Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Mengenal penyakit devisiensi Zat besi pada anjing

Mengenal penyakit devisiensi Zat besi pada anjing

mengenal penyakit Defisiensi zat besi pada anjing,biasanya diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi.

DEFISIENSI ZAT BESI (ANEMIA) PADA ANJING KESAYANGAN.

Author: Darryl 

Dari jumlah liter darah yang beredar melalui pembuluh balik, Pembulu nadi dan alat alat tubuh, Aliran merah yang melimpah ini selalu mengalir dengan tetap dengan pertolongan jantung,

Bila segala sesuatu berjalan dengan baik,anda tidak perlu memikirkan tentang hal ini.

Tetapi kadang volume darah berubah sehingga banyaknya sel sel darah merah didalam peredaran mungkin turun jauh sekali., Setiap ml kubik darah yang normal. Inilah yang disebut anemia.

            Penyakit anemia ini mungkin dialami dalam beberapa jenis. Umpamanya, ada persoalan mengenai pendarahan, Manusia baik pada hewan anjing yang kadar darahnya normal mungkin dengan tiba tiba kehilangan banyak sekali darah karna kecelakaan atau atau penyakit yang serius.

Tubuh mencoba mengganti kekurangan yang tiba tiba ini dengan mencurahkan lebih banyak cairan atau Plasma. Tetapi sel sel merah tidak dapat diganti semudah itu.

Sikorban mungkin mempunyai cukup cairan didalam peredaran, tetapi banyaknya sel darah merah mungkin terlalu rendah,sehingga ia merasa lemah dan lelah, Inilah yang biasa terjadi dengan anemia kekurangan darah dengan cepat.

Tetapi peredaran darah yang lambat dari suatu borok didalam lambung atau usus mungkin juga mendatangkan bermacam macam derajat anemia. Jika sel sel darah merah hilang lebih cepat dari pada yang dapat diganti oleh tubuh, dengan demikian pasien mulai merasakan akibat akibat anemia tersebut. Kehilangan sel sel darah merah yang perlahan lahan dan tetap melalui saluran air seni akan mengakibatkan hal yang sama Anemia terjadi juga dari pendarahan seperti mens pada manusia maupun pada hewan anjing betina khususnya. Akan merasa lemah karna kekurangan darah.

            Dalam beberapa hal,seperti anemia hemolitica, sel sel darah terlalu rapuh, sel sel tersebut rupanya sudah menjadi sensitive dalam beberapa hal,sehingga banyak sekali dari padanya dibinasakan di dalam limpa, Hal yang sama terjadi juga pada malaria yang didalamnya parasit parasit memasuki sel darah merah,makan dari zat sel itu,dan kemudian terbagi bagi menjadi 8 atau 16 organisme baru yang sebaliknya menyerang sel sel merah lainnya.,logam logam tertentu, seperti timah, arsen dan perak . mungkin juga membinasakan sel sel merah,demikian juga halnya dengan kina dan obat obat lain pada beberapa pasien.

            Dalam jenis anemia yang lain sel sel merah tidak terbentuk dengan baik. Gantinya berbentuk bulat dan pipi seperti piring,bentuknya mungkin seperti bola(spheres) atau tidak teratur, jadi sel sel itu mungkin menyebabkan kesulitan didalam limpa. Dan borok borok mungkin terjadi di tungkai, bersama sama dengan perubahan di tulang tulang, Malahan masih ada lagi jenis anemia yang agak jarang terjadi didalam hemoglobin tidak terbentuk dengan baik sehingga tidak dapat melaksanakan fungsinya seperti biasa,Keadaan seperti itu sukar sekali diobati.

            Anemia Pernisiosa, Dalam anemia jenis ini sel sel darah lebih besar dari biasa. Tetapi agak kurang jumlahnya, kesulitan timbul karna tidak adanya factor intrinsic yang biasanya dihasilkan oleh lambung untuk memelihara vitamin B12 dari usus.Penyakit ini amat berbahaya, tetapi sekarang tidak lagi. Suntikan vitamin B12 yang diberikan berkali kali biasanya akan mengebalikan para pasien seperti ini kepada keadaan yang normal.

            Kekurangan Zat besi, kadang kadang kadar besi didalam tubuh turun, karena kehilangan darah yang menahun, atau paling sering pada makanan yang kurang baik,Zat besi ini mungkin juga hilang dari tubuh karena mencret menahun dan keadaan keadaan lain seperti sprue.

Pasien yang menderita cacing tambang yang hebat mungkin juga mengalami anemia.

Besi tidak diserap dengan baik karna lambung tidak menghasilkan HCL (asam chloride).

Kadang kadang terjadi pada saat kehamilan malang benar, penyakit ini bukan saja mempengaruhi induk atau ibu, akan tetapi bayi atau anak yang dikandungnya juga terkena anemia.

Anemia karna kekurangan Zat besi yang hebat kelihatan pada bayi bayi yang selalu diberi minum susu terlalu lama.besi hilang juga dari tubuh oleh pendarahan diwaktu mens yang berlebihan, inilah yang sering menyebabkan kelemahan tubuh.

            Untuk pencegahan terjadinya anemia pada anjing peliharaan, apa lagi pada saat kehamilan atau mens , serta infeksi cacing , sebaiknya diberikan injek intraver 200 B12. dan Obat cacing Albenplus Karna semua ini untuk mengembalikan sel sel darah merah.disaat kehamilan dan selama menyusui dikarnakan sebagian darah terbagi kebeberapa anak yang dikandungnya..pemberian aparat Fe ini guna menunjang pada anak anjing didalam kandungan agar tidak terjadi anemia setelah dilahirkan ,yang membuat kelemahan pada anak anjing yang nantinya sangat mudah terserang segala macam penyakit. Sebelum waktunya vaccine.

Sebagian dikutip dari buku kedokteran DR.Rahadayan .S.

Jakarta 27 May 2009

Dilarang Memindahkan artikel ke Web lain tanpa izin Penulis,apa bila terjadi pemindahan pada web lain, harap cantumkan sumber pengambilannya, dan tidak mengganti nama penulisnya. terima kasih.

Comments   

andre
0 #1 Mantepandre 2011-11-16 10:48
mantap bnget Gan thnk's
Quote
darryl
0 #2 re: Mantepdarryl 2011-11-16 18:38
Quoting andre:
mantap bnget Gan thnk's

Terima kasih atas kunjungannya

Salam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh