Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Parainfluenza type 2 pada anjing/pilek/distemper

Parainfluenza type 2 pada anjing/pilek/distemper

Para Influenza Type-2,Inveksi pada anak anjing Virus influenza ini mempunyai masa inkubasi berlangsung sampai 4 hari

Author: Darryl

Ciri ciri penyakit parainfluenza type 2

Influenza adalah penyakit pernafasan akut,Simtomnya mencakup demam,nyerih pada seluruh otot, lesu, terganggunya membrane hidung dan tenggorokan.sehingga anjing merasakan sulit untuk menelan makanan serta batuk batuk..

Infeksi pada anak anjing biasanya juga dikaitkan dengan simtom simtom gastrointestinal seperti hilangnya selera makan, muntah dan diare, Khususnya batuk sangat menyiksa pada anak anjing maupun pada anjing dewasa dan menjadi simtom paling menyolok.

Biasanya simtom ini meredah setelah 7 hari meskipun batuknya masih bertahan lebih lama,Komplikasi dari influenza mencakup infeksi bagian tengah telinga.. Pneumonia bakteri sekunder dan penurunan stamina tubuh jika dibiarkan menahun (menjadi kronis)

Ketika anjing yang terkena wabah influenza menunjukan simtom awal sampai 39 derajat celcius..plus minimum satu simtom sistemik seperti batuk dan kemungkinan besar sudah terinfeksi influenza..

Masa inkubasi penyakit parainfluenza type 2

Virus influenza ini mempunyai masa inkubasi berlangsung sampai 4 hari

Penyebab Utama adalah Virus parainfluenza type 2

Virus Influenza muncul sebagai pandemic, epidemic, wabah maupun kasus yang sporadic, gangguan yang lebih berat dari dan komplikasi seperti pneumonia oleh bakteri dan virus dan muncul pada anjing yang mempunyai system kekebalan tubuhnya menurun karna penyakit yang kronis.

Di daerah yang bersuhu sedang, Influenza muncul dimusim penghujan atau dipergantian musim.

Namun wabah dan kasus sporadic bisa muncul kapan saja.

Sebagian besar pathogen influenza bagi anjing berasal dari type 2. type 1 bertanggung jawab bagi penyebaran epidemic dan pandemic, sedangkan type 2 tidak begitu sering diasosiasikan dengan epidemic regional

Penularan para influenza type 2 antar anjing

Penyebaran utama adalah lewat udara yaitu system pernafasan, tapi bisa juga lewat kontak air liur disesama anjing .

Sistem penularan brlangsung selama 4-5 hari sejak simtom klinis muncul pada anjing dewasa.dan di anjing anakan.

Daya tahan anjing terhadap penularan parainfluenza type 2

Ketika subtype baru muncul, semua anjing rentan terhadap infeksi influenza ,kecuali anjing yang sudah mempunyai anti bodi dan ini kalau suptipenya cocok. Dan kekebalan dimiliki tidak tentu waktunya, tergantung kekebalan tubuh si anjing itu sendiri.

Untuk penyebuhan tergantung dari intensitas dan jumlah penyakitnya serta situasi wabahnya.

Langkah pencegahan parainfluenza type 2 pada anjing

Memberikan Vaccine sebelum anjing terkena virus dan wabah penyakit influenza.

Pemberian Vaccine diulang setiap tahun maximal.

Anjing yang system kekebalan tubuhnya terganggu kemungkinan besar akan terserang penyakit influenza yang kronis dan mematikan anjing. ( diantaranya Distemper)

Cara penyembuhan penyakit parainfluenza type 2.

Jika anjing yang terkena influenza tipe 2 dan memiiki simtom positip penghambat neuroaminidase nya, diberikan antibiotic maximal 36 jam sejak terpapar.dengan antibiotic yang mengandung doxycycykline monohidrat, serta anti virus.juga dengan memberikan penyuntikan Vitamin C.

Pemberian multi vitamin yang mengandung metabolisme( Provits ) sangatlah diperlukan guna mengembalikan kondisi kelemahan anjing dan mencegah timbulnya stress serta mempercepat proses penyembuhan anjing itu sendiri

Dilarang Keras Menghilangkan Nama Penulis.atau mengganti nama penulis. bila terjadi pemindahan artikel ini ke web lain cantumkan sumber pengambilannya.thx

Comments   

Ditha
0 #1 perut kucing bergetar, bersin2.Ditha 2013-11-23 08:09
siang pak,
saya mau nanya kucing saya perutnya bergetar prr-prr seperti bunyi motor. saya pikir tadi nya itu purring. namun disertai bersin2 juga dan dari mata keluar cairan bening gitu sehingga bawah matanya kotor. kucingnya tetap lincah, makan juga oke. cuman dia jarang BAB pak sehari paling cmn se kali. Apa kucing saya sakit? mohon bantuannya terima kasih.
Quote
darryl
0 #2 re: perut kucing bergetar, bersin2.darryl 2013-11-23 10:09
Quoting Ditha:
siang pak,
saya mau nanya kucing saya perutnya bergetar prr-prr seperti bunyi motor. saya pikir tadi nya itu purring. namun disertai bersin2 juga dan dari mata keluar cairan bening gitu sehingga bawah matanya kotor. kucingnya tetap lincah, makan juga oke. cuman dia jarang BAB pak sehari paling cmn se kali. Apa kucing saya sakit? mohon bantuannya terima kasih.

Kalau bunyi dan bergetar kadang kucing memang dimikian, namun untuk bersin bisa jadi dikarnakan ale rgi, dan belum tentu pilek, untuk mata berair bisa disebabkan oleh adanya iritasi pada mata kucing t ersebut bisa dikarnakan oleh debu yang masuk di matanya, dan bisa berikan obat tetes mata dulu(cend ocitrol).demiki an sedikit penjelsan dari saya.

Salam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh