Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit Brucellosis, Efek samping terhadap manusia

Penyakit Brucellosis,Efek samping terhadap manusia

Brucellosis adalah penyakit bacterial sistemik dengan pola akut atau dadakan sejak awal,Infeksi supuratif local ( lelehan demam disertai bau tidak sedap dibagian tubuh tertentu) Bisa jadi infeksi subklinis dan tidak dikenal juga sering muncul.

Bruselosis (Demam Akut dan Demam Malta)

(Brucellosis :undulant fever,Malta fever)

Oleh Darryl

Agen Penginfeksi brucellosis

Agen penginfeksi berikut bisa menyebabkan brucellosis.

-Brucellosis abortus (Biovar-nya 1-6 dan 9)

-Brucellosis suis (Biovar-nya 1-3 )

-Brucellosis suis (Biovar-nya 1-5 )

      -Brucellosis canis.

Pengindentifikasian infeksi brucellosis

Ciri cirri klinis

Brucellosis adalah penyakit bacterial sistemik dengan pola akut atau dadakan sejak awal,Infeksi supuratif local ( lelehan demam disertai bau tidak sedap dibagian tubuh tertentu) Bisa jadi infeksi subklinis dan tidak dikenal juga sering muncul.

Demam adalah simnom bersama yang paling umum dan bisa disertai oleh bermacam keluhan lain seperti :

-Komplikasi osteoartikular umum terjadi

Orkhitis,epididimitis,Osteomielitis dan endokerditis jarang terjadi.

Tingkat fasilitas bagi kasus brucellosis yang tidak diobati mencapai 2 %, kebanyakan terkait dengan endokardidis dan infeksi B melitensis.

Komplikasi osteoartikular

Konfirmasi laboratorium bagi diagnosis dilakukan dengan mengisolasi agen penginfeksi dari darah,Persendian ,tulang dan jaringan lain atau lelehan demam yang dikeluarkan pasien.Pengetesan serologis terhadap Brucella cukup efektif namun sering kali sulit diinterpretasikan, Test tes serologis saat ini bisa mencapai ketepatan hingga 95 %, Namun tetap saja perlu dikombinasikan dengan tes tes lain.

Tes tes tersebut seperti untuk mendeteksi antibody yang mengumpul ( seperti tes Rose Bengal dan tes seroaglutinasi yang biasanya menggunakan IgM , IgG dan IgA ) Tes yang lain juga dibutuhkan yaitu untuk mendeteksi anti bodi yang tidak menggumpal (seperti Tes Coombs yang biasanya menggunakan IgG atau ELISA-IgG )

Pengobinasian tes tes ini bisa menunjukan serangan brucellosis sudah mencapai di tahap mana. Kecuali untuk kasus serangan B. canis ,Diagnosis mensyaratkan juga tes tes yang mendeteksi antibodi antibody terhadap antigen antigen liposakarida.

Priode Inkubasi Penyakit Brucellosis

Masa inkubasi demam ini berfariasi,Umumnya 1-2 bulan ,tapi bisa juga berkisar antara 5-60 hari.

Cara Kemunculan Penyakit Brucellosis dan Efek Bagi Masyarakat

B.abortus sudah berhasil dihilangkan dinegara negara maju,khususnya lewat kampanye penyehatan hewan ternak seperti sapi dan domba.B.suis masih bisa dijumpai oleh peternakan babi tertentu dan mereka yang suka berburu babi hutan. Jika serangan brucellosis masih terjadi, maka infeksinya berasal dari import daging mentah dari Negara berkembang, atau infeksinya sudah berjalan secara kronis tanpa simnom klinis yang menyolok.

Brucellosis bisa terjadi di seluruh dunia,Sumber infeksi dan bentuk penularannya beragam sesuai dengan wilayah geografisnya,Tapi brucellosis paling banyak muncul di negri beriklim hangat, kering dan tropis, seperti Negara Negara disekitar laut tengah, India dan Amerika tengah dan Selatan.

Khusus wilaya Asia Pasifik seperti Indonesia,Brucellosis jarang terjadi karna keunikan iklimnya,yaitu meskipun beriklim tropis dan hangat,tapi dikelilingi lautan sehingga cukup lembab, membuat pertumbuhan brucellosis terhambat.

Pembawa Penyakit Brucellosis

Pembawa penyakit paling utama bagi infeksi brucellosis pada manusia adalah hewan hewan peliharaan dan ternak, seperti sapi, babi, kambing, domba, dan Anjing, Namun infeksi bisa juga terjadi didalam alam liar. Bagi para peneliti margasatwa atau para penjelajah alam,Khususnya B.canin, infeksi bisa juga terjadi pada anjing anjing yang digunakan untuk experiment dari laboratorium.

Metode Penyebaran Penyakit Brucellosis.

Brucellosis bisa disebarkan lewat kontak dengan jaringan tubuh, darah, urine, lelehan vagina, placenta hewan dan janin hewan yang gugur, yang sudah terkena infeksi ini.

Namun infeksi bisa juga disebarkan pengkonsumsian daging dan susu dari hewan yang sudah terkontaminasi.Jika Brucellosis sampai pecah menjadi wabah umum, biasanya disebabkan penyebaran lewat udara seperti aerosole,atau bisa juga lewat kandang kandang ternak,laboratorium,penjagalan,atau langsung minum susu segar yang belum di pasteurisasi.

Namun sejumlah kecil kasus pernah terjadi pada peternak yang ingin memvaccine sendiri hewannya dengan vaccine brucella,tapi malah mereka terkontaminasi sendiri oleh vaccine tersebut.

Penularan antar manusia Penyakit Brucellosis

Tidak ada bukti bagi penularan bruscellosis dari manusia ke manusia.

Daya Tahan Manusia terhadap Penularan Penyakit Brucellosis.

Setiap orang rentan dengan infeksi brucellosis,Namun tingkat serangan dan durasi serangan sangat berfariasi,Durasi untuk mendapatkan kekebalan tubuh terhadap serangan ini lagi kedepan juga tidak bisa dipastikan.

Cara Penanggulangan Penyakit Brucellosis

Langkah langkah pencegahan Penyakit Brucellosis

Mendidik masyarakat,khususnya para pecinta alam,pelancong wisata alam,peneliti margasatwa dan pemburu agar tidak minum susu atau produk susu langsung tanpa pengolahan seperti direbus.dipasteurisasi atau dimasak matang,Susu yang direbus panas panas lebih efektif ketimbang pasteurisasi akan membunuh hamper semua jenis kuman dan bakteri.

Mendidik para petani,peternak dan para pekerja yang memproses semua produk tersebut untuk berhati hati,utamanya yang berkaitan dengan feces hewan (untuk pupuk),menangani kelahiran bayi hewan ternak dan placentanya (Sapi,Domba,Kambing,Babi) serta yang memeriksa lelehan hewan ternak (dari alat kelamin, Dubur atau lubang hidung dan mata )

Mereka harus menjaga kebersihan badan dan tangan setelah bekerja dan mencucinya dengan sabun dan menjaga kebersihan kandang,Mereka juga harus siap memeriksakan hewan ternak ke dokmter dan instansi terkait jika mendapati gejala brucellosis.

Masyarakat disekitar juga harus diberi penyuluhan agar jika menemui kondisi tersebut,bisa segera meminta instansi pemerintah atau LSM terkait agar menyelidiki kasus sampai tuntas.

Cara Penyembuhan

Belum ada dosis obat yang khusus dan umum untuk brucellosis karena variasi serangan,inkubasi efek kerusakan dan simnomnya.

Konsultasikan dengan para spesialis yang khusus menangani hal ini,agar pengobatan bisa tepat dan efisien.Karena sifatnya yang akut yaitu serangannya mendadak,cepat hilang tapi kuat,demam akibat brucellosis biasanya menggandeng simnom dari infeksi pathogen lain. Karna itu para spesialis akan memetakan lebih dulu jenis infeksi yang ada,baru memutuskan obat apa yang diberikan untuk penyakit apa telebih dahulu.Karena kasus yang ada menunjukan ,kadang kadang menyembuhkan pathogen lain lebih diprioritaskan agar bisa memudahkan jalan penyembuhan brucellosis, tapi ada juga yang sebaliknya

Artikel ini dikutip dari buku kedokteran Pro. Health Kelly, Dr. Noel Bannet.Dr .Sally Murray dan Kerry Ann O’Grady.{/contconf}

 

Dilarang memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulisapa bila terjadi pemindahan pada web lain harap mencancumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya terima kasih (WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG)

Add comment


Security code
Refresh