Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit Infeksi jamur paru paru pada anjing

INFEKSI JAMUR PARU PARU PADA ANJING DAN KUCING : 

Penyakit Infeksi jamur paru paru pada anjing

Penyakit jamur paru paru pada anjing adalah Kriptokokkosis (Cryptococcal Infection : Cryptococosis)

Oleh Darryl

Agen Penginfeksi

Crytococcus Neofomans, Sebuah "jamur" mirip ragi yang tidak bercangkang. Ada dua varian utama yang pathogen bagi mahluk hidup, yaitu : C neofomans var,Neofomans ( serotip A & D ),dan C,neofomans var.gatti ( serotip B & C )

Pengidentifikasian Infeksi

Ciri Cirri Klinis

Infeksi Kriptokokkal biasanya hadir sebagai meningoencephalitis kronis atau sub-akut dengan sakit kepala hebat dan kondisi kejiwaannya agak berubah, Keterlibatan paru paru pada anjing  bisa menyebabkan simnom simnom infeksi pada saluran pernafasan bagian bawah.atau bahkan mungkin tidak memunculkan gejala apapun, Kulit tulang dan organ organ tubuh lain tidak banyak terinfeksi.

Metode Diagnosis infeksi jamur paru pada anjing.

Bentuk bentuk jamur tak bercangkang bisa dilihat didalam CSF, Urin atau nanah dengan menggunakan penyedot tinta India.

Antigen antigen kriptokokkal bisa juga terdeteksi didalam CSF dan serum.

Diagnosis dilakukan dengan mengamati kultur (CSF, darah,sputum atau andurin) atau lewat histopatologi (Penyedot muskarmin Mayer)

Kriptokokkosis paru pada indifidu yang tidak terinfeksi HIV / AIDS biasanya nampak sebagai nodul nodul yang tidak ganas, meskipun harus tetap diwaspadai

Periode Inkubasi Penyakit Infeksi jamur paru pada anjing

Masa inkubasinya tidak diketahui dengan pasti, Infeksi paru dari pathogen lain bisa saja mendahului keberadaan infeksi jamur paru ini yang muncul kemudian di tempat yang sama.

Cara Kemunculan Infeksi jamur paru paru pada anjing.

Efek Infeksi jamur paru paru pada anjing.

Kemunculan Infeksi jamur paru pada anjing  yang sehat jarang terjadi meski kondisi tubuhnya melemah karena lelah, karna system kekebalan alamiah kita bisa mengatasi infeksi jamur paru. Justru infeksi jamur paru ini menyerang pada yang sudah terkena penyakit yang menyerang system kekebalkan tubuhnya seperti HIV / Aid, Para pengguna Kortikosteroid, para pecendu obat (pada manusia) Kanker darah dan sarkoidosis.

Infeksi Kriptokokkal muncul sporadic diseluruh bagian dunia.

Untuk hewan anjing atau manusia yang dewasa khususnya jantan ( laki laki) lebih rentan terinfeksi ketimbang hewan betina (perempuan).

Crystococcus memiliki Pertumbuhan BerjenisSaprofitik ( layaknya jamur yamng hidup ditempat sampah atau tempat organisme membusuk) dilingkungan alamiah yang memang kaya dengan sampah organik.

C,Neofomans var,Neofomans (serotip A & D) muncul diseluruh dunia,seringkali berada didekat kotoran merpati atau burung lain.

C.Neofomans var.Gattii (Serotip B & C) muncul secara Endemic diwilayah tropic dan sub tropic diarea yang tumbuh pohon pohon berduri jarum ( seperti cemara dan pinus) sebagai sarang ekologis yang paling nyaman.

Mode penyebaran infeksi jamur paru pada anjing

Penyebaran terjadi lewat pernafasan dan udara.

Daya tahan tubuh anjing terhadap penyebaran infeksi jamur paru

Selama ini jarang muncul kasus jamur paru pada anjing yang sehat, Diasumsikan system kekebalan tubuh yang cukup mampu mengatasi infeksi tersebut, akibatnya, apakah setelah terkena infeksi jamur paru akan memiliki kekebalan terhadap jenis penyakit ini, masih belum dipastikan.

Sementara resiko tertinggi individu terserang infeksi kriptokokkal ini adalah para pengguna kortikosteroid (pada manusia) Penderita HIV / AIDs, Pecandu obat terlarang, dan gangguan pada system retikuloendotelialis (aliran darah yang menangani system kekabalan tubuh seperti sel darah putih dan getah bening),Khususnya penyakit Hodgkin ( radang,pada liver dan ginjal sehingga memicu kanker darah) dan sarkoidosis (pembekuan darah)

Cara Penanggulangan penyakit infeksi jamur paru anjing

Langkah-Langkah Pencegahan penyakit infeksi jamur paru anjing

Tidak ada Vaccine yang tersedia, Beberapa pasien mungkin memerlukan perawatan antibiotic untuk mencegah infeksi, Sementara langkah membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal harus tetap dilakukan,Khususnya untuk kotoran merpati dan burung, kalau disekitar rumah anda terdapat pepohonan cemara atau pinus,anda juga harus membersihkan tempat tempat itu

Cara Menyembuhkan penyakit infeksi jamur paru pada anjing

Umumnya jenis obat yang mengandung Amphotericin atau Flucytosine, Kalau belum sembuh, Rujuklah kepada spesialisnya. Sedangkan untuk pasien HIV / AIDS, yang terkena infeksi jamur paru, biasanya diminta minum Fluconazole setiap hari sampai infeksinya sembuh sembari menjalankan terapi untuk HIV / AIDS-nya.

Sekali lagi bila belum sembuh ,rujuklah kepada spesialisnya.

Artikel ini sebagian dicopy dari buku kedokteran Prof Health Kelly,Dr Noel Bennet,Dr,Sally Murray dan Kerry Ann O”Gredy

Jakarta 09 Agustus 2010.

Add comment


Security code
Refresh