Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

"Infeksi Cacing Trematoda"Anjing/Kucing/Pendarahan

cacing di mata ALBENPLUS OBAT CACING ANJINGKUCING cacing mata

 

INFEKSI OLEH CACING GOLONGAN TREMATODA-ANJING/KUCING

OLeh Darryl

Infeksi oleh cacing golongan trematoda lazim benar terdapat diseluruh daerah Timur dan dibagian dunia yang lain,Terutama didaerah panas yang banyak hujan,Ada beberapa jenis yang berlain lainan, yang semuanya mendapat jalan masuk ketubuh hewan ataupun manusia dengan perantaraan makanan atau air yang sudah terkena kotoran, Semuanya tinggal didalam alat alat pencernaan, dan mengeluarkan telur telurnya beribu ribu setiap harinya. Bila sudah sampai disungai,telur telur ini dengan lekas menetas dan kemudian memasuki mahluk lain, serta mengalami sebagian dari daur hidupnya di sana.

Cacing Trematoda usus ( atau Fasciolopsis buski ) biasanya menembusi tubuh seekor siput, melalui suatu siklus atau daur didalam siput itu, dan kemudian meninggalkannya dan menempati tanaman tanaman air yang tertentu . Bila dimakan, tanaman tanaman ini menjadi sumber penyakit bagi manusia, Hewan.

Banyak sekali Trematoda usus terdapat pada lapisan luar sejenis bakung, Bila dimakan mentah, atau bila buah yang keras kulitnya itu dikupas dengan gigi, Trematoda yang kecil kecil tertelan, dan dalam kira kira 6 minggu berkembanglah menjadi cacing cacing dewasa.

Cacing cacing itu melekatkan dirinya pada selaput lender usus bagian atas dan makan dari pada bagian bahan makanan yang baru sebagian dicerna yang melalui saluran pencernaan. Pada saat yang sama, cacing cacing itu mengadakan Erosi pada selaput lender usus dan mengakibatkan pendarahan dan nyeri , seering diikuti dengan mencret hebat, perasaan mual dan muntah muntah, diselang selingi dengan sembelit.

Para pasien yang sakit keras karna penyakit ini mungkin mempunyai beberapa ribu cacing pada suatu waktu, dan kematian mungkin terjadi karena penyerapan zat zat racun yang dikeluarkan oleh parasit parasit itu.

Perawatan:

Crystoids anthelmintic atau Hexyresorcinol mujarap untuk mengobati Trematoda usus, Makanan encer yang ringan dimakan pada pada malam sebelumnya. Kemudian paginya sewaktu pengobatan diberikan makan tidak boleh diberikan, dan tidak satupun boleh dimakan selama empat jam sesudah memberikan obat itu. Takaran untuk hewan seperti Anjing / Kucing dengan dosis 300 mg / 10 kg berat badan, sedangkan untuk pemakaian pada sapi 100 mg / 10 kg berat badan dan untuk pemakaian di manusia dengan dosis 400 sampai 500 mg. tidak terikat pada berat badan.

Untuk Pengobatan dalam Kondisi Akut Berat Obat Cacing Anthelmintik ini diberikan selam 5 (lima) hari berturut.

Pencegahan:

Memasak baik baik semua sayur sayuran yang karena suatu hal sudah terkena penyakit ini sangatlah penting. Melindungi semua aliran air dari kontaminasi akan menolong juga. Dalam beberapa hal ada baiknya memberi perawatan kedua kalinya beberapa minggu sesudah yang pertama.

Jakaarta 29 juni 2010

Artikel ini sebagian dikutip dari buku kedokteran Prf, Health Kelly, Dr. Noel Bennet, Dr, Sally Murray dan Kerry Ann O’Grady

Dilarang keras Memindahkan artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis atau menhilangkan nama penulis.(Artikel ini dilindungi dengan undang undang)

Add comment


Security code
Refresh