MASA HARGA PROMO

capet growth in dogs super growing

"Cara Melatih Anjing Tiarap/Down/Flat-Darrylkosambipet.com"

User Rating:  / 0
PoorBest 

Cara Melatih Anjing Tiarap/Down/Flat

Karya Darryl

Setelah Artikel saya mengenai cara melatih anjing duduk, maka untuk kelanjutannya adalah dengan kita melatih anjing Tiarap/Down/Flat

Disini saya jelaskan ada beberapa sifat dan karakter anjing yang berbeda,Ada anjing yang mempunyai temperamen tinggi, Misalnya anjing yang kita latih senang bermain dengan bola, dan ada yang diberikan bola hanya dicium saja kemudian ditinggalkan, Biasanya untuk anjing yang mempunyai temperamen yang kurang baik pelatih akan mendapatkan suatu kesulitan dalam hal pelatihan tertentu untuk kelanjutan dalam melatih anjingnya.sebaliknya Anjing yang mempunyai temperamen tinggi akan sangat mudah dalam segi pelatihan di kelanjutannya.

1. Jadi kesimpulannya, adalah Anjing yang mempunyai temperamen baik dan aktif, type anjing seperti ini akan sangat mudah dalam melatih anjing tersebut, Namun bila anjing terlalu aktif dan temperamen yang tinggi disini kita sebagai pelatih harus memberikan pelatihan dengan hukuman/Teguran/Koreksi yang lebih keras, dikarnakan anjing yang bertype aktif akan lebih sensitive terhadap benda yang bergerak, sehingga suatu saat didalam pelatihan akan kehilangan konsentrasi di dalam pelatihannya.

2. Sebaliknya bila Anjing yang mempunyai temperamen baik , akan tetapi tidak terlalu aktif. Type anjing yang demikian akan lebih mudah dalam pelatihannya, dikarnakan anjing tersebut akan lebih berkonsentrasi di dalam pelatihannya, sehingga anjing ini akan lebih cepat merekam setiap pelajaran yang diberikan oleh pelatihnya.

Anjing yang type ini , Pelatih tidak perlu memberikan hukuman/ teguran/koreksi yang keras, berarti cukup memberikan teguran dengan lemah lembut, si anjing sudah dapat menerima akan setiap teguran dari pelatihnya.

3. Bila menemukan anjing yang mempunyai temperamen tidak baik, Misalkan dengan pelatih menggelindingkan bola, kemudian si anjing berdiam saja, atau mengejar dan hanya mencium lalu meninggalkannya. Type anjing seperti ini biasanya akan sulit dalam pelatihan dikelanjutannya. Namun anjing ini akan tetap dapat dilatih dengan kesabaran pelatih.dan type anjing seperti ini tidak dapat dihukum dengan keras, dan harus diperlakukan dengan lemah lembut, agar anjing tidak menjadi takut/trouma.

Nah setelah kita mengenal dari sifat dan karakter masing masing anjing, barulah kita melanjutkan dalam pelatihan .

Disini saya memulai dari ad 3.

Dalam hal ini tentunya anjing sudah mulai patuh akan perintah pelatih dalam posisi duduk dengan manis.

Untuk melakukan pelatihan posisi Tiarap/Down/Flat, Sangatlah mudah caranya.

Pada posisi anjing duduk. Yang harus dilakukan pelatih adalah , Perintahnya terlebih dahulu yaitu : Tiarap/Down/Flat. Maka pelatih hanya cukup menarik kedua kaki depannya kelantai, dengan menarik kedua kaki depannya maka si anjing akan ber posisi tiarap/Down/Flat.

Jangan lupa ! Pelatih harus konsekwen, pelatih harus memberikan pengertian pertama yang baru diajarkan kepada anjing yang dilatihnya, karena si anjing baru pernah mendengar kata tersebut. Berarti pelatih harus mengucapkan secara berulang , bersamaan dengan memberikan pujian atau upah. Misalnya dengan pemberian makanan atau dengan usapan kasih sayang.

BIla dengan upah makanan ,berikan makanan kesukaannya (dng dogfood, sepotong keju, sepotong daging) dan pelatih sambil mengucapkan. Tiarap/down/Flat. (secara berulang).

Bila dengan usapan kasih sayang, Cukup dengan mengusap usap kepalanya, sambil mengucapkan "Tiarap/Down/Flat"

Setelah memberikan upah kepada anjing yang dilatihnya, pelatih memberikan isyarat kepada anjing dengan menepuk nepuk samping dadanya dengan perlahan tapi bersemangat, dengan ucapan kamu pintar ya kamu pintar ya …………!!!! Dengan perlakuan ini pelatih memberikan isyarat kepada anjing bahwa pelatihan tiarap pertama sudah selesai dan anjing boleh berdiri atau kembali pada posisi duduk. Dan biasanya si anjing akan langsung berdiri sambil menggoyang goyangkan bututnya, pertanda ia dengan senang dilatih oleh pelatihnya.

Type anjing ad 1 dan 2

Untuk melatih anjing yang bertype ad 1 dan  2 ini, pelatih harus mempersiapkan bola kesenangannya, hal ini sekaligus untuk membangun temperamennya agar dapat lebih baik dalam pelatihan dikelanjutannya.pada posisi anjing duduk, pelatih cukup mengepal bola kesenangan si anjing.

Kemudian pelatih berjongkok disamping kanan anjing dan pelatih mengucapkan perintah tiarap/down/flat. Segerah pelatih memperlihatkan bolanya dan menaru bola tersebut dilantai dihadapan si anjing yang sedang duduk. Maka anjing tersebut secara spontan akan bertiarap untuk mengambil atau menggigit bola yang berada dilantai.

Namun biasanya setelah si anjing mendapatkan bolanya si anjing langsung kembali pada posisi berdiri atau duduk kembali. Saya ingatkan untuk melatih anjing bertype ini pelatih harus menggunakan rantai pada leler anjing tersebut, agar si anjing setelah berdiri dan langsung berlari setelah mendapatkan bolanya. Nah untuk menghidari perlakuan yang tidak diinginkan, maka anjing harus dilatih dengan menggunakan rantai dan tali penuntun . Agar dengan mudah untuk memberikan koreksi.

Bila si anjing langsung berdiri dari posisi tiarapnya. Berarti pelatih harus menahan tali rantai pada posisi tali penuntun dipendekan dengan pas dilantai. Dengan tujuan bila anjing mau berdiri, sianjing tdk dapat langsung berdiri, karena rantai menahan anjing untuk berdiri, sehingga sianjing langsung memposisikan dirinya tetap pada posisi tiarap/down/flat.

Cara pelatih menahan rantai kelantai agar anjing tidak langsung bangun dan berdiri kembali saat mendapatkan target bolanya.

Untuk type anjing ad 1. Biasanya si anjing suka meronta ronta untuk membawa lari bola yang didapatkannya, Maka pelatih harus meberika koreksi lebihkeras ,dengan menarikrantai leher lebih sdikit keras dan mengulang perintah tiarap/down/flat dengan perintah yang lebih tegas dan sedikit keras kepada anjing tersebut.

Sedapat mungkin pelatih segera mengoreksi Posisi kaki belakang si anjing pada posisi yang salah atau sudah pada posisi kaki yang benar.

Setelah anjing berposisi tiarap/down/flat, dengan benar segeralah pelatih memberikan pujian dengan mengusap ngusap kepalanya sambil mengucapkan tiarap/down/flat dengan cara berulang ulang. Agar si anjing mengerti akan perintah tersebut.

Segeralah pelatih mengambil bola yang berada dalam gigitan sianjing dan mengumpatkan bola dibalik telapak tangan pelatih.Lakukan perintah latihan 5 atau 6 kali dalam latihan ini. Bila anjing telah melakuan dengan baik.segeralah pelatih memberhentikan pelatihan , sambil menepuk nepuk dada bagian sampingnya sebagai pertanda pelatihan sudah selesai. Kemudian lempar bola kesenangannya sebagai pertanda kemenangan sianjing, biarkan anjing mengejar bola yang dilempar pelatih dan mengigit gigiti bola, setelah dia bosan dan menaru bolanya dilantai, Segaralah pelatih mengambil bola tersebut dan menyimpannya, agar tidak dimainkan oleh anjing tersebut.

Ingat !!! type anjing seperti ini jangan dibiarkan / kita selalu menggeletakan bola dilantai, sehingga anjing nantinya akan bosan dan tidak mau lagi berlatih dengan bolanya. Berarti harus dismpan, dan digunakan disaat berlatih untuk upah di dalam pelatihannya.

Setelah anjing yang dilatih mulai mengerti dalam pelatihan yang diajarkan, sperti biasa, palatih harus berhenti latihan pada posisi anjing berlaku benar.

Lakukanlah pelatihan pagi hari dan sore hari, dengan membuang waktu barang setengah jam.maka dalam waktu simgkat si anjing kesayangan akan dengan cepat menjadi pandai.

Jakarta 11 Mei 2011

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dalam melatih kepatuhan pada anjing kesayangan.

Dilarang keras mengcopi dan memindahkan artikel ini ke Web lain tanpa izin atau menghilangkan nama penulis.(penulis berhak menuntut ganti rugi dalam segi apapun) bila terjadi pemindahan ke web lain cantumkan sumber pengambilan artikel ini.thx

Comments   

 
sofian
0 # anjing saya labradon 3.5 bln bagaimana melatihnya ?sofian 2011-11-23 05:30
1 .anjing saya suka gigi2 tangan saya gitu tapi ga beneran gigit ky main2 . tapi gigi nya tajam gw g a suka . gmn cara ngelarang nya ?
2 . saya ajak anjing saya jalan2 dia ga mau saya tuntun . mesti s aya tarek2 atau ga dia lari duluan w ga sempat kejar jadi gw tahan dia lompat2 . gmn caranya supaya dia biasa kan sama tali dan cara jalan ku ?
3 .asal mau di bwa jalan2 pk tali ikat yg t
eru ad dari besi ,dia ga mau . dia takud .saya elus2 coba lagi hasilnya sama .gw takod dia trouma tolong bagikan solusi nya ... trims .
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
Darryl
0 # re: anjing saya labradon 3.5 bln bagaimana melatihnya ?Darryl 2011-11-24 06:20
Quoting sofian:
1 .anjing saya suka gigi2 tangan saya gitu tapi ga beneran gigit ky main2 . tapi gigi nya tajam gw g a suka . gmn cara ngelarang nya ?
2 . saya ajak anjing saya jalan2 dia ga mau saya tuntun . mesti s aya tarek2 atau ga dia lari duluan w ga sempat kejar jadi gw tahan dia lompat2 . gmn caranya supaya dia biasa kan sama tali dan cara jalan ku ?
3 .asal mau di bwa jalan2 pk tali ikat yg t
eru ad dari besi ,dia ga mau . dia takud .saya elus2 coba lagi hasilnya sama .gw takod dia trouma tolong bagikan solusi nya ... trims .


Untuk gifgit gigit bisa dilakukan dengan cara memukul pantatnya, sambil memberikan larangan no ata u jangan,begitu dia diam berikan usapan dikelalanya dengan cepat agar si anjing dapat mengerti kehen dak kita.atau pencet lidahnya dengan jari,sehingga kita berikan hukuman dandi dalam pikiran dia, bah ywa bila dia menggigit lidahnya akan sakit tertekan oleh jem,ari kita, sehingga di
a enggan untuk men ggigit gigit kita.
Untuk jalan dengan rantai memang untuk anak anjing tidak dapat langsung dirantai dan diajak jalan, dia akan merasa terhukum dengan adanya rantai tersebut, Pertama kali kita hrs meng alungi rantai leher dulu beberapa hari ,dengan tujuan agar si anjing merasa nyaman dan rantai bukan menjadi beban uhntuk dianya,stl si anak anjing sd terbiasa
dengan rantai dilehernya, barulah kita me mberian tali penuntun dan biarkan si anak anjing berjalan dengan rantainya, kita berikan pemikiran b ahwa rantai bukan beban untuknya.bila si anak anjing sudah ,mau berjalan sendiri dengan rantai tanpa dipegangi, baru kita mengajak dia untuk berjalan secara perlahan, dengan cara sedikit menyentak tai penuntun sambil mengajak dia berj
alan perlahan, bila si anak anjing sudah mulai mau berjalan mengik uti langkah kita ,segerah berikan usapan kasih sayang ,sehingga dia mengerti bahwa bila dia berjalan perlahan mengikuti langkah kaki kita dia mendapatkan upah kasih sayang dari kita, sehinmgga dengan serimng kita melakukan hal yang sama dalam beberapa hari si anak anjing mengerti bahwa dengan adanya rantai pe
nuntun dia dajak untuk berjalan jalan. semakin dia terbiasa, akhirnya bila kita menunjukan rantai leher dan tali penuntun. dengan sendirinya si anjing akan memasukan kepalanya ke lingkaran r antai untyuk minta di ajak berjalan jalan
Demikian sedikit masukan dari saya semogah bermanfaat.

Sa lam
Darrylkosambipet
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
Fleur
0 # how to train puppiesFleur 2012-05-29 01:29
anjing saya masih 1 bulan umur nya, sukanya buang air sembarangan. setiap kali buang air sembarangan saya selalu mendekatkan hidung nya ke kotoran lalu saya membawa nya ke wc. apakah itu benar ?
tetap i suatu ketika setelah makan saya cba bawa dia ke wc supaya bsa buang air di situm ternyata dia mala h tidur2 an di wc, setelah keluar wc baru dia buang air. bagaimana cara mengatasinya ?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
Darryl
0 # re: how to train puppiesDarryl 2012-05-29 02:19
Quoting Fleur:
anjing saya masih 1 bulan umur nya, sukanya buang air sembarangan. setiap kali buang air sembarangan saya selalu mendekatkan hidung nya ke kotoran lalu saya membawa nya ke wc. apakah itu benar ?
tetap i suatu ketika setelah makan saya cba bawa dia ke wc supaya bsa buang air di situm ternyata dia mala h tidur2 an di wc, setelah keluar wc baru dia buang air. bagaimana cara mengatasinya ?


Untuk melatih dengancara seperti itu, tdk tepat. dikarnakan bila dia sudah melakukan ,walau ditunj ukan kadang kala dia tidak mengerti.didala m pelatihan kita hrs memberikan koreksi pada saat yang tep at, dalm arti kata, disaat dia melakukan kesalahan, disitulah kita memberikan teguran dan hukuman pa da anjing tersebut, mis dengan kata NO. dan pukul saja pantatnya agak sedikit kera
s, agar dia menger ti kesalahan dan mendapatkan hukuman saat dia salah. dan setelah dia diam saat terima hukuman. barul ah kita memberikan upah dengan belaian kasih sayang. lambat laun anjing akan mengerti bahwa berak se mbarangan itu mendapatkan hukuman. dan bila ditempat yang benar dia mendapatkan kasih sayang.
Untuk melatih dikamar mandi, setidak nya hrs dilatih berulang ka
li. caranya. bila dia berak diruang tamu, ambil kotoran tersebut, taru diatas koran yang akan kita gunakan sebagai pemancing utama.Saat melati h. koran dan kotoran harus berada di makar mandi. dan sebelum anjing buang hajat. masukan kemar madi . dan begitu dia mencium kotoran yang berada diatas koran, biasanya si anak anjing kan buang air kec il dan besar dikoran tersebut. NAH
disaat itulah kita hrs segerah memberikan pujian dengan riang.den gan perkataan kamu pintar ya dan sambil mengusap kepalanya dan menepuk nepuk dadanya, maka ddengan r iang sianak anjing akan menguyang goyangkan buntutnya sambil tertawa senang disayang sayang, lakukan berulang ulang setiap hari. dan Ingat. kotoran yang baru saja berada diatas koran yang berada dikam ar mandi j
angan dibuang. biar dia melakuak sampai 2 atau 3 kali diatas koran tersebut baru buang kot orannya dan korannya jangan dulu agar bau kencing dan kotorannya masih dapat diciumnya kembali.

Dem ikian sdikit masukan dari saya semogah bermanfaat.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
STEVEN CIPAI
0 # BISA DI GANTI DENGAN SNACK ?STEVEN CIPAI 2013-01-09 19:29
HALO DARRY AKU PUNYA PERTA NYAN APAKAH MAKANAN KECIL BISA DI GANTI DENGAN SNACK KENTANG MOHON DI JAW AB DENGAN CEPAT
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
Darryl
0 # re: BISA DI GANTI DENGAN SNACK ?Darryl 2013-01-10 06:01
Quoting STEVEN CIPAI:
HALO DARRY AKU PUNYA PERTA NYAN APAKAH MAKANAN KECIL BISA DI GANTI DENGAN SNACK KENTANG MOHON DI JAW AB DENGAN CEPAT


Untuk makanan kecil sebagai upah saat melatih anjing yang biasa saya gunakan adalah Potongan kej u,snack merek eukanuba,lemak kambing (mentah) atau makanan lain yang sangat merangsang olehnya,dan j angan lupa setiap akan melatih jangan diberikan makan dulu,kalau perlu pagi jangan diberikan makan d an saat sore hari baru melatihnya sebelum makan,dalam pemberian hanya sepotong kec
il saja,agar anjin g penasaran dengan hadiahnya.kita hrs mengembalikan ke alam bakanya, saat dia lapar dia hrs bekerja mencari makan, dan jangan lupa setiap melatih ucapkan dahulu perintahnya dan segerah melakukan ajara nnya, jangan lupa pula bila dia sudah melakukan yang kita inginkan segerah berikan upah dengan cpt d an berikan pujiannya dengan mengusap kepalanya atau menepu
k nbepuk dada samping atau dpn nya, agar s i anjing dapat bersemagat dengan pujian kamu pintar ya sayanggggg,Bila anjing diam saja,segerah beri kan hukuman dengan menarik rantai dilehernya,jang an menghukum dengan pukulan tangan anda,nantinya si anjing akan trouma takut dipukul oleh pelatihnya, pelatih hrs bersemangat dan ramai mulutnya agar a njing juga bersemangat dan gembira
.

Salam
Darrylkosambipet
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
maulana rizky
0 # bagaimana cara nglatih pitbul\'q untuk up/berdirimaulana rizky 2013-01-15 08:06
anjing pitbul'q umur 1,5th gimana ya biar anjing'q bisa up,dy sdikit bisa tapi kalau sudah berdiri s elalu ga imbang.
terus bagaimana cara nglatih dya buat stay.dya sudah agak maksud tapi sebelum aku p amgil dya udah berdiri dan mendekat
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
Darryl
0 # re: bagaimana cara nglatih pitbul\'q untuk up/berdiriDarryl 2013-01-16 06:03
Quoting maulana rizky:
anjing pitbul'q umur 1,5th gimana ya biar anjing'q bisa up,dy sdikit bisa tapi kalau sudah berdiri s elalu ga imbang.
terus bagaimana cara nglatih dya buat stay.dya sudah agak maksud tapi sebelum aku p amgil dya udah berdiri dan mendekat


Biasakan dengan cara melatih berulang ulang,agar daspat menyeimbangkan dirinya, berikan hukuman bi la baru berdiri sudah langsung turun lagi. posisikan anjing dari duduk dan baru UP nya.untuk melatih stay, mis pada posisi duduk.perinytah kan anjingnya duduk, kemudian berikan upah saat dia melakukan perintah dengan baik,kemudian perintahkan dengan stay.dan anda berkeliling melingk
ari anjing yang se dang duduk, sambil selalu mengatakan stay berulang ulang dan sesekali memuji dengan mengusap kepalan ya.berikan hukuman saat dianda mengelilingi dan dia bangun, (untu lebih jelas dalam praktek anda dap at melihat didalm cd yang telah disediakan.)

Salam
Darrylkosambipet
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Additional information