Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

"Cacing paru paru" hidup selama 6 thn menjadikan borok

albenplus,obat cacing anjing,Infeksi cacing paru paru,Anjing sesak nafas

 

 

"Infeksi Cacing Paru-Paru"

(Paragonimus Westermai)

"Cacing paru paru" hidup selama 6 thn menjadikan borok

Oleh Darryl

Penyakit ini meluas didaerah timur,Terutama di Jepang,Taiwan, Korea, Tiongkok, Pilipina, dan seluruh Indonesia Penyakit itu Terdapat juga di di Afrika dan Amerika selatan.

Seperti halnya dengan trematoda-trematoda lain. Telur telur "Cacing paru paru" ini berkembang didalam air tawar,memasuki sejenis siput yang cocok dimana terjadi perkembangan dan perbiakan, kemudian memasuki jaringan yang lembut pada ketam atau kepiting dan udang.Manusia dan Hewan peliharaan ,seperti Anjing dan Kucing, mendapat penyakit ini karna makan kepiting dan udang mentah atau karena minum air yang mengandung kista kista.

Sekali sedah memasuki saluran pencernaan pada Anjing,Kucing,hewan atau manusia,parasit parasit ini berpindah melalui dinding usus, menembus melalui diafragma atau sekat rongga badan,dan memasuki paru paru, dimana meraka berkembang menjadi trematoda dewasa.dan kista kista yang berisi satu cacing atau lebih.Beberapa dari kista kista ini mungkin menjadi borok dan mirip dengan sarang sarang TBC.Alat alat tubuh yang lain,Seperti Hati, Limpa, Kelenjar kelenjar limfe, Jantung dan Otak mungkin juga terkena penyakit ini.

Kebanyakan pasien ini menderita batuk menahun yang lebih nyata pada pagi pagi benar.,dahak berisi darah,dan mungkin terdapat nyeri di dada dengan radang selaput dada. Sesak nafas, demam, dan kurang nafsu makan bila penyakit sudah berat.

Kebanyakan pasien ini menderita anemia yang tidak seberapa hebatnya. Bila mana otak dan susunan urat saraf pusat terkena penyakit ini, sisakit mungkin menderita penyakit ayan karna adalanya trematoda.

Penyakit trematoda paru paru yang disebut juga Paragonimiasis, mungkin sukar dibedakan dengan TBC.Pada hakekatnya,kedua penyakit itu mungkin terdapat pada pasien yang sama.Cacing Cacing istimewa ini hidup kira kira enam tahun,sehingga jika sisakit tidak kejangkitan kembali,penyakit itu berangsur angsur hilang,asal saja tidak ada komplikasinya dengan TBC atau penyakit lain yang serius.

Perawatan : Sayang benar,belum ada obat khusus untuk penyakit ini. Emetine Hydrochloride, dengan fluconix diberikan dengan suntikan melalui otot setiap hari selama 12 hari. Akan mengurangi produksi telur cacing cacing itu.

Chloroquine sudah pernah dicoba dengan berhasil. Juga obat cacing Albendazole + Levamisole. Tetapi infeksi infeksi yang serius pada otak hanya dapat disembuhkan dengan pembedahan.

Pencegahan :

Usahakanlah agar semua makanan laut dan makanan air tawar, seperti keliting adanhg tidak diberikan pada hewan peliharaan, pemberian air minum yang bersih serta tempat minum dicuci setiap hari. Untuk mencagah kemungkinan terjadinya penyakit ini.

Artikel ini dikutip dari buku kedoteran Dr. Rahadyan Sasongko

Jakarta 01Januari 2010 00:57

Dilarang keras Memindahkan artikel ini ke Web lain tanpa izin penulis, dan menghilangkan nama penulis (Artikel ini dilindungi dengan Undang Undang)

   

Add comment


Security code
Refresh