Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Pentingnya "protein" untuk "anjing" dan "kucing"

PROTEIN UNTUK KESEHATAN

Oleh Darryl

Pentingnya "protein" untuk "anjing" dan "kucing", Setiap penyayang hewan Anjing dan Kucing, selalu ingin melihat hewan kesayangannya menikmati makanan mereka,Memberi makan kepada hewan peliharaannya merupakan pekerjaannya yang utama,mungkin ia tidak dapat mengumpulkan banyak uang,tetapi disinilah tempat dimana ia dapat bercahaya.Ia harus membiasakan dirinya untuk menyediakan sajian yang menarik,supaya hewan kesayangannya selalu mengingat kesempatan yang berbahagia dengan perasaan terima kasih yang sedalam dalamnya.

Untuk mengetahui makanan apa yang harus dibeli dan bagaimana menyediakan dan menyajikannya,memang memerlukan pengalaman dan kecakapan, semua makanan harus myang dapat menimbulkan selera,semuanya harus pula seimbang benar,untuk mengerti lebih banyak mengenai makanan dan fungsinya

Mengapa hewan/ mahluk hidup perlu makan ?

Jika kita memeriksa tubuh mahluk hidup kita dapati ,bahwa tubuh itu bagaikan suatu keluarga sel yang amat besar,dan semua mempunyai tugas tertentu, beberapa sel terjalin bersama sama didalam bentuk otot yang kuat, yang lain pulah berjalan keras dalam susunan urat saraf,sibuk memberikan berita kian kemari bila diperlukan oleh tubuh, sedang yang lain lagi mempunyai tugas untuk menguatkan tubuh dan menyediakan kestabilan dengan perantaraan tulang,persendian dan otot pada hewan

Pada permukaan Otak mempunyai sejenis sel yang yang memungkinkan hewan untuk berpikir,Setiap hal / reaksi yang terjadi didalam tubuh mahluk hidup,dijalankan oleh satu jenis sel atau yang lain. Inilah yang namanya hidup.semua sel harus diberi makan dan dipelihara.

Bagaimanakah hal ini dilakukan ?

DEngan bahan yang kita beriikan pada mahluk hidup,makan dan minumsemuanya sangat penting bagi kesehatan hewan.

Kehidupan sel sel dalam tubuh

JIka anda menjamah sepotong logam pada hari yang sejuk,rasanya dingin dank eras,tetapi kulit mahluk hidup terasa lembut dan panas, Mengapa ?

Sebab kulit berdenyut dangan kehidupan.Logam itu dingin dan mati kulit yang lembut dan panas itu hidup.Kulit itu terdiri dari sel sel hidup yang tidak terkira jumlahnya,masing masing dengan tugas yang tertentu.

Apakah hubungannya hal ini dengan makanan ?

Tiap sel dalam tubuhvtergantung pada makanan yang dimakannya agar tetap hidup. Setiap makanan yang dimakan menentukan kesehatan dan penyakit, kehidupan atau kematian,dari makanan yang dimakan,setiap sel baik didalam tulang,otot,urat saraf maupun didalam kulit membentuk Protoplasma menurut jenisnya sendiri,Inilah bahan yang hidup yang membentuk semua sel.Protoplasma adalah bahan baku untuk semua yang hidup.termasuk pahon.Protoplasma terbuat dari protein dalam makanan,sebab itu usahakanlah mendapatkan protein yang baik.

Didalam Protoplasma itu sendiri terdapat kuasa untuk pergerakan,pembiakan dan pertumbuhan.

Sel hidup menghisap makanan dari cairan yang disekelilingnya,cairan yang selalu beredar oleh pertolongan jantung,SElama masa pertumbuhan setiap sel menjadi besar kemudian dengan tiba tiba pecah menjadi 2 sel kecil, masing masing samabesar dengan yang asli sebelum terjadi pemecahan.Dengan demikian Protoplasma yang semula itu, kini manjadi ganda,hal initerus menerus terjadi selama hewan ini hidup tumbuh.dan bila ia sudah sempurna pertumbuhannya,proses pertumbuhan dan pemecahan ini berhenti dengan tiba tiba dan tidak diteruskan lagi kecuali untuk perbaikan atau pergantian sel sel yang rusak oleh adanya luka dan penyakit.

Apa penting Protein bagi mahluk hidup ?

Mengapa Protein atau zat putih telur amat penting didalam makanan? Dari prtein inilah Protoplasma yang hidup didalam sel itu dibuat,sebagian dari tenaga ini diperlukan untuk pertumbuhan sel,yang sisa dipakai untuk pekerjaan yang dilakukan oleh sel itu untuk panas yang dihasilkannya,itulah yang menjadikan mahluk tetap hangat dan hidup,sel sel akan mempartahankan suhu tubuh yang sama tanpa menghiraukan cuaca.

Protein,Hidrat arang, dan lemak digunakan didalam tubuh,hidrat arang dan lemak menyediakan tenaga untuk semua sel tubuh.

Protein diperluka untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.

Protein adalah kelompok zat zat yang paling penting rumit diketahui dalam bidang ilmiah

Protein diperluka terus menerus untuk perbaikan jaringan yang rusak.

Protein penting untuk pertumbuhan tulang dan otot yang kuat pada anak hewan yang sedang tumbuh dan diperlukan juga seumur hidupnya.

Setiap Protein berisi sejumlah building bloks atau asam amino,yang selalu diatur dalam urutan tertentu menurut jenis proteinProtein yang lebih rumit mempunyai lebih banyak lagi asam amino.Cara mengatur asam amino ini selalu penting,perubahan 1 atau 2 atom kecil didalam molukul protein sekalipun mungkin menghasilkan zat yang berbeda.beberapa protein seperti albumin,mudah selaki larut didalam iar, yang lain seperti globulin,hanya dapat dilarutkan didalam cairan garam baik albumin ,maupun globulin terdapat didalam peredaran darah bersama sama dengan banyak macam protein ya g lain,yang semuanya perlu untuk kehidupan, semua protein didalam tubuh terus menerus diubah dan digunakan. Ini berarti bahwa protein itu harus selalu diganti dengan yang baru. Untuk maksud ini kita harus mempuntyai kesediaan protein disetiap makan pada setiap waktu.Sebelum diserap oleh tubuh, semua protein didalam makanan harus dipecahkan terlebih dahulu menjadi asam amino, ini terjadi didalam usus kecil. Dari situlah pecahan protein ini di angkut oleh peredaran darah ke hati, dimana protein itu diubah dan disimpan serta siap untuk digunakan dalam waktu mendatang,Didalam segala jaringan,pecahan protein ini akhirnya disenyawakan kembali dengan sejenia protein yang diperlukan oleh setiap macam sel.

Dari mana Sumber Protein ?

Protein terdapat didalam hamper segala makanan,tetapi ada makanan yang mengandung lebih banyak dari pada yang lain,makanan yang banyak mengandung protein ialah susu,telur,keju, daging,ikan, biji bijian yang masih berkulit ari.ercis, kacang tanah, dan kedele, karna daging itu umumnya mahal, banyak pemeliharan anjing yang tidak sanggup membelinya atau tidak rela.untunglah kombinasi sayuran dengan biji bijian biasanyadapat mencukupi semua protein yang diperlukan oleh mahluk hidup seperti manusia dan hewan.

Susu dan sejenisnya merupakan suber protein yang terbaik.Umumnya sumber protein yang terbaik.Protein dari sumber ini mudah dicernakan dan diserap oleh tubuh,Susu mengandung protein yang sempurna dan juga menyediakan calcium dan fosfor dalam proporsi yang tepat benar untuk anak anjing yang sedang tumbuh dan untuk indukan yang sedang menyusui,tetapi meskipun susu merupakan makanan yang sebaik itu,kita masih harus berhati hati,karna susu itu mudah sekali dikotori oleh kuman kuman penyakit,baik selama proses pemerahan,maupun selama disimpan,sebab itu susu harus dimasak,atau disinar x selama 20 detik untuk mematikan kuman atau bakteri yang ada.

Daging merupakan sumber untuk protein,didalamnya terdapat pula zat besi,fosfor dan berupa vitamin B-Complex,Tetapi semua daging binatang mengandung sejenis sampah yang harus dikeluarkan oleh ginjal, ini berarti pekerjaan tambahan untuk tubuh dan juga membawa kesulitan bagi mereka yang ginjalnya yang mungkin sudah dirusakan oleh penyakit.meskipun demikian anjing yang tidak makan daging harus diketahui dengan pasti bahwa ia mendapat cukup protein dari makanan lain,seperyti kacang kacangan,biji bijian yang masih berkulit ari dan selanjutnya.

Dilarang memindahkan artikel ini ke Web lain, atau menghilangkan nama penulis, tanpa seizin penulis.

Jakarta 18 desember 2009