Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Cacing Trematoda Darah penyebab radang hati & asma

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi Cacing Trematoda Darah

Schistosomiasis ( golongan Cacing Trematoda darah )

Oleh Darryl

  

Cacing Hati ALBENPLUS OBAT CACING ANJINGKUCING cacinghati2


"Cacing Trematoda Darah" Schistosomiasis,atau Bilharziasis,adalah suatu Penyakit menahun yang disebabkan oleh golongan cacing trematoda darah (schistosoma) atau Cacing pipih yang tinggal diberbagai bagian Aliran darah,Ada tiga jenis utama yang disebut mansonia,Japonium dan haematobium. Schistosomiasis merupakan suatu Infeksi Parasit yang paling serius yang kedua dari malaria.

Cacing cacing Trematoda darah dewasa hidup sampai dua puluh lima tahun,mengeluarkan beribu ribu telur setiap hari,mula mula sekali kedalam aliran darah hewan atau manusia yang terkena penyakit itu,

Dari situ masuk baik usus maupun kandung kemih dan dikeluarkan dari tubuh, Bila tiba di air tawar tempayak tempayak dari telur menetaslah dan sampai didapatnya siput yang cocok untuk ditembusinya,Disitulah dia hidup,Melalui dua generasi,dan kemudian meninggalkan tubuh siput itu sebagai suatu makhluk kecil,yang sedia menembusi makhluk hidup yang berikutnya.dan segera sesudah menyentuh kulit makhluk hidup seperti manusia atau anjing, hewan parasit itu menembus dan memasuki kapiler kapiler dan darai situlah diangkut ke jantung dan paru paru.Makhluk hidup yang minum air yang sudah dikotori itu malahan lebih lekas terkena penyakit itu.Kebanyakan dari parasit parasit itu dibinasakan oleh alat pertahanan tubuh. Tetapi cukup banyak cacing pipih ini hidup terus untuk mencari jalan masuk kepembulu pembulu darah yang menuju ke paru paru. disinilah parasit parasit ini tumbuh dengan cepatnya menjadi cacing cacing dewasa kira kira dua minggu sejak memasuki tubuh

Adanya parasit parasit ini di dalam tubuh menimbulkan gatal gatal yang nyata,pembengkakan,serangan asma,hati terasa sakit,barang kali karena radang hati. Mungkin ini diikuti dengan demam,mencret dan berak darah.,berat badan berkurang serta hilangnya nafsu makan.Perubahan perubahana karna peradangan menahun kelihatan pada berbagai bagai bagian tubuh dengan abses abses dan borok borok. Telur telur dari Schistosoma itu mungkin menetap didalam umbai usus buntu dan menimbulkan radang umbai usus buntu.

Abses abses kecil yang bermacam macam mungkin timbul didalam hati,dan akhirnya mendatangkan Cirrhosis (mengerasnya jaringan jaringan hati)terutama oleh infeksi dengan Jopanikum, Mencret biasanya terjadi.dan si sakkit sering mengalami kambuhnya penyakit yang terjadi terus menerus bertahun tahun lamanya.Berjenis jenis gangguan urat saraf timbul karena telur telur yang melalui sumsum tulang belakang.

Si sakit akan kehilangan orientasi, menderita sifat bingung,malahan kadang kadang mendapat serangan sawan,tergantung pada bagian otak mana yang terkena penyakit.

Hewan, Anjing, atau manusia yang menderita infeksi yang hebat pada paru paru. akan menderita sesak nafas,radang paru paru dan gagal jantung.

Cacing cacing jenis Trematoda pada kandung kemi menyebabkan peradangan hebat pada kandung kemih,dengan borok dan timbulnya polip polip kecil. telur dari parasit dibagian ini dikelilingi dengan kristal kristal asam urica. Gejalah yang mula mula mungkin sedikit saja,air seni bercampur darah, diikuti dengan lender dan nanah, Mungkin terdapat kenaikan suhu tubuh setiap hari. perasaan lemah dan nyeri tumpul pada kandung kemih. Kehilangan darah menahun membawa kepada Anemia dan kekurusan diikuti karna infeksi.

Infeksi Cacing Golongan Trematoda

Ada beberapa jenis yang berlain lainan,yang semuaanya mendapat jalan masuk ke tubuh hewan dengan perantaraan makanan atau air yang sudah terkena kotoran, semuanya tingal didalam alat alat pencernaan dan mengeluarkan telurnya beribu ribu setiap hari,telur telur ini dengan lekas menetas dan memasuki makhluk lain, serta mengalami sebagian dari daur hidupnya disana.

Trematoda Usus ( fasciolopsis buski) biasanya ,melalui suatu siklus banyak sekali trematoda usus terdapat pada lapisan luar sejenis bakung.

Trematoda kecil kecil,dalam kira kira tiga bulan berkembang menjadi Cacing Cacing Dewasa,Cacing cacing itu melekatkan dirinya pada Selaput Lender Usus bagian atas dan makan dari pada bahan makanan yang baru sebagian dicerna yang melalui saluran pencernaan,Pada saat yang sama,Cacing cacing itu mengadakan erosi pada selaput lender usus dan mengakibatkan pendarahan yang nyeri,serta sering diikuti dengan menceret hebat, perasaan mual dan muntah muntah, kadang kala diselang selingi sembelit.

Hewan yang sakit keras karna penyakit ini mungkin mempunyai beberapa ribu cacing, pada suatu waktu. Dan kematian mungkin terjadi, karena penyerapan zat zat racun yang dikeluarkan oleh parasit parasit itu. Diagnosa diadakan dengan menyelidiki tinja si sakit.

Perawatan : Crytoids anthelmintic dengan Albenplus (Albendazole + Levamisole dan Niclosamid) mujarab untuk mengobati trematoda usus. Makanan yang encer dan ringan dimakan pada malam sebelumnya,kemudian pada paginya sewaktu pengobatan tidak boleh diberikan makanan selama empat jam setelah pemberian obat.

Pencegahan Cacing Trematoda

Jangan diberikan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih,Melindungi semua aliran air dari kontaminasi akan menolong. Dalam beberapa hal ada baiknya memberikan perawatan kedua kalinya beberapa minggu sesudah yang pertama.

Jakarta 30 Januari 2010 00:58

Add comment


Security code
Refresh