Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

"Memahami manfaat vitamin D untuk anjing dan kucing"

VITAMIN D

Oleh Darryl

Vitamin "D" diperlukan untuk "pertumbuhan tulang" yang kuat dan sehat, Fungsinya yang utama ialah untuk memelihara konsentrasi "Calsium" dan "Phospor" yang tepat didalam tubuh pada "anjing", "kucing". Hal ini penting sekali bagi anak anjing maupun anak manusia yang tulang tulangnya masih tumbuh dengan cepat.

Kekurangan Vitamin D mengakibatkan kelainan bentuk yang serius pada tulang tulang, Keadaan seperti ini disebut rachitis, Tulang menjadi lunak dan mudah menjadi bengkok. Oleh tarikan otot otot yang tidak henti hentinya, Persendian kehilangan bentuknya dan tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya. Pada anak anjing atau anak manusia mungkinterlihat gejala tulang tengkorak menjadi lunak, Kepala mungkin merata pada pihak sebelah, Dadapun berubah bentuk

Anak bayi yang lahir sebelum waktunya mudah mendapat rachitis, Sebabitu mereka harus diberikan cukup Vitamin D. Lebih besar pula bahayanya bagi anak anjing ataupun anak manusia yang berwarna kehitam hitaman yang tinggal ditempat yang dingin iklimnya. Karena condongnya matahari, Rachitis lebih sering terjadi selama musim dingin, Awanpun menghalangi sinar ultraviolet. Inilah yang sering terjadi kesulitan bagi anak yang sedang tumbuh. Pada dewasa ini pemakaian susu yang sudah dikenai sinar mata hari ultraviolet yang banyak mengandung banyaaka Vitamin D ,Banyak mengurangi pemakaian ini, Bayi yang dipelihara dengan susu ibu saja lebih mudah mengalami rachitis,terutama bila makanan induk /ibu tidak seimbang.

Sumber terbaik untuk Vitamin D ialah kuning telur, Minyak Ikan dan susu yang sudah disinari dengan Vitamin D.Pada tubuh manusia menghasilkan sendiri banyak Vitamin D Oleh karena pengaruh cahaya sinar mata hari. Minyak alam di kulit diubahkan dari banyak sekali vitamin D. Warna kulit karena sinar matahari merupakan jalan yang baik sekali untuk memperoleh Vitamin D.Didaerah daerah yang cahaya mataharinya kurang, Pemakaian radiasi Ultraviolet digunakan untuk mencapai maksud yang sama. Tetapi berjemur di panas mata hari atau sinar matahari atau sinar buatan yang sudah berlebih lebihan harus dihindarkan .Kalau tidaak kulit akan terbakar, Pemakaian tablet Vitamin D yang berlebihan mungkin mengakibatkan sakit.

Vitamin D adad 10 turunan,Tetapi yang terpenting adalah Vitamin D2 dan D3 (Calsiferol dan Cholecalciferol). Sumber minyak ikan,Susu,Hati,Kuning telur,Kerang, Mentega.

Fungsi:

Mengendalikan kadar Calcium dan Fospat dalam darah. Dengancara meningkatkan absorpsi Calcium dari usus dan tubuli Renalis.

Defisiensi:

Berkurangnya Absorpsi Ion sehingga kadar Ca da Fospat menurun dalam darah dan terjadi kelainan pembentukan tulang dan gigi, Terutama pada anak anjing ataupun anak manusia yanhg disebut penyaki rachitis.

Hipervitaminosis D ( lebih dari 50000 unit / hari) dapat menyebabkan mobilisasi pada pembulu darah, Jaringan dan Jantung.

Jakarta 11 September 2010