Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Obat untuk Mengeluarkankan racun, Emetik

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Obat untuk Mengeluarkankan racun, Emetik

oleh Darryl

Obat Emetik adalah obat yang berkhasiat untuk induksi muntah, digunakan pada pasien yang memerlukan muntah agar mengeluarkan racun atau bahan dari lambung sebelum diserap oleh usus.

Ada beberapa cara untuk menginduksi muntah

1.       Mencolokan jari pada reflek muntah yang berada di dinding belakang tenggorokan.

2.       Sirup Ipeka,bekerja dengan merangsang CTZ dan bekerja langsung pada mukosa lambung, Ipeka sirup dapat diminum bersama minuman lain tetapi tidak boleh bersama susu atau minuman berkarbon, Muntah terjadi dalam 15 sampai 30 menit kemudian, Apabila tak menimbulkan muntah,berarti Ipeka terserap dan toksis, maka perlu segera diberi  arang aktif dan bilas lambung.induksi muntah tak boleh dilakukan apabila bahan yang tertelan adalah bahan korosif(misal:amonia ,kaporit,larutan alkali,fenol,minyak tanah,minyak cat gasoline),karena regurgtasi dan aspirasi muntah akan memperberat iriasi oesofagus dan tenggorokan.dosis ipeka 15 ml,diulang 30 menit apabila belum muntah.

3.       Apomorfin adalah derifat morfin,diberikan secara intramuskuler atau subkutan(4-10mg/dewasa, anakà1th 0,07-0,1mg/kgbb).muntah terjadi dalam 15 menit.karena termasuk obat narkotik maka berefek samping pada penekanan ssp,menekan pernafasan dan menurunkan tekanan darah ,maka tidak boleh diberikan pada pasien dengan pengobatan yang sudah berefek penekanan ssp misal opium,barbiturat dan alcohol.ESO obat ditandai dengan gelisah,tremor,hipotensi,euphoria,mual,salvias,berkeringat,pengeluaran air mata.tidak boleh diulang pemberiannya apabila tak muntah.

Perawatan pada pasien pengguna obat/bahan emetik

1.kaji sampai memastikan bahan jenis bahan yang tertelan .apabila bahan iritatif/kaustik tidak boleh diberi  obat emetic.
2.periksa tanda vital dan pantau dengan cermat 24-48 jam.
3.beri cairan dalam jumlah cukup(200 cc)sebelum diberi ipeka dan apormofin untuk mempercepat efek muntah.
4.apabila tidak terjadi muntah setelah diberi obat,lakukan bilas lambung atau beri arang aktif.
5.jangan memberi Ipeka pada pasien tak sadar karena bahaya aspirasi.

Untuk Hewan peliharaan

Apabila hewan peliharaan Teracuni oleh obat obat tertentu yang membuat hewan teracuni, misalnya teracuni disaat memandikan dengan obat kutu atau yang lainnya.

Maka segeralah berikan Norid dalam jumlah yang cukup besar.

Misalkan pada anjing, dapat diberikan norid sebanyak 10 sampai 20 butir, agar racun yang masuk dapat diserap oleh arang aktif tersebut sehingga tidak terserap oleh usus.

Cara kedua  dengan meminumkan susu sebanyak mungkin, sampai hewan tersebut merasa mual dengan banyaknya jumlah susu , sehingga hewan dapat memuntahkan kembali susu yang diminumkan bersama sama dengan racun yang masuk sebelum diserap oleh usus.

Jakarta 9 April 2011

Dilarang keras Memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis,apa bila terjadi pemindahan artikel ini pada web lain ,harap mencantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya, terima kasih.

artikel ini dilindungi dengan undang undang

Comments   

Emanuel
0 #1 Obat untuk "Mengeluarkanka n racun", EmetikEmanuel 2015-12-04 16:55
I like the helpful info you provide in your articles.
I will bookmark your blog and check again here regularly. I'm quite certain I'll learn a lot of new stuff right here!
Good luck for the next!

Take a look at my page; obat
foredi gel
Quote

Add comment


Security code
Refresh