Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Manfaat vitamin untuk anjing dan kucing

Oleh Darryl

Manfaat dan pentingnya Vitamin untuk Anjing dan Kucing

Vitamin berasal dari kata Vita yang artinya Penting dan Amin, artinya senyawa amino (NH2), "Vitamin adalah senyawa organic yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah terbatas,Sebagian besar tidak dapat dibuat oleh tubuh anjing atau kucing tetapi diperlukan dari luar dan bermanfaat untuk memelihara pertukaran zat yang normal. Sebagian kecil vitamin dibuat oleh Flora usu dengan bahan dasar makanan dari luar yaitu vitamin K dan beberapa komponen vitamin B Kompleks.

Kegunaan Vitamin:

  1. Sebagai bagian dari Enzim (Coenzym)
  2. Membantu mengatur proses Metabolisme.
  3. Mempertahankan fungsi berbagai jaringan,Misalnya jaringan Eapital,Cologen,dll.
  4. Mempengaruhi pertumbuhan Zat zat tertentu dalam tubuh.

Vitamin dikelompokan menjadi 2,yaitu:

1-Vitamin yang larut dalam air,Yaitu vitamin B Kompleks dan Vitamin C.Vitamin ini sedikit disimpan dalam jaringan tubuh,sebagian besar diekskresikan melalui air kencing sehingga tidak terjadi cumulative action.

2-Vitamin yang larut dalam lemak: Yaitu A,D,E,K. penyerapannya bersama lemak,sehingga gangguan penyerapan lemak akan terjadi juga difisiensi vitamin ADEK,missal pada penderita Hepatitis, Obstruksi empedu dan lain lain. Vitamin ini tidak banyak diekskresi sehingga menyebabkan cumulative action. Penyimpana paling banyak di dalam hati sehingga apabila kekurangan baru nampak sejalanya setelah 1 tahun.

Jakarta 8 Agustus 2010