Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

"Manfaat Vitamin C di Anjing/Kucing"

VITAMIN C

Oleh Darryl

Vitamin "C" atau Ascorbic Acid merupakan Vitamin penyembuh yang mujarab. Vitamin ini berguna sekali bagi "Anjing" dan "kucing" yang menderita infeksi hebat atau penyakit yang sudah berlarut larut. Kekurangan vitamin C mengakibatkan suatu penyakit yang serius yang disebut scorbut. Gejala gejala Scorbutus ialah disekeliling gusi berdarah dan tulang terasa nyerih bila disentuh, Bintik bintik pendarahan terjadi dibawah kulit dan gigi mungkin menjadi goyah dan jatuh. Scorbut sering dialami oleh manusia yang sedang mengandung. Dan orang yang hidup dengan makanan yang sangat terbatas.demikian juga sering terjadi pada anjing dan kucing peliharaan

Vitamin C mudah sekali dirusak oleh panas dan tidak tahan bila dimasak diatas 50 derajat. Natrium Bicarbonat atau soda kue merusakan vitamin C, itulah para dokter menganjurkan agar pemakaian bahan ini dihindarkan. Vitamin C tidak dapat dismpan didalam tubuh,Sebab itu setiap hari manusia dan hewan harus makan makanan yang mengandung vitamin ini. Bayi kecil yang diberikan minuman buatan seperti susu bubuk, harus diberi pula air jeruk yang segar setiap hari.

Sumber yang terbaik untuk Vitamin C ialah Jeruk, Buah anggur,Tomat,Adpokat dan buah buahan segar lainnya,Kebanyakan sayur sayuran mengandung juga Vitamin C,Tetapi sebagian dari padanya mungkin hilang bila dimasak.

Makanan jadi yang telah dilengkapi dengan vitamin C yang dimatangkan dengan temperatur diatas 40 derajat ,mengakibatkan rusaknya beberapa vitamin yang ada pada makanan tersebut, dan tidak berfungsi kembali sebagai mana mestinya, Termasuk dogfood yang telah dilengkapi dengan multi vitamin.

Oleh karenanya. Multi Vitamin tambahan diluar dogfood sagatlah diperlukan, gunak kelengkapan keseimbangan pakannya.

Jakarta 11 September 2010