Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Penyakit anjing

Darrylkosambipet menyediakan artikel berkualitas tentang penyakit hewan kucing dan hewan anjing yang sering terjangkit pada hewan peliharaan

Penyakit Prostat,anjing, susah kencing ngeden

Penyakit Prostat,anjing, susah kencing ngeden

Prostat merupakan sebuah kelenjar sebesar biji kemiri yang berlokasi di daerah panggul tepat di bawah lubang kandung kemih. Kelenjar yang hanya terdapat pada pria / hewan jantan ini mengelilingi uretra, yakni saluran tempat mengalirnya urine dari kandung kemih sampai ujung penis.

PENYAKIT PROSTAT/ANJING TIDAK DAPAT KENCING

Author: Darryl

Prostat merupakan sebuah kelenjar sebesar biji kemiri yang berlokasi di daerah panggul tepat di bawah lubang kandung kemih. Kelenjar yang hanya terdapat pada pria / hewan jantan ini mengelilingi uretra, yakni saluran tempat mengalirnya urine dari kandung kemih sampai ujung penis.

Kelenjar ini memegang peranan penting dalam proses reproduksi yaitu penghasil sebagian besar cairan yang akan bercampur dengan sperma sehingga terbentuk semen.

Prostat dipengaruhi oleh hormon testosteron dan saluran adrenal mulai dari akil balig atau pria /Hewan jantan Naiknya persentase penyempitan saluran kencing ini hanya sekitar 1 persen pada usia 30 tahun dan naik drastis menjadi 50 persen pada 60 tahun,

pembesaran prostat ini akan menutup 90 persen saluran urine pada pria/Hewan jantan berusia 80 tahun (pada manusia), Pada hewan Jantan di usia sekitar 7 tahun dan dapat tertutup total saat umur 90 tahun (Pada Manusia), Pada hewan jantan di 8 tahun .akibat prostat yang mendesak saluran kencing. Pria / Hewan jantan . yang beruntung tidak akan mengalami penyempitan saluran buang, misalnya jika pembesaran prostat tidak mengarah ke saluran urine.

kanker-prostat

Kanker prostat merupakan momok yang menakutkan bagi kaum pria (pada manusia) karena kanker jenis ini, menyerang kelenjar prostat yang merupakan bagian penting dari organ reproduksi pria / Hewan Jantan. Kelenjar prostat menghasilkan sitrat dan glukosa yang penting bagi kehidupan sperma.

Selain itu, Kelenjar Prostat juga menghasilkan cairan yang keluar bersama sperma ketika terjadi ejakulasi. Sebenarnya, seiring bertambahnya usia, seorang pria / Hewan Jantan akan mengalami Pembesaran Kelenjar Prostat. Tetapi, tidak selalu pembesaran kelenjar prostat mengakibatkan pembengkakan.

Karena letaknya yang mengelilingi pangkal saluran kemih (uretra) yang terletak di bawah kandung kemih, maka jika kelenjar prostat membengkak, kelenjar prostat dapat menekan saluran kemih sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat. Gejala yang ditimbulkan oleh pembengkakan kelenjar prostat hampir mirip dengan gejala kanker prostat.

 

Gejala-Gejala Kanker Prostat Pada Anjing

1. Anjing Sulit berkemih.

Bisa berupa perasaan anjing ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang berkemih, ada perasaan anjing masih ingin berkemih atau ngeden ngeden untuk berkemih karena keluarnya sedikit–sedikit. Gejala ini akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.

Pada Hewan anjing jantan,

Proses sama apa yang dialami pada manusia, dimana awalnya anjing mengeluarkan air seni yang tersendat sendat, bahkan kecil dan lambat diwaktu keluarnya air seni, dan disekian hari anjing jantan tidak dapat mengeluarkan air seninya sama sekali walau si anjing jantan berusaha beberapa kali mengedan untuk berusaha mengeluarkan air seninya.

2. Nyeri saat berkemih pada anjing jantan.

Problem ini juga disebabkan adanya tumor prostat yang menekan saluran kemih. Namun, nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

3. Anjing jnatan Keluar darah saat berkemih.

Gejala ini jarang terjadi, namun jangan diabaikan. Segeralah periksa ke dokter meski darah yang dikeluarkan hanya sedikit, samar–samar atau hanya berwarna merah muda. Kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini.

4. anjing Sulit ereksi atau menahan ereksi.

Tumor Prostat bisa saja menyebabkan Aliran darah ke Penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi. Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Tapi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.

5. Anjing Sulit Buang Air Besar dan ada masalah saluran pencernaan lainnya.

Kelenjar Prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Akibatnya, bila ada Tumor, pencernaan akan terganggu. Namun perlu diingat, anjing sulit BAB yang terus menerus terjadi juga bisa menyebabkan pembesaran prostat karena terjadi tekanan pada kelenjar secara terus menerus. Sulitnya BAB dan gangguan saluran pencernaan bisa juga mengindikasikan kanker usus besar.

6. Anjing merasa Nyeri terus menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas.

Sering kali, Kanker Prostat pada anjing menyebar di wilayah-wilayah ini, yaitu pada punggung bawah, panggul dan pinggul sehingga nyeri yang sulit dijelaskan di bagian ini bisa menjadi tanda adanya gangguan.

7. Anjing Sering berkemih di malam hari.

Jika Anjing jantan sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk berkemih, periksalah segera ke dokter.

8. Urin anjing yang menetes atau tidak cukup kuat.

Gejala ini mirip inkontinensia urin (ngompol). Urin tidak dapat ditahan hingga perlahan keluar dan menetes. Atau kalau pun keluar aliran tidak cukup kuat.

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat Pada anjing

Untuk mengatasi Kanker Prostat pada anjing, seseorang bisa memilih pengobatan kanker secara medis atau Pengobatan Kanker alternatif. Jika Pengobatan Kanker Prostat secara medis yang dipilih, maka tindakan yang umum dilakukan adalah operasi (pembedahan), radiasi (penyinaran), dan kemoterapi. Sedangkan pengobatan kanker prostat alternatif adalah pengobatan yang dilakukan secara tradisional, biasanya meliputi penggunaan herbal antikanker, akupuntur, akupresur, homeopati,dll.

Biasanya, semakin dini keberadaan kanker diketahui, maka semakin besar peluang untuk sembuh. Kanker prostat pada stadium dini dapat disembuhkan melalui operasi (pembedahan) atau radiasi. Tapi, pada stadium lanjut, dimana kanker sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh, kemungkinan untuk sembuh sangat kecil. Tindakan medis yang dilakukan pada saat itu, hanya bersifat mengontrol. Namun, jangan berputus asa dulu. Banyak penderita kanker prostat yang pantang menyerah, telah mencoba pengobatan kanker prostat alternatif dengan menggunakan ekstrak herbal antikanker, dan hasilnya terbukti ampuh, di samping harganya yang terjangkau dan tanpa efek samping.

Herbal antikanker yang saat ini banyak diminati sebagai obat kanker adalah yang berasal dari pedalaman hutan-hutan di Papua. Yang mengandung banyak senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai obat kanker stadium awal ataupun stadium akhir. Dr. M. Ahkam Subroto, Ahli Peneliti Utama dari Pusat Bioteknologi LIPI, mengungkapkan bahwa dengan limpahnya kandungan berbagai senyawa aktif penting seperti flavonoid, tanin, polifenol dan berbagai mineral yang berguna sebagai antioksidan dan antikanker, maka sangat tepat digunakan sebagai obat kanker dan tumor, termasuk sebagai obat kanker dalam pengobatan kanker prostat.

Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik sebagai pencegah dan obat kanker. Banyak mekanisme kerja dari flavonoid yang sudah terungkap, diantaranya:

1. Inaktivasi karsinogen.

Menonaktifkan zat aktif yang menjadi penyebab kanker.

2. Antiproliferasi.

Menghambat proses perbanyakan sel abnormal pada kanker.

3. Penghambatan siklus sel.

Pada kanker, terjadi kegagalan pengendalian dalam siklus pembelahan sel. Dimana sel mengalami pembelahan secara cepat dan terus menerus. Flavonoid bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel yang abnormal (kanker) tersebut.

4. Induksi apoptosis dan diferensiasi.

Merangsang proses bunuh diri sel kanker.

5. Inhibisi angiogenesis.

Menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang berperan dalam menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Jika sel kanker tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sel kanker akan mati.

6. Pembalikan resistensi multi-obat.

Flavonoid membantu tubuh terhindar dari resistensi/kebal terhadap obat-obat yang dikonsumsi.

PROSTAT PADA HEWAN ANJING KESAYANGAN

Nah dari Artikel diatas membuktikan , bahwa di hewan kesayangan ternyata juga dapat mengidap adanya penyakit Prostat. Dengan ciri ciri yang sama dialami oleh Pria / Anjing jantan.

Bila kenyataannya anjing mengalami penyumbatan keluarnya air seni, Anda bisa segerah menghubungi Drh yang dapat dipercaya.

Diantaranya:

1.Lakukan cateter terlebih dahulu terhadap anjing tersebut, yang berguna untuk membantu mengeluarkan air seni yang tersimpan di kantung kemih. Agar anjing tidak mengalami keracunan dari air seni yang tidak dapat keluar.

2. Lakukan pemeriksaan dengan USG, untuk melihat apakah adanya penyumbatan dikarnakan batu ginjal.

3. Bila pemeriksaan dengan cara USG tidak terlihat penyumbatan atau normal pada mulut lubang saluran kemih, Maka tindak lanjutkan dengan melakukan RONTGEN. Dari hasil ini akan terlihat bahwa dikantong kemi benar bersih , atau tidak adanya pengendapan batu yang akan terjadinya penyumbatan lubang saluran kemih .

4. Bila ternyata bersih, Anda segeralah mengarah pada PROSTAT, Hal ini sangat penting untuk mengetahui kenormalan prostat pada anjing tersebut.Lakukan kembali RONTGEN yang berfokus pada Prostat .

5. Lakukan tes darah

Dari sinilah para kita dapat mendeteksi kebenaran dari sumber penyakitnya anjing yang tidak dapat kencing.

Ada beberapa kemungkinan terjadinya pendarahan disaat anjing kencing

1.Dikarnakan batu ginjal yang berusaha keluar dari saluran kemih ,sehingga melukai dan terjadinya pendarahan.

2.Terjadinya infeksi, pada saluran kemih yang disebabkan berkembangnya bakteri gram positif (+) dan gram negative (-)

3 Adanya kanker /Tumor Prostat dan rusaknya kelenjar prostat yang terjadinya pendarahan

Ciri ciri anjing mengidap Prostat.

- Selain penyumbatan dikarnakan saluran kemih tertekan oleh membesarnya prostat, yang mengakibatkan merapatnya saluran kemih.sehingga air seni tidak dapat keluar sama sekali.

- Disaat pencabutan cateter terdapat darah mati dan darah segar dibagian lubang masuknya cateter.

- Banyaknya keluar gumpalan darah mati yang ikut keluar dengan air seni disaat cateter.

- Susah buang air besar, dan bila keluar kotoran mempunyai bentuk kotoran sebelah bulat dan sebelah rata,bagian kotoran yang tampak sebelah rata inilah yang tertekan oleh pembesaran prostat ,sehingga menjadikan kotoran tampak rata.

- bila mencolok lubang dubur dengan jari akan terasa membesarnya prostat yang menjepit lubang saluran kencing.

Kesulitan pemasangan cateter secara permanen di anjing

- Anjing akan berusaha mencabut cateter yang terpasang.Bila anjing trah dengan pemasangan coral, akan durusak dan mencabut cateter yang terpasang.

- Bila anjing yang sedang mengidap prostat, tidak perlu dipasang cateter secara permanen ,dikarnakan saluran air seni akan selalu merapat , dikarnakan tertekannya oleh prostat yang membesar.Berarti pemilik harus bersabar hati dengan iklas menjalankan pemasangan cateter paling sedikit 2 kali sehari untuk membantu mengeluarkan air seni tersebut.

Cara mengeluarkan air seni pada anjing prostat

Ambil cateter yang panjangnya sesuai dengan ukuran anjingnya.

Berikan salep mata secara merata pada bagian luar cateter,yang berguna untuk melumasi disaat cateter dimasukan kelubang penis.

Salep mata yang mengandung antibiotic Gentamisin, juga berfungsi mengobati luka disaluran kemih yang rusak.

Masukan secara perlahan lahan disaat memasukan ke saluran penis anjing.

Setelah pemasangan cateter pada penis anjing, dan air seni biasanya langsung keluar melalui lubang cateter.

Bila terjadinya penyumbatan pada saluran cateter, segeralah membantu dengan memasang pipet penyedot (dengan suntikan 3 ml) untuk membantu mengeluarkan biang keladi terjadinya penyumbatan ( biasanya darah mati yang menghalangi saluran cateter). Lakukan sampai benar benar air seni bersih.

Lakukan pengobatan yang tepat dengan penyakit yang diderita anjing jantan tersebut sampai Postat itu kembali normal dan anjing dapat kencing sendiri serta keluarnya air seni dengan normal.

Bila dengan pengobatan dalam waktu tertentu tidak dapat menuntaskan masalah segeralah menjalankan operasi prostat, karna bila dibiarkan kanker prostat ini berkembang lebih lanjut akan menyumbatkan lubang saluran pada dubur sehingga si anjing tidak dapat buang kotoran besar (berak) sama sekali.dan segeralah memeriksakan ke labolatorium untuk memastikan apakah kanker ini ganas atau tidak.

Keputusan terakhir berada ditangan pemelihara, hanya ada 2 penyelesaian. yaitu dengan menjalan pengobatan dalam jangka waktu tertentu,atau menidurkan anjing kesayangannya agar si anjing tidak menderita berkepanjangan dari penyakit yang akan timbul kembali dalam waktu tertentu.

Ciri cirri anjing jantan yang akan /mengidap Kanker / Tumor

Anjing jantan mempunyai pentil tetek yang lebih menonjol dan lebih besar dari ukuran normal, Cuma kapan timbulnya penyakit tersebut akan timbul, tidak dapat diketahui.

Sekian banyak pada spesialis serta comment dari masyarakat, sampai saat ini masih belum ditemukan penyebab terjadinya pembesaran Prostat dan 99 % para DRH di Indonesia belum dapat memahami caranya mendeteksi prostat pada anjing/Hewan.serta obat apa yang dapat menyembuhkan penyakit kanker ini.

Jakarta 13 Mei 2011

fil206

Artikel ini dibuat dengan sebenarnya pada anjing Doberman saya yang berusia 9 tahun terkena panyakit Prostat, dan ditidurkan pada tanggal 19 Mei 20011.karna tidak tahan melihat penderitaan yang dideritanya berkepanjangan, setelah berusaha penyembuhan selama 21 hari dengan bantuan 3 orang Drh ternama. ( Selamat jalan sayang, kami sekeluarga menyayangi dan mencintaimu,9 tahun kami merawatnu melebihi dari merawat anakku sendiri, kamu anjing doberman yang sangat setia dan baik hati serta penurut dan selalu patuh dalam perintahku, Kamu anjing yang sangat periang memprotek rumahku dengan baik, dan juga keluargaku,Kamu anjing yang sangat berjasa,kamu sering menangis dengan derai air mata disaat kuberikan belaian kasih sayang,kutahu kamu anjing yang sangat manja dan selalu rindu dengan kasih sayangku. dengan kepergianmu kini derai air mata berada padaku dan keluargaku.kami selalu merindukanmu sayang !! ).

 

Dilarang keras Memindahkan artikel ini ke Web lain ,tanpa izin penulis atau menghilangkan nama penulis.!!! Apa bila terjadi pemindahan pada Web lain jarap mencantumkan sumber pengambilanya dan tidak mengganti nama penulisnya. terima kasih

WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG REGESTRASI

 

Penyakit brucellosis pada anjing dan kucing

Penyakit brucellosis pada anjing dan kucing

Tanda tanda pada penyakit brucellosis ini adalah keguguran pada anjing betina yang sedang hamil

Author: Darryl

Tanda tanda pada penyakit brucellosis pada anjing

Tanda tanda pada penyakit brucellosis ni adalah keguguran pada anjing betina yang sedang hamil, sementara pada anjing jantan merupakan infeksi pada testes yang sering kali terjadi dengan pembengkakan kelenjar tersebut, dan dapat juga terjadi pada pembengkakan persendian dan rasanya sangat sakit sekali. Hal ini terjadi baik pada anjing jantan maupun pada anjing betina yang sering kali berlangsung sampai beberapa bulan atau tahun sehingga menyebabkan kelemahan.

Jelas penyakit ini bisa merupakan kegagalan didalam usaha hendak melakukan pembiakan, oleh karma adanya keguguran diwaktu hamil.

Keguguran pada anjing

umumnya paling sering terjadi diantara hari ke 45 dan hari yang ke 55 dalam masa kandungan, Tetapi dapat juga terjadi lebih awal. Sampai sekarang belum dapat dipastikan apakah anak anjing yang terinfeksi sejak lahir dapat disembuhkan sebelum anak anjing itu menjadi dewasa.

Cara penularan  penyakit brucellosis pada anjing

Cara penularani penyakit brucellosis pada anjing ini yang sangat banyak dan paling umum terjadi adalah ikut termakannya jaringan placenta atau apa saja yang dikeluarkan dari vagina pada waktu terjadinya keguguran,yang merupakan sumber utama dari penyebaran penyakit infeksi brucellosis ini. Persentuhan langsung dengan benda benda yang dikeluarkan pada waktu aborsi itu, dapat menyebabkan terkena infeksi dan bakteri itu kemudian berkembang yang umumnya terjadi pada waktu 2 sampai 3 minggu.

Perkembangan bakteri bakteri yang membiak itu sangat cepat sekali,baik terhadap anjing betina maupun pada anjing jantan yang sama mudahnya terkena penyakit brucellosis ini.

Penularan oleh anjing pejantan yang kena infeksi tidak dapat diramalkan oleh karma organisme ini terdapat dalam sperma yang dikeluarkan, hanya antara waktu satu sampai dua bulan sesudah infekasi.

Sesudah waktu ini jumlah organisme yang terkandung berkurang dengan secepatnya, tetapi kuman Bruscella masih tetap berada dalam semen anjing itu paling sedikit selama 60 minggu, dimana kelenjar protate merupakan sumber utama dari bakteri bakteri ini.

Tidaklah diketahui berapa banyak bakteri yang diperlukan untuk menyebabkan infeksi pada anjing betina pada wakru pemacakan dengan anjing pejantan yang terinfeksi.

Kenyataannya penularan penyakit ini karma hubungan kelamin dapat terjadi meskipun jumlah organisme yang dikandung hanya sedikit saja.

Pada anjing anjing yang mengidap kuman kuman penyakit brucellosis ini kelihatannya biasa atau normal saja, sehingga sukar diketahui secara lahiria sehingga terjadilah perkawinan perkawinan antara anjing anjing yang menyimpan kuman kuman itu dengan yang tidak mengidap penyakit itu,tetapi diketahui setelah terjadinya keguguran

Penularan penyakit ini bahkan bisa juga terjadi melalui kontaminasi jarum jarum suntik yang digunakan untuk mengambil darah atau mentransfusi darah dari anjing yang terinfeksi ke anjing yang belum terinfeksi.

Dilarang memindahkan artikel ini pada WEB lain tanpa izin penulis,apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap mencantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya, terima kasih.

(ARTIKEL INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG DENGAN WEB YANG TELAH DIREGESTRASI)

Mengenal penyakit devisiensi Zat besi pada anjing

Mengenal penyakit devisiensi Zat besi pada anjing

mengenal penyakit Defisiensi zat besi pada anjing,biasanya diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi.

DEFISIENSI ZAT BESI (ANEMIA) PADA ANJING KESAYANGAN.

Author: Darryl 

Dari jumlah liter darah yang beredar melalui pembuluh balik, Pembulu nadi dan alat alat tubuh, Aliran merah yang melimpah ini selalu mengalir dengan tetap dengan pertolongan jantung,

Bila segala sesuatu berjalan dengan baik,anda tidak perlu memikirkan tentang hal ini.

Tetapi kadang volume darah berubah sehingga banyaknya sel sel darah merah didalam peredaran mungkin turun jauh sekali., Setiap ml kubik darah yang normal. Inilah yang disebut anemia.

            Penyakit anemia ini mungkin dialami dalam beberapa jenis. Umpamanya, ada persoalan mengenai pendarahan, Manusia baik pada hewan anjing yang kadar darahnya normal mungkin dengan tiba tiba kehilangan banyak sekali darah karna kecelakaan atau atau penyakit yang serius.

Tubuh mencoba mengganti kekurangan yang tiba tiba ini dengan mencurahkan lebih banyak cairan atau Plasma. Tetapi sel sel merah tidak dapat diganti semudah itu.

Sikorban mungkin mempunyai cukup cairan didalam peredaran, tetapi banyaknya sel darah merah mungkin terlalu rendah,sehingga ia merasa lemah dan lelah, Inilah yang biasa terjadi dengan anemia kekurangan darah dengan cepat.

Tetapi peredaran darah yang lambat dari suatu borok didalam lambung atau usus mungkin juga mendatangkan bermacam macam derajat anemia. Jika sel sel darah merah hilang lebih cepat dari pada yang dapat diganti oleh tubuh, dengan demikian pasien mulai merasakan akibat akibat anemia tersebut. Kehilangan sel sel darah merah yang perlahan lahan dan tetap melalui saluran air seni akan mengakibatkan hal yang sama Anemia terjadi juga dari pendarahan seperti mens pada manusia maupun pada hewan anjing betina khususnya. Akan merasa lemah karna kekurangan darah.

            Dalam beberapa hal,seperti anemia hemolitica, sel sel darah terlalu rapuh, sel sel tersebut rupanya sudah menjadi sensitive dalam beberapa hal,sehingga banyak sekali dari padanya dibinasakan di dalam limpa, Hal yang sama terjadi juga pada malaria yang didalamnya parasit parasit memasuki sel darah merah,makan dari zat sel itu,dan kemudian terbagi bagi menjadi 8 atau 16 organisme baru yang sebaliknya menyerang sel sel merah lainnya.,logam logam tertentu, seperti timah, arsen dan perak . mungkin juga membinasakan sel sel merah,demikian juga halnya dengan kina dan obat obat lain pada beberapa pasien.

            Dalam jenis anemia yang lain sel sel merah tidak terbentuk dengan baik. Gantinya berbentuk bulat dan pipi seperti piring,bentuknya mungkin seperti bola(spheres) atau tidak teratur, jadi sel sel itu mungkin menyebabkan kesulitan didalam limpa. Dan borok borok mungkin terjadi di tungkai, bersama sama dengan perubahan di tulang tulang, Malahan masih ada lagi jenis anemia yang agak jarang terjadi didalam hemoglobin tidak terbentuk dengan baik sehingga tidak dapat melaksanakan fungsinya seperti biasa,Keadaan seperti itu sukar sekali diobati.

            Anemia Pernisiosa, Dalam anemia jenis ini sel sel darah lebih besar dari biasa. Tetapi agak kurang jumlahnya, kesulitan timbul karna tidak adanya factor intrinsic yang biasanya dihasilkan oleh lambung untuk memelihara vitamin B12 dari usus.Penyakit ini amat berbahaya, tetapi sekarang tidak lagi. Suntikan vitamin B12 yang diberikan berkali kali biasanya akan mengebalikan para pasien seperti ini kepada keadaan yang normal.

            Kekurangan Zat besi, kadang kadang kadar besi didalam tubuh turun, karena kehilangan darah yang menahun, atau paling sering pada makanan yang kurang baik,Zat besi ini mungkin juga hilang dari tubuh karena mencret menahun dan keadaan keadaan lain seperti sprue.

Pasien yang menderita cacing tambang yang hebat mungkin juga mengalami anemia.

Besi tidak diserap dengan baik karna lambung tidak menghasilkan HCL (asam chloride).

Kadang kadang terjadi pada saat kehamilan malang benar, penyakit ini bukan saja mempengaruhi induk atau ibu, akan tetapi bayi atau anak yang dikandungnya juga terkena anemia.

Anemia karna kekurangan Zat besi yang hebat kelihatan pada bayi bayi yang selalu diberi minum susu terlalu lama.besi hilang juga dari tubuh oleh pendarahan diwaktu mens yang berlebihan, inilah yang sering menyebabkan kelemahan tubuh.

            Untuk pencegahan terjadinya anemia pada anjing peliharaan, apa lagi pada saat kehamilan atau mens , serta infeksi cacing , sebaiknya diberikan injek intraver 200 B12. dan Obat cacing Albenplus Karna semua ini untuk mengembalikan sel sel darah merah.disaat kehamilan dan selama menyusui dikarnakan sebagian darah terbagi kebeberapa anak yang dikandungnya..pemberian aparat Fe ini guna menunjang pada anak anjing didalam kandungan agar tidak terjadi anemia setelah dilahirkan ,yang membuat kelemahan pada anak anjing yang nantinya sangat mudah terserang segala macam penyakit. Sebelum waktunya vaccine.

Sebagian dikutip dari buku kedokteran DR.Rahadayan .S.

Jakarta 27 May 2009

Dilarang Memindahkan artikel ke Web lain tanpa izin Penulis,apa bila terjadi pemindahan pada web lain, harap cantumkan sumber pengambilannya, dan tidak mengganti nama penulisnya. terima kasih.

kencing tikus penyebab Penyakit Lepto pada anjing

kencing tikus penyebab Penyakit Lepto pada anjing

Penyakit Lepto pada anjing adalah penyakit yang sangat mematikan pada anjing,Penyakit Lepto ini biasanya hanya memakan waktu 3 atau 4 hari pada kematian anjing.

Oleh Darryl.

Anjing yang terkena virus Lepto harus cepat mungkin untuk mendapatkan perawatan serta pengobatan yang serius.

Karna selain anjing tidak dapat menerima makanan yang di makannya,juga anjing tersebut akan kehilangan Zat elektrolit dari dalam tubuhnya.

Penyakit Lepto ini biasanya menyerang pada anak anjing atau anjing dewasa, namun sebagian besar terjadi pada anak anjing diantara usia 4 atau di 5 bulan.

Anak anjing yang terserang virus Lepto, tidak dapat menerima makannan yang dimakannya, dan akan muntah kembali dalam waktu yang sangat singkat.

Anak anjing akan lemas karena kehilangan Zat elektrolit dikarnakan muntahnya. dan anak anjing tersbut juga tidak dapat menerima apa yang diminumnya, dan akan muntah dalam beberapa menit.

Penyakit Lepto ini disebabkan oleh Kencing tikus yang mengidap virus Lepto.

Kencing tikus adalah penyebab utama penyakit Lepto pada anak anjing

Penularan Penyakit Leptospirosis Pada anjing

Biasanya terjadi melalui Air Kencing anjing anjing yang menderita penyakit infeksi atau disebabkan oleh Bakteri Siprocheta, Tanda Tanda Klinis dihubungkan dengan kerusakan darah, penyakit hati dan ginjal. Demam yang tidak begitu tinggi akan timbul dan anjing anjing itu mungkin akan menjadi Kejang,mendapat Rasa Nyerih Perut, Muntah Muntah, Mencret (Kotorannya Warna Hitam Pekat) serta kongeti pada selaput mata dan mulut.. Selaput mulut memperlihatkan bercak bercak mendarah dalam bentuk akut, Demam kuning atau icterus dapat timbul karena segalah tingkatan kerusakan ginjal, maka kematian mungkin merupakan akibat dari kejang kejang gagau yang ditimbulkan oleh keracunan air kencing pada darah.

Perawatan leptospirosis pada anjing

harus segerah dilakukan jika anda ingin berhasil menolong anjing anjing yang terkena penyakit ini, obat anibiotik dan perawatan khusus terhadap ginjal adalah mutlak diperlukan.

Penyakit ini bahkan dapat menular pada manusia, sehingga andapun harus berhati hati (terutama pada air kencing anjing yang menderita penyakit ini) pada manusia penyakit ini disebut panyakit demam tikus dan dapat menular pada yang tua maupun terhadap anak anak, bahkan juga bias menular pada jenis binatang lain.

Seperti yang berulang kali ditekankan, menjaga tempat makan bagi anjing anjing adalah sangat penting sekali, supaya tetap bersih dan jangan sekali kali ditinggalkan atau dibiarkan begitu saja kalau anjing anjing itu selesai makan. Bekas tempat makan ini sewaktu waktu bisa dikencingi oleh tikus atau anjing itu sendiri, sebab penyakit ini dapat menular melalui sentuhan dengan tikus tukus, sedangkan tikus tikus itu bekas keliaran ditempat anjing anjing yang terkena penyakit ini.Seekor binatang yang kena penularan penyakit ini harus diasingkan, sedangkan anda sendiri atau orang yang mengurus anjing yang terkena penyakit ini harus merawat kebersihan diri dengan baik.

Vaksinasi dapat membantu mencegah penyakit ini menular,sedangkan pada wabah penyakit leptospirosis, anda harus memberikan Vaccine lebih sering bersama dengan metode metode pengobatan lainnya.

Jenis penyakit Leptospirosis pada anjing:

Leptospira Conicola Strain Hond Utrecht.

Lepyospira Grippothyposa strain.

Leptospira Icterohaemorraghiae strain Compenthageni.

Leptospira Pomona strain Kennewicki

Pencegahan penyakit leptospirosis pada anjing :

Pada usia7 minggu dengan .Varvo , Distemper ,Hepatitis , Parainfluenza.

Pada usia 10 minggu dengan Varvo , Distemper , Hepatitis, Parainfluenza , Leptospirosis

Pada usia 14 minggu dengan Varvo , Distemper , Hepatitis, Parainfluenza , Leptospirosis , Rabies.

Dengan cara pem Vaccin nan secara ke tiga ini berarti kita memberikan 3 X Varvo , 3 X Distemper ,

3 X Hepatitis , 3 X Parainfluenza , 2 X Leptospirosis dan 1 X Rabies.

Dengan mem vaccine cara ke tiga ini kita sebut Boster.

sehingga jauh terjadinya penularan terhadap penyakit yang tidak diinginkan dan mematikan pada hewan peliharaan kesayangan kita.

Dilarang Keras Memindahkan artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis. Atau menghilangkan nama penulis.

Memahami penyakit Rabies / penyakit anjing gila

RABIES (Penyakit anjing gila)

Oleh Darryl

Diantara berbagai macam penyakit menular yang ganas dan sangat berbahaya, maka penyakit Rabies ini yang dapat dikatakan tidak mungkin lagi untuk disembuhkan,

Dari itu sangat perlu untuk ana menjaga dan merawat anjing anjing kesayangan anda dengan cara yang sangat berhati hati supaya terhindar dari penyakit rabies yang berbahaya ini.

Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus yang menyerang system syaraf serta dapat mempengaruhi semua binatang yang berdarah panas, jadi tidak hanya nerjangkit dikalangan anjing anjing ,bahkan penyakit ini sangat fatal dan pada manusia bias menyebabkan tanda tanda klinis yang mengerikan !

Virus yang berbahaya ini biasanya memasuki tubuh mlalui luka bekas gigitan, goresan, atau luka lecet, Biasanya melalui ludah yang terkena tular.

Virus ini dapat berada diudara apa bila sekawanan besar kelelawar yang menderita rabies berdiam didalam goa goa.

Masa inkubasi berbeda beda kira kira dari beberapa hari sampai 6 bulan atau lebih lama lagi, akan tetapi rata rata mengambil waktu 3 sampai 8 minggu karna virus ini menjalar melalui urat syaraf kebagian otak.

Masa inkubasi menjadi lebih singkat bila letak gigitan dekat dengan bagian otak.

Apa bila seseorang digigit oleh seekor anjing yang dicurigai menderita rabies, maka pertama tama yang harus dilakukan adalah menangkap anjing itu dan meminta bantuan petugas kesehatan untuk memeriksa serta mengurung anjing itu.

Lalu segera mencuci bersih luka bekas gigitan dengan sabun dan detergen, dan secepatnya menemui dokter untuk mendapatkan perawatan serta inokulasi khususs ebagai tindakan pencegahan yang mungkin untuk dilakukan.

Diagnosa oleh seorang ahli ilmu penyakit dari otak yang terjangkit akan menentukan tindakan selanjutnya.

Gejala gejala dari penderita penyakit ini adalah ada yang bersifat ganas akibat otak yang meradang, dan bentuk tenang atau lumpuh dapat terjadi dari terminal ancephalitis sehingga kelihatannya yang berlebihan, mencari tempat tempat sunyi, liar dan sangat mudah terangsang, mulut yang selalu membuka, tidak mampu makan dan takut dengan air, manik manik mata membesar, pandangan kosong seperti sedang ngelamun, takut dengan sinar dan memakan benda benda yang tidak lazim seperti kayu, rumput, atau tanah.

Kalau seekor anjing dicurigai menderita penyakit ini harus lekas lekas diperikasa oleh dokter hewan dan diasingkan setidaknya untuk 4 bulan lamanya .

Kalau mutlak sudah tidak dapat ditolong lagi, maka anjing anjing ini harus dibinasakan

SARAN

Janganlah melupakan vaksinasi pada hewan hewan peliharaan anda sejak dari usia 7 minggu diulang di usia 10 minggi dan di 14 minggu dengan kelengkapan vaksin Rabies.

Vaksinkanlah ulang kem,bali disetiap tahun, karma inkubasi vaccine mulai menurun disetiap tahun. Vaccine ulang ditujukan untuk meningkatkan kembali tingkat kekebalan tubuh terhadap anjing anjing tersebut.

Dilarang mengutip atau memindahkan Artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis,atau menghilangkan nama penulis.