Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Memahami penyakit Rabies / penyakit anjing gila

RABIES (Penyakit anjing gila)

Oleh Darryl

Diantara berbagai macam penyakit menular yang ganas dan sangat berbahaya, maka penyakit Rabies ini yang dapat dikatakan tidak mungkin lagi untuk disembuhkan,

Dari itu sangat perlu untuk ana menjaga dan merawat anjing anjing kesayangan anda dengan cara yang sangat berhati hati supaya terhindar dari penyakit rabies yang berbahaya ini.

Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus yang menyerang system syaraf serta dapat mempengaruhi semua binatang yang berdarah panas, jadi tidak hanya nerjangkit dikalangan anjing anjing ,bahkan penyakit ini sangat fatal dan pada manusia bias menyebabkan tanda tanda klinis yang mengerikan !

Virus yang berbahaya ini biasanya memasuki tubuh mlalui luka bekas gigitan, goresan, atau luka lecet, Biasanya melalui ludah yang terkena tular.

Virus ini dapat berada diudara apa bila sekawanan besar kelelawar yang menderita rabies berdiam didalam goa goa.

Masa inkubasi berbeda beda kira kira dari beberapa hari sampai 6 bulan atau lebih lama lagi, akan tetapi rata rata mengambil waktu 3 sampai 8 minggu karna virus ini menjalar melalui urat syaraf kebagian otak.

Masa inkubasi menjadi lebih singkat bila letak gigitan dekat dengan bagian otak.

Apa bila seseorang digigit oleh seekor anjing yang dicurigai menderita rabies, maka pertama tama yang harus dilakukan adalah menangkap anjing itu dan meminta bantuan petugas kesehatan untuk memeriksa serta mengurung anjing itu.

Lalu segera mencuci bersih luka bekas gigitan dengan sabun dan detergen, dan secepatnya menemui dokter untuk mendapatkan perawatan serta inokulasi khususs ebagai tindakan pencegahan yang mungkin untuk dilakukan.

Diagnosa oleh seorang ahli ilmu penyakit dari otak yang terjangkit akan menentukan tindakan selanjutnya.

Gejala gejala dari penderita penyakit ini adalah ada yang bersifat ganas akibat otak yang meradang, dan bentuk tenang atau lumpuh dapat terjadi dari terminal ancephalitis sehingga kelihatannya yang berlebihan, mencari tempat tempat sunyi, liar dan sangat mudah terangsang, mulut yang selalu membuka, tidak mampu makan dan takut dengan air, manik manik mata membesar, pandangan kosong seperti sedang ngelamun, takut dengan sinar dan memakan benda benda yang tidak lazim seperti kayu, rumput, atau tanah.

Kalau seekor anjing dicurigai menderita penyakit ini harus lekas lekas diperikasa oleh dokter hewan dan diasingkan setidaknya untuk 4 bulan lamanya .

Kalau mutlak sudah tidak dapat ditolong lagi, maka anjing anjing ini harus dibinasakan

SARAN

Janganlah melupakan vaksinasi pada hewan hewan peliharaan anda sejak dari usia 7 minggu diulang di usia 10 minggi dan di 14 minggu dengan kelengkapan vaksin Rabies.

Vaksinkanlah ulang kem,bali disetiap tahun, karma inkubasi vaccine mulai menurun disetiap tahun. Vaccine ulang ditujukan untuk meningkatkan kembali tingkat kekebalan tubuh terhadap anjing anjing tersebut.

Dilarang mengutip atau memindahkan Artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis,atau menghilangkan nama penulis.

Add comment


Security code
Refresh