Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Pentingnya vitamin miineral elektrolit pada anjing

Vitamin Mineral dan Elektrolit

Oleh Darryl

Pentingnya vitamin miineral elektrolit pada anjing,vitamin miineral elektrolit untuk anjing,vitamin miineral elektrolit anjing,vitamin elektrolit anjing,vitamin miineral untuk anjing

Pentingnya vitamin miineral elektrolit pada anjing,

Meniral adalah elemen inorganic yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan, Mineral adalah bahan yang mempertahankan berbagai fungsi tubuh,termasuk pengaturan irama jantung,Pembentukan tulang dan fungsi pencernaan,Beberapa contoh mineral dan elektrolit yang yang teolah dikenal bermanfaat bagi kesehatan adalah:

Selenium

Merupakan mineral yang sangat penting dan harus dimiliki oleh tubuh untuk menghasilkan anti oksidan glutathione. Seleniumjuga merupakan anti oksidan yang bekerja sama dengan vitamin E auyntuk menangkap radikal bebas,yang berfungsi dalam mencegah kanker.z Selain sebagai anti oksidan yang kuat, Seleniumpenting bagi kesehatan otot,Sel darah merah, Bulu/Rambut, dan kuku, Selenium membantu melawan toksisitas logam berat seperti Catmium, Rasa, Dan perak. Ia melindungi tubuh dari penyakit Jantung, Arthitis, Disfungsi seksual, dan Penuaan, Menghambat oksidasi bahan bahan berbahaya, Menghambat pembentukan radikal bebas, Mengurangi efek toksik dari Zat penyebab kanker (Koasinogenik), serta memperbaiki efisiensi kerja jantung.

Fungsi lain dari selenium adalah :

1.       Merupakan anti oksidan yang sanggup mencegah virus virus berbahaya  dan merusak sel sel penyebab kanker,Karena mencegah perubahan karakter sel dan memperbaiki sel sel yang rusak karena oksidan.

2.       Merupakan bagian penting dalam pembuatan enzim anti oksidan yang menetralisir radikal bebas, Khususnya yang menyerang molekul molekul lemak.

3.       Pada waktu sel sel tubuh kekurangan  mineral ini (yang biasanya terjadi pada waktu kita/hewan mulai lanjut usia) maka system imun akan menurun efektifitasnya, sehingga beresiko besar terserang kanker,Infeksi, dan plak aterosklerotik (khususnya dengan mencegah penggumpalan darah dan oksidasi LDL), yang menyebabkan sumbatan pada pembulu darah ateri.

4.       Selenium membantu mengatasi depresi dan memperkuat fungsi mental serta meningkatkan aliran darah di otak.

5.       Dosis selebnium yang diperlukan setiap hari bias hingga 350 mikrogram setiap hari.

Seng

Kulit mengandung 20 % dari total seng didalam tubuh, Seng membantu membuang karbon dioksida (CO2) dari tubuh dan diperlukan  untuk menyembuhkan luka dan pembentukan tulang, seng memegang peranan penting dalam lebih 30 reaksi enzimatik, menjaga kesehatan mental,tonus otot (tagang otot), dan fungsi kelenjar prostat, Juga penting dalam meningkatkan system imun.

Seng membantu vitamin A membuat pigmen penglihatan,pigmen di retina yang dibutuhkan untuk penglihatan, Selain itu Seng memiliki peranan yang penting dalam kesuburan (fertilitas) pria. Kelenjar Prostat mengadung sejumlah besar seng, Dan mani (ejakulat) pria mengandung, beberapa milligram seng. Peneliti menunjukan bahwa diet yang rendah seng dapat cairan intrasel, hingga sepertiganya.

Tubuh menggunakan seng untuk menhasilkan berbagai enzim oksidasi dan terdapat bukti bahwa seng bekerja sebagai anti oksidan.

Fungsi lain dari seng adalah :

1.       Sebagai anti oksidan, Seng memberikan perlindungan secara umum terhadap serangan radikal bebas, Kekurangan seng bisa berbahaya, Karna dapat terserang kanker dan bentuk bentuk lain dari penyakit degenerative, seperti penyakit jantung dan stroke.

2.       Memperbaruhi fungsi kelenjar Thbymus yang sangat penting dalam system kekebalan, yang biasanya secara berangsur terus menurun daya kerja dan aktifitasnya setelah  usia pertengahan lanjut. Keatas.

Dosis seng untuk dewasa 15 – 50 mg per hari. Harus hati hati, karena mengkomsumsi makanan yang mengandung seng terlalu tinggi, malah dapat mengganggu system kekebalan.

Kalium ( Potasium )

Kalium terlibat dalam mengatur keseimbangan elektrolit tubuh dan 98 % ditemukan dalam cairan intrasel, sedangakan natrium (sodium) berada diluar sel.Kalium bekerja sama dengan magnesium dan kalium untuk mencegah kesehatan otot – termasuk otot jantung – untuk dapat berkonsentrasi dan berelaksasi dengan baik. Dengan mempertahankan kestabilan denyut jantung dan menyeimbangkan natrium untuk mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, Kalium membantu mengendalikan tekanan darah, Kalium juga diperlukan untuk pertumbuhan yang normal, reaksi enzim, serta metabolisme carbonhidrat dan protein. Kalium membantu mengeluarkan  racun dari ginjal, bekerja sama dengan fospor untuk mengirim oksigen ke otak.

Akibat kekurangan kalium dapat menyebabkan henti jantung , hipertensi, menurunnya fungsi horman adrenal. Dan otot kehilangan fungsi kontraksinya. Dosis dewasa per hari 3,5 g.

Natrium (Sodium)

Natrium merupakan elektrolit yang paling aktif,bahkan turut membantu penyimpanan kalsium ditulang, Apabila dalam tubuh terlalu tinggi natrium akan dikeluarkan melalui air seni dengan menyertakan sejumlah besar kalium. Hal ini dapat membahayakan dan memberatkan fungsi jantung, karena jantung selalu membutuhkan pasokan kalium yang cukup. Terlalu banyak makan garam dapat (lebih dari 5 gram sehari ) menimbulkan rasa haus dan menahan air dalam tubuh, sehingga menyebabkan hipertensi.

Natrium terlibat dalam proses hidup yang penting seperti transmisi saraf, Merawat dan member makann sel. Stabilitas keseimbangan asam basa, kontraksi dan relaksi otot, dan sebagainya. Dosis natrium untuk dewasa adalah 2,4 gram sehari.

Sulfur

Sulfur adalah bagian dari struktur dua asam amino, Kita memperoleh sulfur dari asam amino seperti dari Metionin dan sistin, Yang ditemukan dalam rambut/bulu, kulit, kuku, dan sendi, serta vitamin B1 dan Biotin. Sulfur dalam tubuh diperlukan untuk meminyaki (lubrikasi) sendi, sintetis  kolagen, pembuatan empedu, juga dalam membentuk insulin..Dosis khusus untuk dewasa tidak ada, tidak diketahui.

Klorida

Klorida membentuk garam bersama natrium dan kalium, baik dalam makanan maupun dalam tubuh berupa cairan. Kelebihan klorida dikeluarkan melalui keringat atau air seni.Konsentrasi tertinggi terdapat dalam saluran pencernaan dan cairan screbrospinal otak. Biasanya kita tidak akan kekurangan klorida.

Klorida mambantu  sel darah merah membuang karbondioksida dan membantu natrium serta kalium dalam mengirim impuls saraf dan bergabung dengan elektrolit lainnya untuk mempertahankan keseimbangan asam basa tubuh. Klorida diperlukan untuk memproduksi asam hidroklorat bagi lambung yang membuat lambung asam, olehnya enzim pepsin dapat memecah protein.

Sumber klorida sama keduanya juga terdapat klorida sebagai ikatannya Dosis Klorida untuk dewasa 3,4 g per hari.

Kalium

Kalium merupakan mineral  terbanyak ditubuh kita khususnya penting untuk kesehatan tulang dan gigi.. Terlibat dalam proses transmisi saraf ke otot, penting dalam proses pembekuan darah. Kalium sebagai antioksidan cenderung lebih efektif ketika melawan kanker usus besar (kolon).

Kalum juga berguna untuk menyelamatkan dan memperbaiki system kardiovaskuler, Khususnya dengan menurunkan tekanan darah yang tinggi (dan juga menurunkan kolesterol I.D.L.), serta memperbaiki kerusakan pada balik kiri jantung (mengurangi pembengkakan)

Dari semua mineral yang dibutuhkan agar tetap awet muda, maka kalium memegang peranan yang sangat penting, Tulang bukan hanya berfungsi sebagai “gudang” mineral tubuh, Jika diet tidak memadai, maka tubuh akan mengambil mineral penting ini dari tulang. Jika diet rendah kalium dilakukan dalam waktu yang lama, maka tulang menjadi keropos dan rapuh, kondisi yang  dikenal sebagai Osteporosis , karena dihancurkan untuk memenuhi  asupan yang kurang. Ketika kalium mengalami deficit, Tubuh tubuh akan benar benar mengalami penyusutan berat dan tinggi badan, dan tulang menjadi mudah patah. Utamanya  patah tulang panggul, adalah penyebab kecacatan yang utama pada yang lanjut usia.

Masalah yang lebih buruk terjadi pada wanita/hewan betina, yang memiliki masa tulang lebih sedikit dibandingkan hewan jantan/ pria. Yang berarti cadangan kalsium dan mineral lain juga lebih sedikit, karenanya mudah terkena osteoporosis, selain itu, setelah monopouse tidak lagi menghasilkan cukup hormone estrogen, suatu hormone yang mempertahanklan kalsium tubuh, Ditambah lagi masa masa kehamilan, menusui dan melakukan diet penurun berat badan yang tidak tepat, kurang berolah raga, minuman ringan berkarbonasi, betina /wanita akan kehilangan 30 % masa kalsiumnya pada usia lanjut.

Kalsium bekerja hampir dimana saja didalam tubuh.Termasuk dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida tubuh, Asupan Calcium yang tidak mencukupi juga dapat menyebabkan katarak.

Calcium juga berfungsi merelaksasi pembulu darah dan membantu tubuh membuang kelebihan natrium, Oleh sebab itu Calcium memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah, Dalam satu penelitian,pasien hipertensi diberikan 1.000 mg Calcium setiap hari. Hasilnya mereka mengalami penurunan tekanan darah sebesar 10 poin, sehingga cukup untuk mengurangi kebutuhan akan obat penurun tekanan darah.

Mendapatkan Calcium yang cukup dapat mencegah hilangnya Calcium dari tulang dan gigi. Untuk mencegah pipi menyusut, yang diasosiasikan tanda proses penuaan dan defisiensi calcium. Calcium dan vitamin D secara bersama sama membentuk senyawa yang melindungi tubuh dari kanker kolon dan rectum dengan membuang asam lemak yang memiliki kemampuan karsonogenik.

Setiap 3 bulan berentilah mengkonsumsi Calcium selama seminggu untuk memberikan kesempatan pergantian tulang lama dengan yang baru, untuk mendapatkan Calcium sebesar 1.000 mg, dapat dipenuhi dengan menyerap brokoli 41/2 pound, lebih dari 3 cangkir almond mentah, 5 cangkir biji wijen mentah,230 buah prem,minum susu 250 cc atau makan seperempat pound keju setiap hari.

Oksalat

Oksalat merupakan mineral yang pada umumnya berfungsi sebagai pengikat Calcium, dan membentuk Kristal bersama Calcium dalam bentuk batu (ginjal), Oksalat yang ada dalam air kemi dapat berasal dari dalam tubuh.

Fosfor

Fosfor adalah merupakan sala satu mineral pembentuk tulang, penting bagi reproduksi sel, yang mengubah carbonhidrat menjadi tenaga, dan menstabilkan keseimbangan asam basa darah, Jarang terjadi kekurangan fospor dalam tubuh karena fosfor hampir selalu terdapat dalam makanan sehari hari yang dikonsumsi.

Fosfor memiliki banyak fungsi dalam tubuh,misalnya Adenosin trifosfat dibuat dalam sel untuk mengumpulkan energy, Bentuk fosfatidikolin dalam lesitin, Fosfor bersama dengan kolesterol membentuk lapisan pelindung yang membentuk bagian putih otak,melapisi sumsum tulang belakang, dan saraf. Sebagian besar enzim  dan vitamin B dapat bekerja dengan adanya fosfor, termasuk memproses makanan yang mengandung protein, Karbonhidrat dan lemak.

Sebagai bagian dari ion fosfat (PO4) fosfor membantu perjalanan nutrisi menuju sel dan mengeluarkan sisa makanan, dari sel. Fosfor diperlukan untuk kesehatan saraf dan jantung.

Magnesium

Magnesium pada tubuh ditemukan dalam tulang dan gigi bersama dengan Calcium dan fosfor, kegunaan lain dari magnesium adalah sebagai pengeluaran enzim untuk membantu otot jantung mengendur saat relaksasi. Jumlah magnesium dalam tubuh bergantung dari berapa banyak calcium yang ada. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kejang otot, termasuk gangguan irama jantung, magnesium membantu proses asimilasi vitamin C, Vitamin B Komplex, dan protein. Enzim enzim diddalam tubuh yang memetabolisme energy membutuhkan magnesium untuk melakukan fungsinya, Jadi magnesium ditemukan didalam semua sel tubuh, itulah sebabnya defisiensi magnesium dapat membuat merasa lelah sepanjang waktu.

Mineral ini membantu saraf mengirimkan signalnya secara efisien.

Penderita 9MIs.Diabetes) yang mengalami defisiensi magnesium lebih besar kemungkinannya mengalami diabetic retinopati , komplikaasi yang menyebabkan kerusakan pada retina mata.

Magnesium juga memiliki peranan dalam membantu mengatur pemasukan dan pengeluaran Calcium dari sel pembulu darah, membantu mengendalikan tekanan darah, bila kadarnya rendah dapat menjadi batu ginjal, mencegah pembentukan bekuan darah dipembulu darah,jadi menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. Dan mungkin memiliki peranan penting pula dalam mencegah Osteoporosis.

Dosis harian magnesium 300 – 400 mg per hari. Konsumsi suplemen yang terbaik adalah Magnesium glukonat, magnesium oksida dan magnesium klorida.

Mangan

Pada dewasa pada umumnya terdapat mangan antara 10 – 20 mg dalam tubuhnya,yang sebagian besar disimpan dalam hati, ginjal, dan tulang dalam tubuh. Mangan berfungsi sebagai koenzim yang diperlukan untuk mengaktifkan enzim dalam melawan radikal bebas, memetabolisme lemak, kolesterol,Protein dan mensintesa asam nukeat R N A, Bersama Seng, angan mengaktifkan system enzim, Mangan mengaktifkan aktifitas neorotransmiter otak acetylcholine, Membantu menstabilkan kadar gula darah, Mangan juga diperlukan untuk memproduksi neorotrans,iter dopamin.

Kekurangan Mangan dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, luka dikulit, gangguan saraf, degenerasi tulang dan tulang rawan.lempeng tulang belakang, epilepsy, skizofrenia, denyut jantung tidak teratur, gangguan kesuburan, cact lahir, serta gangguan pertumbuhan tubuh.

Besi

Besi meningkatkan pembentukan hemoglobin yaitu bagian dari sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru paru menuju darah, lalu dialirkan keseluruh tubuh, Besi juga terdapat dalam hemoglobin, yang membawa oksigen dari hemoglobin ke jaringan  otot. Bentuk besi yang lain, Feritin adalah protein yang menyimpan besi dalam hati. Limpa dan sumsum tulang, Transferin merupakan protein pembawa zat besi yang sudah tersedia, Feritin dalam jumlah kecil terdapat dalam otak sebagai kofaktor dalam sintesa neorotransmiter dopamine, serotonin, dan noradrenalin. Enzim yang mengadung besi mencegah peroksida, mengubah makanan menjadi tenaga, dan meningkatkan kandungan air dalam sel, kekurangan besi banyak terjadi pada indukan hamil/wanita hamil, dan anakan pada hewan.

Besi memiliki peranan penting dalam pembentukan energy bagi seluruh tubuh,Stres, menstruasi, latihan berat, pantang sayuran dapat menhabiskan zat besi dari tubuh.

Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan anemia,kelelahan , sulit konsentrasi, lesu, depresi ringan, dan hilang nafsu makan, Itu disebabkan karena tubuh butuh banyak besi  untuk membuat 2,5 juta sel darah merah setiap detiknya.

Fluoride

Fluoride berada dalam air minum sebanyak 1 part per million (ppm)/bagian per  juta.

Fluoride memperkuat gigi, dan memperkuat tulang, meningkatkan pendengaran, mengurangi plak pembuludarah, Namun pada kadar yang tinggi dapat menyebabkan kerugian bagi tubuh, misalnya kadar  4 – 8 ppm mengakibatkan gigi berbintik bintik. 8 – 80 ppm tendon dan ligament mulai mengalami pengerasan dan degenerasi hati serta organ tubuh lainnya, sampai terjadi kematian. Pada makanan  terdapat dalam bentuk fluor Calcium, dalam air minum dalam bentuk fluor sodium.

Kromium.

Kromium dikenal sebagai “Glucose Tolerance Factor” (GTF),Karena menormalkan kadar gula darah dengan menurunkan “resistensi Insulin” .Kromium dapat mencegah atau mengobati kanker. Karna untuk dapat hidup, sel kanker memengaruhi metabolisme carvbonhidrat sehingga kadar gula darah lebih tinggi sebagai makanannya, sedangkan Kromium menstabilkan kadar gula darah sehingga mengurangi makanan bagi sel sel kanker.

Kromium juga membantu menormalkan berat badan dan kadar kolesterol. Meningkatkan asupan Tryptophane dan sintesa serotonin, sehingga  memiliki antistres,Menjaga kesehatan jantung dan energy yang tinggi.

Kromium sangat penting dalam membantu insulin tubuh mengendalikan kadar gula darah. Jika kadar gula darah tidak dikendalikan dapat timbul penyakit diabetes. (kadar gula tinggi) atau Hipoglikemia (kadar gula rendah).

Para ahli gizi mengatakan bahwa sebagian besar manusia diambang menderita kekurangan / defisiensi kromium. Karna terlalu banyak mengkonsumsi gula dan gandum halus dalam dalam jumlah besar. Makanan seperti itu akan menambah sejumlah besar karbonhidrat kedalam tubuh, tetapi kromiumnya telah hilang. Karna gandum halus diproses secara berlebihan dan kromium terdapat dilapisan luarnya.

Saat kita bertambah tua, tubuh tidak dapat menyimpan kromium dalam jumlah yang besar lagi, dan jika kita tidak mendapatkannya dari makanan, kita dapat mengalami defisit kromium bahkan mengalami diabetes atau hipoglikemia dan radang saraf.

Kromium juga menurunkan kolesterol LDL, (kolesterol jahat). Banyak orang yang merasa “ Kecanduan” makanan manis akan berkurang kecanduannya saat mereka mulai menggunakan suplemen kromium.

Orang dewasa harus mendapatkan antara 50 -400 mikrogram setiap hari, Kromium sulit diserap tubuh, hanya 2 – 10 % dari yang anda makan yang akan masuk ke dalam tubuh. Inilah sebabnya suplemen sangat aman,tidak akan terjadi over dosis.

Tembaga

Tembaga adalah mineral penting bagi enzim yang membantu membuat hemoglobin sel darah merah, tembaga dibutuhkan untuk mengubah lemak dan karbonhidrat menjadi tenaga. Tembaga memegang peranan dalam membentuk tulang yang kuat dan melindungi diri dari penyakit jantung, Bersama seng dan vitamin C, Tembaga membentuk Elastin. Inilah mengapa ia sering kali disebut “saudara kembar Zat besi. Tembaga penting untuk proses penyembuhan menghasilkan energy, i warna rambut/bulu dan kulit. Kepekaan indra perasa. Tembaga juga diperlukan untuk kesehatan saraf, penting untuk pembentukan kolagen, melindungi membran sel, dan membantu pembuatan neorotrasmiter noradrenalin. Tembaga mendukung system kekebalan dan  merupakan unsur didalam superoksida dismutase (SOD), suatu antioksidan alami. Tembaga membantu sintesa fosfolipid  yang dibutuhkan untuk membuat lapisan saraf, melindungi lemak tak jenuh ganda menjadi tengik, mengubah Terosin menjadi Melanin yang mewarnai bulu/rambut dan kulit. Dan terlibat dalam penyembuhan jaringan yang rusak, serta diperlukan pada produksi RNA dan metabolism protein.

Kekurngan tembaga menyebabkan osteoporosis, tukak lambung, lemah, gangguan pernafasan,  sakit kulit, dan anemia karna zat besi dapat diasimilasi.

Kelebihan tembaga akan menimbulkan gejala sakit kepala,pusing,muntah,sakit perut dan diare. Bahkan sampai koma atau kematian.

Dosis untuk tembaga untuk dewasa 2 – 3 mg setiap hari. Defisiensi tembaga jarang ditemukan, tetapi sebagian besar hanya mendapatkan setengah kebutuhan tembaganya.

Yodium

Yodium membantu memetabolisme lemak yang berlebih dalam tubuh. Mineral ini dibutuhkan dalam perkembangan fisik dan mental yang sehat,mencegah penyakit gondok dan menjaga kelenjar tiroid tetap normal. Tugas yodium dalam tubuh adalah memasuki kelenjar tiroid  dan menjadi bagian dua hormone tiroksin,Yaitu T3 dan T4, yang mengontrol metabolism basal tubuh. Yodium memegang peranan peranan penting dalam mempertahankan kesehatan dan kenyamanan. Hormon tiroid masuk kedalam darah dan mencapai sel sel tubuh, bertemu dengan enzim yang mengandung zeng dan tembaga, Lalu diubah menjadi sebuah bentuk yang mempengaruhi produksi  tenaga didalam sel. Kekurangan yodium meningkatkan risiko kanker payu darah. Dosis yodium yang dibutuhkan dewasa 150 mikrogram sehari.

Kobalt

Kobalt yang bermanfaat bagi manusia/hewan adalah yang terdapat pada vitamin B12, diluar itu kobalt dapat membahayakan kesehatan. Dalam sayuran tidak ada kobalt seperti yang terdapat dalam vitamin B12. Dosis dewasa tidak ada.

NIkel

Fungsi nikel dalam tubuh adalah untuk mengaktifkan enzim dalam metabolism hormon, Lemak,dan melindungi membran sel,serta mengaktifkan enzim tripsin, arginase, dan karboksilase dalam hati. NIkel juga berperan membantu zat besi memproduksi hemoglobin. Kekurangan nikel dapat memperparah kekurangan zat besi. Sehingga terjadi anemia.

Dosis dewasa adalah 5 – 15 mikrogram/kg berat badan sehari.

Timah putih

Timah putih berperan sebagi pelengkap zat besi dalam memproduksi hemoglobin, Timah putih yang baik adalah yang berasal dari makanan, bukan dari yang lain seperti polusi udara. Dosis timah putih untuk dewasa adalah 4 mg sehari.

Germanium

Germanium berfungsi meningkatkan system imun, menormalkan tekanan darah,disfungsi system imun, mencegah keropos tulang (antiosteoporosis), Germanium juga memiliki aktifitas antitumor dengan meningkatkan aktifitas sel macrophage sel.yang berfungsi memakan kuman, benda asing, virus menghambat efek metastasis kanker dengan meningkatkan interferon. Germanium meningkatkan efektifitas pengambilan oksigen dalam sel.  Dosis dewasa adalah 50 – 250 mg sehari.

Molybdenum

Molybdenum banyak terdapat dalam makanan, sehingga tubuh jarang kekurangan, Molybdemum dibutuhkan oleh tiga enzim utama  untuk metabolism besi dari hati, metabolism lemak, dan memecahkan sulfit. Moltybdemum juga penting untaauk metabolism nitrogen. Menjaga fungsi sel tetap normal.kekurangan molybdemum dapat menyebabkan kanker ulut dan gusi, juga impoten pada pria, kelebihan molybdemum dapat mengakibatkan demineralisasi tulang. Dosis dewasa mineral ini adalah 75 microgram sehari.

Boron

Boron penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang melalui penyerapan Kalcium oleh tubuh. Melalui peranan tersebut boron memperlambat terjadinya osteoporosis post monopouse pada wanita / hewan betina.bermanfaat pada pengobatan arthritis, dan membangun otot otot, Semakin banyak bukti yang menyatakan bahwa boron penting dalam mempertahankan kemudaan tulang, Boron bekerja sama dengan vitamin D, Kalcium, dan fospor, membantu mencegah agar tulang tidak kehilangan calcium dan mineral yang lainnaya. Selain itu Boron juga meningkatkan hormone estrogen dan testroteron.Dosis boron untuk dewasa adalah 1,5 – 3 mg sehari.

Vanadium

Vonadium sebagian besar terdapat dalam jaringan tubuh dan membantu mengatur sodum (natrium) tubuh, metabolism seluler dan pembentukan tulang, serta gigi, berperan dalam pertumbuhan dan reproduksi, serta menghambat sistesa kolesterol. Kekurangan vanadium dihubungkan dengan penyakit jantung, ginjal, bulu rontok/ rambut, gangguan kulit, pertumbuhan terhenti, luka dikulit, kemampuan reproduksi yang terganggu dan meningkatkan kematian bayi. Dosis dewasa 10 – 30 mg sehari.

Arsen

Dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit, dan kegunaan sesungguhnya belum diketahui dengan pasti.Kekurangan arsen pada tikus dihubungkan dengan pertumbuhan terhenti, bulu kasar dan limpa membesar. Dosis dewasa adalah maksimum 0.002 mg/kg berat badan sehari.

Jakarta 19 Januari 20011

Dilarang keras mengutip dan memindahkan artikel ini ke web lain,tanpa izin penulis ataupun menhilangkan nama penulis,apa bila terjadi pemindahan cantumkan sumber pengambilannya.