Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit Diare, Anjing, Kucing, berak cair

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 PENYAKIT DIARE PADA ANJING, ANJING BERAK CAIR

anjing diare,penyakit anjing diare,penyebab anjing diare,anjing berak cair,anjing bab cair

Penyakit Diare, Anjing, Kucing, berak cair

Penyakit diare pada anjing sering terjadi pada anak anjing Terutama pada masa bayi sampai diusia 4 bulan. dalam masa pertumbuhan ini, harus sangat diperhatikan dalam kesehatannya.agar tidak terjadi Diare atau anjing berak cair baik dari segi makanan nya serta minumannya,semua ini harus mempunyai kualitas baik dan bersih..

PENYEBAB DIARE PADA ANJING.

Penyebab diare pada anjing adalah Shigelosis (Shigellosis),

Agen Penginfeksi anjing diare

Agen Penginfeksi Keluarga sigella, Yang terdiri atas 4 genus:

- Kelompok A : Sh. Dysenteriae.

- Kelompok B : Sh.Flekneri.

- Kelompok C: Sh.Boydii.

- Kelompok D: Sh.Sonnei.

Kelompok A , B dan C masih terbagi lagi menjadi kira kira 40 serotip.

Ciri Ciri Klinis dan Pengindentifikasian Infeksi Shigelosis

Shigelosis dicirikan oleh serangan deare akut, Demam,Lemas,Lesu,Muntah dan kram perut.Feses bisa berbentuk sangat encer, lender dan nanah dan kadang mengandung darah,yang berbau tidak sedap.

Komplikasi mencakup keracunan pada usus besar dan nyeri sendi yang hebat.Sindrom kencing darah juga bisa terjadi, meski jarang, Tidak perlu banyak jumlah shigela yang masuk,Cukup 10 saja sudah mampu membuat hewan ataupun manusia disentri.

Penyakit ini biasanya berhenti sendiri namun setelah menyerang hebat selama beberapa hari hingga beberapa minggu, dengan rata rata 4 – 7 hari,Namun fatalitas tetap tinggi lantaran dihidrasi tubuh dan rusaknya saluran usus besar dan anus, Khususnya akibat serangan Sh.Dysenteriae,Gejala klinis bisa saja tidak muncul, namun penularan akan terus terjadi selama berbulan bulan lantaran perut masih mengandung Shigela, bahkan bisa menjadi semakin akut karena jumlah bakterinya berkembang biak.

Metode Diagnosis Shigella spp

Diagnosis dilakukan dengan mengisolasi keberadaan Shigella spp dari specimen klinis,Utamanya feses.

Periode Inkubasi serotip Shigella

Masa Inkubasi bergantung pada serotip Shigella,Rata rata 12 jam sampai 7 hari, meski terbanyak yang muncul adalah 1 – 3 hari.

Cara Kemunculan Infeksi Shigella dan Efek nya

Infeksi Shigella muncul diseluruh dunia, dimana setiap negri biasa berbeda serotip atau sama. Dua pertiga dari 2 juta kasus disentri akibat shigela di seluruh dunia setiap tahun, diderita oleh anak hewan dibawah 5 bulan. Sementara bayi dibawah usia 1 bulan sangat sedikit terserang karena masih mengikuti masa ASI eksklusif.

Pembawa Penyakit anjing diare

Antar hewan

Penyebaran penyakit diare

Penyebaran penyakit diare, Penyebaran fases oral, Namun bisa juga lewat kontaminasi terhadap makanan dan minuman, Apa lagi yang tidak dimasak hingga matang.

Penularan antar Shigela anjing

Penularan antar Shigela anjing, Shigela ditularkan selama fase akut dan meskipun agen penginfeksinya hadir di dalam fases yang biasanya tidak lebih lama dari 2 minggu, Pembawa asimtomatik dan ekskresi bisa terus bertahan selama berbulan bulan.

Daya Tahan anjing Terhadap Penularan

Setiap anjing rentan terhadap Infeksi, Bahkan meski hanya sedikit saja bakteri yang masuk lewat makanan. Namun korban terbanyak adalah hewan muda.

Cara mengatasi anjing diare

Cara mengatasi anjing yang diare, agar tidak menjadi lemas dikarnakan kehilangan cairan elektrolit, berikan sebanyak banyaknya minum pocary atau orarit serta memberikan obat diare

Langkah langkah Pencegahan anjing diare

Meningkatkan kebersihan anjing dan kucing, memberikan makanan dan minuman yang sudah diolah secara higienis.

Cara Menyembuhkan anjing diare

Menyembuhkan anjing diare, pemberian obat Antibiotik bisa memendekan durasi dan beratnya serangan penyakit, Namun pemilihan jenisnya harus disesuaikan dengan serotip shigela, Kalau perlu menggunakan tiga ragam antibiotic: anti serotip shigela untuk memusnahkan bakteri, Anti Motilitas yang meningkatkan kemampuan antibody ,menahan serangan shigella, dan Anti diare untuk menghentikan dihidrasi dan luka pada saluran ekskresi.

Cara Menyembuhkan kucing diare

Menyembuhkan kucing diare, pemberian obat Antibiotik bisa memendekan durasi dan beratnya serangan penyakit, Namun pemilihan jenisnya harus disesuaikan dengan serotip shigela, Kalau perlu menggunakan tiga ragam antibiotic: anti serotip shigela untuk memusnahkan bakteri, Anti Motilitas yang meningkatkan kemampuan antibody ,menahan serangan shigella, dan Anti diare untuk menghentikan dihidrasi dan luka pada saluran ekskresi.

Jakarta 9 Januari 2011

Dilarang keras mengutip dan memindahkan artikel ini ke Web lain,Tanpa izin penulis, apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap cantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya,terima kasih (WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG)

Comments   

Finn
0 #31 Penyakit Diare, Anjing, Kucing, berak cairFinn 2017-06-25 00:53
Awesome issues here. I'm very happy to see your article.

Thanks a lot and I am looking forward to touch you.
Will you please drop me a e-mail?

Feel free to visit my homepage - Leather apparel
Quote

Add comment


Security code
Refresh