biasanya akan menggunakan diagnosis ini jika terjadi wabah saja.

Periode Inkubasi Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Masa inkubasi kira kira berlangsung 21 hari.

Cara kemunculan dan efek Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

C.Pneumoniae sering menyerang saluran pernafasan atas dan bawah, Tampaknya bakteri ini menjadi penyebab umum bagi radang paru-paru ringan. Khususnya pada anak anjing atau anak kucing atau anak manusia. Dari semua kasus radang paru-paru, hadir 10 % diantaranya disebabkan oleh bakteri ini.

Pasien yang tidak menunjukan simnom menyolok mencapai jumlah 2 – 5 % dari seluruh populasi radang paru-paru. Sedangkan total Infeksi Klamidopila yang mengakibatkan radang paru-paru mencapai jumlah 10 % saja. Epidemi bisa muncul pada institusi institusi tertentu dimana pada hew2an berkumpul untuk waktu yang cukup lama.

Spesifikasi tentang keterlibatan bakteri ini didalam pathogenesis penyakit Aterosklerosis arteri masih terus ditelitih, Studi-studi Seroepidemiologi sudah membuktikan kaitan erat antara infeksi C. pneimoniae dan aterosklerosis tapi masih belum bisa dibakukan, Studi – studi tentang efak pemberian antibiotic profilaktik terhadap pencegahan aterogenesis juga masih terus dilakukan.

Spekulasi paling baru,Radang paru, Radang paru paru ini bisa menjadi pembuka jalan bagi penyakit Alzaheimer, Artritis dan asma.Spekulasi inipun masih terus diteliti kebenarannya.

Penyebaran Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Penyebaran pada anjing dan kucing terjadi dari pihak ketiga lewat sekresi pernafasan.

Penularan Penyakit Radang Paru Paru pada anjing dan kucing

Penularan Pada Anjing dan kucing yang tidak menunjukan gejala klinis menyolok mungkin menjadi sumber utama penginfeksi. Tapi pasien yang simnomnya menyolok dapat mengerami bakteri ini didalam nasofarinks selama berbulan bulan bahkan setelah simnomnya hilang.

Daya tahan Anjing terhadap penularan Penyakit Radang Paru Paru.

Anjing atau Kucing rentan terhadap infeksi radang paru paru,Namun anjing dengan kondisi medis pathogen lain yang kronis dan daya tahan tubhnya lemah, beresiko tinggi terkena serangan akut penyakit ini. Sedangkan anjing dengan daya tahan tubuh kuat dan riwayat medis yang tidak terlalu negative lebih kuat menahan serangannya. Infeksi awal biasanya terjadi pada anak anjing dari seluruh kasus radang paru paru, Infeksi awal yang tidak terobati akan menjadi seropositif, Sehingga mengubah mekanisme paru paru mereka,menjadi penyakit kronis, dan menurunkan daya tahan tubuh, Infeksi ini tidak menghasilkan kekebalan tubuh total, Sehingga penginfeksian kenbali bisa terjadi sewaktu waktu.

Cara penanggulangan Penyakit Radang Paru Paru pada anjing

Langkah langkah Pencegahan Penyakit Radang Paru Paru pada anjing

Tidak ada langkah langkah pencegahan yang bisa menjamin kita tidak terserang infeksi radang paru paru, Bukan lain karena infeksi ini ditularkan lewat pernafasan, dan sudah menyerang sejak usia dini. yang bisa dilakukan hanya menghambat pertumbuhan bakteri ini dan menyembuhkan si anjing.Tapi karena system kekbalan tubuh tidak bisa menolak secara total serangan berikutnya, Maka jangan heran, kalau batuk dan radang paru paru ini berulang berkali kali.

Cara Penyembuhan Penyakit Radang Paru Paru pada anjing

Untuk infeksi radang Paru paru anjing dan kucing yang ringan sampai moderat Roxihromycin atau antibiotik doxycycline sudah cukup untuk menyembuhkan. Reaksi obat baru bisa dilihat setelah 24 jam, setelah itu harus diberikan selama 14 hari berturut turut.

Untuk kasus yang berat, atau jika sisakit masih terus berlanjut, segerah konsultasikan dengan spesialis, Pengisolasian sisakit tidak dibutuhkan, Untuk menjaga lingkungan tetap memiliki udara yang bersih dan sehat, Tempat minum dibersihkan, serta kandang harus selalu bersih, multi vitamin diberikan agar stamina sisakit meningkat

Jakarta 8 Januari 2011

Dilarang keras Memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis, Apa bila Terjadi pemindahan pada Web lain,Harap Cantumkan sumber pengambilannya serta tidak mengganti nama penulisnya Terima kasih

Add comment


Security code
Refresh