Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Infeksi perut salmonela pada anjing,sapi,babi,kucing

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi perut salmonela pada anjing,sapi,babi,kucing

Infeksi perut salmonela sering terjadi pada Anak anjing, kucing dan juga pada anjing/kucing dewasa, dan biasanya menyebabkan diare dan bila didiamkan akan menimbulkan kematian pada anak anjing, kucing.

Infeksi perut  Salmonela (Salmonellosis)

Author: Darryl

Agen penginfeksi Salmonelosis

KIra –kira ada 2000 serotip Salmonella spp yang sudah dikenal,Namu hanya sejumlah kecil saja yang dikenal menyebabkan infeksi penyakit pada hewan anjing,kucing, sapi, Babi maupun terhadap manusia.

Pengidentifikasian infeksi Salmonelosis

Ciri cirri klinis Salmonelosis

Salmonelosis biasanya muncul sebagai gastroenteritis akut yang disertai demam,Muntah,Lemas lesu, Nyeri perut, Saki kepala dan deare, Dehidrasi bisa terjadi,hususnya diantara anak anjing dan anjing manula. Infeksi bisa juga hadir sebagai Septisemia dan kadang-kadang muncul dijaringan tubuh tertentu sehingga menyebabkan Endokarditis ,Pneumonia, Septis arthritis, Kolesistitis, dan Abses. Simnom simnom biasanya berlangsung selama 3 – 5 hari

Metode Diagnosis Salmonelosia

Infeksi didiagnosis dengan mengisolasi Salmonella spp dari feses , Darah dan Spesimen klinis lainnya

Priode Inkubasi Salmonelosis

Masa inkubasi biasanya 6 – 72 jam dengan rata rata 12 – 36 jam

Cara Kemunculan Salmonelosis dan Efeknya bagi Masyarakat

Infeksi Salmonella muncul diseluruh dunia tapi hanya sejumlah kecil kasus yang berhasil tercatat. Infeksi ini tinggi pada anak anjing dan anak sapi, anak babi, anak kucing. Tingkat kematian rendah, namun tidak jika Salmonelosis menginfeksi pada anjing manula dan individu yang system kekebalan tubuhnya turun.

Kira kira 25.000 kasus Salmonelosis setiap tahun tercatat dinegara maju, Sedangkan di Negara berkembang sekitar 85.000 per tahun, Meskipun diduga fakta di Negara berkembang jauh lebih banyak dari itu, Sekitar 3-4 kali lipat. Dengan kata lain,setiap tahun diduga muncul hamper setengah juta serangan infeksi oleh salmonelosis.

Sesovar yang paling banyak menyerang adalah jenis S.typhimurium ,Kebanyakan muncul sporadic di pusat berkumpulnya anak hewan.dan di klinik klinik hewan.Namun yang harus diwaspadai,seiring dengan perkembangan waktu, beberapa jenis Salmonella mulai kebal terhadap antibiotic tertentu.

Pembawa penyakit Salmonelosis

Hewan peliharaan dan hewan liar termasuk unggas dan Reptil. Pasien yang terinfeksi juga bisa menjadi pembawa penyakit.

Metode Penyebaran Salmonelosis

Penyebaran lewat hewan atau hewan dengan rute feses-Oral. Mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak benar juga bisa terjadi Yaitu :

-          Telur dan produk telur yang tidak dimasak atau setengah matang saja dimasaknya.

-          Susu dan produk susu yang tidak dimasak atau yang setengah matang saja dimasaknya.

-          Unggas dan produk unggas yang tidak dimasak atau yang setengah matang saja dimasaknya.

-          Daging ternak yang tidak dimasak atau yang setengah matang dimasaknya.

-          Kerang kerangan,siput,Ikan dan udang udangan yang tidak dimasak atau yang setengah matang saja dimasaknya.

Penularan Salmonelosis Antar hewan dan manusia

Salmonelosis terus ditularkan oleh pasien selama infeksinya belum disembuhkan, biasanya selama beberapa hari atau minggu. Antibiotik yang diberikan di fase akut justru malah menambah panjang waktu bagi penularannya.

Daya tahan Hewan Atau Manusia terhadap Penularan

Kerentana Hewan atau Manusia terinfeksi salmonelosis meningkat jika individu baru saja menjalani sejumlah perawatan medis berat seperti Operasi. Tetapi antibiotic spektrum luas, Penggunaan antacid, menjalani achlorhydria dan mengalami malnutrisi.

Beratnya serangan infeksi ini bervariasi tergantung kepada :

-          Jenis serotip agen Salmonelosis.

-          Jumlah Salmonella yang masuk kedalam tubuh.

-          Alat penyebaran.

-          Kondisi kesehatan individu.

Cara Penanggulangan Salmonelosis

Langkah langkah Pencegahan Salmonelosis

-          Memasak semua makanan,entah telur,daging,ikan, dan ungas sampai matang baru disantap.jagalah tangan dan baju anda tetap bersih ketika hendak memasak dan segera ganti baju jika sudah kotor meski baru digunakan paginya.

-          Jauhkan makanan mentah dan makanan matang,entah di dapur atau dikulkas,agar makanan matang tidak terkontaminasi tidak terkontaminasi lagi oleh makanan mentah.

-          Jagalah dapur tetap bersih dan buanglah sampah organik setiap hari jangan biarkan menumpuk.

-          Jagalah lingkungan di sekitar rumah tetap bersih dari sampah gunakan prosedur membuat tempat sampah higenis dan direkomendasikan WHO.

-          Jagalah kebersihan hewan peliharaan da hewan ternak.mintalah LSM kesehatan dan pemerintah untuk membantu mengawasi pemeliharaan dan pemrosesan hewan ternak.

Cara Menyembuhkan Salmonelosis

                Tidak ada obat khusus kecuali antibiotic anti bakteri. berikan perawatan khusus yang bisa memperkuat kondisi dan ketahanan tubuh.berikan perawatan dan pengawasan khusus .

 

Jakarta 9 Januari 2011

 

Dilarang keras mengutip dan memindahkan artikel ini ke web lain ,Tanpa izin penulis apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap tidak mengganti nama penulisnya dan cantumkan sumber pengambilannya (WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG)

Add comment


Security code
Refresh