Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

Mari belajar keberhasilan membiakan/breeding anjing yg baik

BELAJAR MEMBIAKAN ANJING/BREEDING YANG BAIK

Dibuat: Oleh Darryl

Dalam kata ini dikenal dengan kata,Berternak anjing atau Hewan,atau dengan kata lain membiakan anjing.

Apa bila anda telah memiliki se ekor anjing betina,Maka anda salah satu calon pembiak anjing anjing ini.akan tetapi sebelumnya anda sudah pasti harus memacakan anjing betina tersebut.dan menjadikan problem lagi bagi anda,karna sebagai pemilik anjing betina sudah tentu anda menghendaki dengan calon pejantan yang baik atau dijodohkan dengan anjing betina kesayangan anda.

Untuk memacakan atau mengawinkan anjing betina ini,biasanya ada orang orang yang sengaja memasang iklan melalui media,Tetapi sebagai anggauta Perkumpulan Kinologi Indonesia (PERKIN) sebenarnya tidak sukar untuk anda mencari pasangan bagi anjing betina anda,cukup anda menghubungi sekertariat Perkin cabang setempat,dan ditempat itu kami yakin akan diberikan beberapa alamat tempat pemilik anjing pejantan yang dapat anda pilih umumnya mereka yang merupakan pejantan yang baik,berbobot, sempurna secara lahiriah maupun watak dan sifatnya, bahkan asal keturunan dari anjing jantan itu.

Sedapat mungkin merupakan Anjing Import, sebab anjing import sudah tentu punya kedudukan yang lebih baik dari pada anjing anjing local.

Akan tetapi para pemilik anjing jantan import biasanya juga keberatan untuk memacakan anjing mereka dengan anjing betina yang bukan import,kecuali mereka yang memang biasa meng “Komersilkananjing anjing jantan keturunan import ini,dengan ketentuan harus berbayar ‘sekian sekian’untuk sekali memacak,dengan jaminan sampai anjing betina itu bunting.

KWALIFIKASI

Kwalifikasi seekor anjing belumlah menentukan darah baik,atau apa bila seekor anjing memperoleh keistimewaan/kwalifikasi yang tinggi/baik.

Ini tidak berarti anjing itu mempunyai darah keturunan yang baik sekali, yang menentukan adalah daya menurunnya.yaitu dengan mengenal benar darah keturunan dari kakek nenek anjing tersebut.

Dikarnakan anda memilih anjing betina dan pejantan yang baik, dengan harapan mendapat anak yang lebih baik dari induk atau bapaknya.

Namun berdasarkan kenyataannya sangat sulit dalam mendapatkan keturunan yang lebih baik.karna ternyata si “anakmenuntut generasi diatasnya yang paling jelek .

Maka banyak para pembiak anjing pameran anatomi yang merasa kecewa,dikarnakan dengan susah paya mencari indukan dan pejantan yang menurut mereka baik, ternyata tidak menghasilkan keturunan yang lebih baik atau setidaknya sama dengan bapak atau induknya.

Disinilah menjadikan problem bagi para pembiak,sehingga bila mereka mendapatkan anak anjing yang potensial untuk diturunkan dalam pameran/mempunyai anatomi yang baik,maka mereka meminta harga anak anjing tersebut menjadi mahal,dikarnakan dari sekian kali pemacakan,baru mendapatkan anakan yang lebih baik dari sebelumnya.

Waktu Pemacakan

Anjing anjing betina mengenal masa haid sebanyak 2 kali dalam setahun,anjing anjing betina yang sedang haid, darah nya akan mengundang anjing anjing jantan dari jenis apapun,termasuk anjing geladak.dari itu anda perlu berhati hati apabila anda memiliki anjing betina yang sedang haid.

Pemacakan biasanya cukup sekali dilakukan asal pada waktu subur dari anjing betina yang dipacakkan.

anjing lup anjing betina lup

Hari subur dari seekor anjing betina adalah antara hari ke 9 sampai hari ke 14 dalam masa birahi,dihitung mulai terlihatnya darah pada Vagina anjing betina (terlihatnya darah vagina betina dan juga membengkaknya vagina anjing betina, berarti berarti betina tersebut dalam masa birahi)

Biasanya se-ekor anjing betina dewasa sex pada saat mulai masa birahi yang pertama.tetapi dewasa sex harus dibedakan dengan kedewasaan dari organ organ lainnya,Pertumbuhan organ organ akan mencapai kedewasaan pada umur anjing lebih dari 18 bulan.Se ekor anjing betina dapat dibiakan tanpa merugikan atau merusak , pada saat anjing betina itu telah dewasa fisik,sehingga alangkah baiknya apa bila untuk yang pertama kali anjing betina itu dipacak setelah mencapai umur 18 bulan,atau setelah anjing betina itu memperoleh masa haid yang kedua.

Pada waktu pemacakan,baik anjing jantan maupun betina harus dalam keadaan sehat.

Sebab hanya anjing anjing sehat saja yang memungkinkan diperoleh keturunan pemacakan,Juga oleh karna itu sebelum dilangsungkan pemacakan,perlu kita persiapkan antara lain soal. Sudahkan anjing betina itu divaccine distemper,Sebab banyak anjing betina yang dalam keadaan bunting atau setelah melahirkan terkena penyakit itu.

Bagi anjing anjing betina yang telah di Vaccine,maka anak anaknya pun akan mendapatkan kekebalan.Kekebalan ini akan tahan sampai anak anak anjing itu berumur kira kira 10 minggu.

Disamping Vaccine anjing anjing betina yang calon induk perlu diberikan obat cacing yang dapat membasmi cacing cacing jaringan tubu ( cacing cacing trematoda darah),sebab apa bila se ekor induk anjing bebas dari cacing,maka makanan yang diserap oleh tubuhnya akan lebih sempurna dan sudah tentu janin yang dikandungnya akan tumbuh lebih baik dan tidak terjadi anemia sejak didalam kandungan yang menyebabkan tidak dapatnya bertumbuh dengan baik,Bayi bayi anjing dari induk yang cukup bersih dari cacing akan terhindar dari infeksi cacing yang akan ditularkan dari induknya. Kemudian dari kutu kutu dan parasit parasit lainnya,Anjing yang calon induk inipun harus dibebaskan. Bersihkanlah tubuhnya sebelum anjing betina ini dipacakan,agar bebas dari kutu kutu dan dari capelak yang sering kali sembunyi dari pada tubuh anjing anjing.

Persiapan masa bunting.

Setelah pemacakan kita harus persiapkan segalah keperluan dimasa bunting pada anjing betina kesayangan anda.

Pemberian aparat Fe yang sangat diperlukan sejak betina mengalami haid.Dikarnakan di saat haid pada anjing anjing betina mengalami kekurangan darah yang dikarnakan haid tersebut.Maka kita bisa memberikan dengan cara injek setiap minggu sekali dengan Intraver-200.dengan pemberian aparat Fe tersebut maka sangat berpengaruh baik pada anak anak yang akan dilahirkannya,diantaranya penyakit anemia pada anak anak anjing tersebut.Pemberian aparat fe- ini dilakukan sampai induknya selesai menyusui anak anak nya.Karna apa bila indukan tidak diberikan aparat Fe yang teratur akan mengakibatkan induknya semakin kurus dikarnakan anemia,demikian juga terhadap anak anaknya yang mudah terkena segala macam penyakit salah satunya mudah terkena infeksi.

Selain itu juga diperlukan pemberian Vitol-140. yang berguna sebagai pencegahan rachitis atau yang dapat berpengaruh jelek dalam pertumbuhan anak anjing didalam kandungan ,juga berfungsi guna pencegahan maghitis pada induk disaat melirkan anak anaknya, atau yang disebut dengan susu beracun. Pemberian vitol-140 diberikan 2 minggu saat diketahui hamil , dan  selanjutnya sampai indukan melahirkan jangan diberikan injek apapun. Vitol-140 ini dapat dilakukan kembali setelah anaknya berusia 3 minggu sejak kelahiran.

Didalam kebuntingan anjing anjing betina, anda juga harus memikirkan segalah kebutuhan anak anaknya didalam kandungannya,Kebutuhan anak anak anjing yang sedang dikandungnya sangatlah membutuhkan calcium dan calcium phosphorus +mineralpremix yang berguna sebagai pembentukan structure tulang pada anak anak anjing didalam kandungan induknya.Dengan adanya pemberian calcium yang cukup ,Maka anak anak anjing setelah dilahirkan akan mempunyai kekuatan tulang yang cukup kuat dan baik.

Semua ini guna pencegahan terjadinya kaki X atau O yang biasa sering terjadi pada anak anak anjing yang tidak adanya pemberian kebutuhan calcium didalam kandungan induknya.Juga selain pemberian calcium,yang diperlukan oleh induk serta anak anjing didalam kandungan induknya sangat dibutuhkan mineral dan Premix,yang semua ini berfungsi pada kekuatan otot anak anak anjing tersebut,untuk ini dapat diberikan dengan Calcium Phosphorus + mineral Premix.

Calcium GROWTH IN DOGS sangat membantu dalam kekuatan induk di saat melahirkan anaknya, serta membantu jumlah air susu di masa bunting.

Calcium Phosphorus + mineral premix ini dilanjutkan pemberian secara langsung pada anak anak anjing setelah anak anak anjing berusia 3 minggu/ 4 minggu.dikarnakan setelah anak anjing berusia 3 minggu anak anak anjing tersebut sudah lebih banyak minum susu dari induknya,dengan ini anda harus membantu dengan susu tambahan sebagai pengganti susu induknya yang semakin berkurang.maka kita juga harus melengkapi dengan calcium tersebut sampai masa pertumbuhan anak anak anjing tersebut .

Kebutuhan Multi vitamin anjing bunting

Dalam masa bunting anjing indukan haruslah diberikan multi vitamin yang berkwalitas baik terutama yang mengandung amino acid, (Provit / Ultravit) semua ini diperlukan guna keseimbangan pakan yang diberikan, multi vitamin sangat diperlukan juga pada anak anak nya di dalam kandungan,karna dengan adanya pemberian multi vitamin yang baik dan yang cukup berpengaruh besar terhadap kesehatan anak dan induk dimasa bunting.

Berikanlah multi vitamin yang berkwalitas baik.

Masa bunting

Masa bunting anjing indukan biasanya dihitung dari mulai dipacak, biasanya kita haruslah mencatat tanggal pemacakan di hari pertama dan tanggal pemacakan yang ke dua. Masa waktu bunting anjing diantara 60 hari sampai 64hari , atau dari tanggal pacak.

Tanda tanda Anjing bunting

Setelah induk anjing dipacak, biasanya bisa dilihat bunting atau tidaknya indukan tersebut, setelah 2 minggu setelah di pacak.untuk tanda tanda kebuntingan dapat dilihat dari memerahnya ujung ujung putting teteknya yang merata dan menaiknya semua puting.bila terlihat nyata berarti indukan yang di pacak berarti sedang mengandung anak anak anjing tersebut.

Membesarnya perut saat bunting dapat dilihat jelas mulai 1 bulan dari masa pacak.

Kebutuhan tambahan saat kelahiran

Berikan daun katuk setiap hari 2 atau 3 minggu sebelum melahirkan anaknya,semua ini untuk membantu memperbanyak air susu induk.Pemberian daun katuk dapat dicampur dengan susu ibu ibu hamil (Lactamil)

Pemberian Calcium phosporus+mineralpremix diberikan 2 sampai 3 gram / hari sejak kehamilan terjadi sampai usia kehamilan 4 minggu.

Pemberian jumlah Calcium phosporus+mineralpremix ditambah jumlah pemberiannya setelah usia bunting diatas 4 minggu mencapai 5 gram / hari.

Semua ini diperbanyak agar anak didalam kandungan mendapatkan Calcium dengan merata.Bila Jumlah pemberian Calcium tidak ditambah , anak yang terbelakang tidaklah mendapatkan jumlah Calcium yang cukup,sehingga anak yang baik hanya di anak pertama sampai yang ke 2 atau yang ke 3 saja,sedangkan yang terbelakang tidak sebagus dari yang keluar lebih dahulu.

Tanda tanda Anjing mau Melahirkan

Anjing indukan yang masa bunting sudah sampai di hari ke 57 ,biasanya mengeluarkan cairan bening yang keluar dari vagina anjing tersebut.untuk melihat jelasnya biasanya saat anjing bunting tersebut bangun dari duduknya, dan meninggalkan cairan bening seperti lender di permukaan lantai.

Cairan ini akan keluar semangkin banyak jumlahnya disaat mendekati kelahiran anaknya.

Bila indukan akan melahirkan anaknya dihari ke 60, di hari ke 59 cairan itu keluar lebih banyak dari hari sebelumnya.dan biasanya induk ini sudah mulai gelisah untuk mencari tempat berlindung untuk melahirkan anaknya.berikanlah tempat yang tenang yang tidak diganggu oleh banyaknya orang lewat atau diganggu dengan anjing anjing lain saat kelahiran.buat satu ruang tertutup agar indukan mendapatkan ketenangan batin.

Tanda tanda dekat kelahiran ini bisa dipantau dengan saat pemberian pakan, jika indukan sd tidak mau makan yang diberikan berarti kita harus siap menunggu dalam waktu jam saja.

Persiapan kelahiran anak anjing

Yang diperlukan dalam persiapan anjing indukan melahirkan adalah untuk menjaga jikalau induk ini tidak dapat menangani anak yang dilahirkannya, karna tidak semua indukan dapat menyelesaikan tugasnya dalam pembersihan anak setelah keluar dari kandungannya. Yang perlu diperhatikan adalah jenis anjing besar.

Kebutuhan alat alat yang diperlukan saat anjing melahirkan

Benang,- gunting steril, - Alkohol,- tisyu,- kertas Koran, - kantong plastic.- pipet,-Oxitosin, - Suntikan.- Gula Jawa, - Susu.

-Persiapkan benang sepanjang kira kira ½ m dengan rangkap 2 ( Buat sejumlah 10)

- Alkohol berguna untuk meneteskan tali ari ari setelah diikat dan di gunting.

- Tisyu untuk membersikan cairan ketuban saat membukanya, dan bersihkan di bagian mukanya terlebih dahulu.

- Kertas Koran berguna untuk menataki sewaktu pembongkaran ketubannya.

- Kantong plastis guna penempatan ari ari yang akan dibuang.

- Pipet berguna untuk membersihkan air ketuban yang menutupi lubang hidungnya,dan lubang telinga.

- Oxitosin guna membantu proses pe mulesan saat melahirkan.

- Gula jawa dan susu guna membantu kekuatan induk dasaat melahirkan.

Bersihkan semua putting indukan hingga bersih dari kotoran ( gunakan disinpectan khusus), atau dengan disinfektan BENZAKLIN yang berdaya bunuh kuat terhadap semua kuman pathogen penyebab infeksi termasuk virus,Bakteri,Jamur,Koksidia dan microplasma.

Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Saat kelahiran anak anjing.

Jika induk anjing sudah mulai melahirkan anaknya di suatu tempat yang telah disediakan, biarkan induk melahirkan dengan normal, cukup kita mewaspadai saja.

Bila induk dapat dengan langsung membongkar ketuban yang membungkus anaknya setelah keluar, berati induk tersebut telah dapat mengatasi kelahiran anaknya.namun kita tidak dapat membiarkan begitu saja, yang harus diperhatikan, apakah induk setelah membongkar ketuban dan memakan tali pusarnya serta memutuskannya dengan tepat.

Bila induk menggigiti tali pusar dengan cara berlebihan ,kita harus segerah menyetop tindakan induk tersebut agar agar tidak berlebihan sampai kulit perut nya ikut digigiti yang menimbulkan bolong dan si induk melanjutkan dengan memakan sebagian usus yang ikut keluar dari lubang perut anak anjing. 

anak shitsu dilarkan malang

Bila induknya dapat menyelesaikan dengan baik.maka biarkan induknya menyusui anak anjing tersebut yang telah dibersihkannya.bila perlu dibantu anaknya utuk mengarahkan mulut anak ke putting induknya.biarkan anak menyusu dengan baik.

Berikan indukan minum Gula jawa dan Susu, agar induk mendapatkan kekuatan fisik.

Menantikan Anak Selanjutnya.

BIla kelahiran anak pertama dan kedua mempunyai waktu yang cukup lama, segeralah kita harus memberikan suntikan oxitosin, dengan dosis secukupnya.

Untuk anjing trah besar cukup memberikan dosis o,5 ml jangan sekali gus banyak, dikarnakan oxitosin berguna untuk membantu perangsang induk untuk mulas dan mengedan agar anak dapat dikeluarkan dengan baik.Bila terlalu berlebihan dalam pemberian oxitosin induk akan merasakan mulas yang berlebihan sehingga banyak kejadian ketuban anak akan pecah didalam lebih dahulu, sehingga anak keluar dengan keracunan air ketuban yang telah pecah didalam terlebih dahulu.

Membantu dalam pembersihan anak

Bila induk setelah melahirkan anaknya dan ternyata induk nya hanya berdiam dan tidak melanjutkan tugasnya, Maka segeralah kita harus membantu pembongkaran ketuban yang menyelimuti anak anjing tersebut.

Pembongkaran dimulai dari bagian kepala terlebih dahulu, dan biarkan untuk kebagian badannya.

Setelah itu ambil tisyu dan bersihkan bagian hidung terlebih dahulu serta mulutnya.

Ambil pipet dan bersihkan air ketuban yang berada di lubang hidungnya.(usahakan anak anjing dalam posisi kepala dibawah agar air ketuban dapat mengalir keluar dan mudah untuk di pipet dengan cepat.

Setelah pembersihan bagian kepala, lanjutkan pembongkaran kebagian badannya, dan bongkaran ketuban dan ari ari langsung masukan ke dalam kantog plastic yang telah disediakan.

Ambil tisyu untuk melanjutkan pembersihan bagian badan anak anjing tersebut,setelah bersih dari air ketuban, Ambil benang yang telah disiapkan dengan rangkap 2 lapis sepanjang 50 em, Ikatkan benang tersebut pada tali pusar anak anjing tersebut sampai batas perut, ikatlah tali tersebut agak kencang, usahakan pengikatan dilakukan 2 atau 3 kali dengan mengikat mati, agar darah dari dalam perutnya tidak berbalik keluar.

Ambil gunting steril, dan gunting tali pusar tersebut dan tinggalkan tali pusar kira kira 1 em dari ikatan benang.dan berikan Alkohol agar bersih dan cepat kering.

Setelah pembersihan selesai berikan anak anjing tersebut kepada induknya agar induknya mau menjilati anaknya dengan tujuan agar si anak menimbulkan reaksi atas rangsagan dari jilatan induknya.

Bantu anak anjing tersebut keputing induknya untuk segerah menyusu dan usahakan induk tetap menjilati anaknya, agar anak bereaksi menghisap puting susu induknya.  

anak sihtzu menyusu menyusu pada induknya anak shitzu menyusu pada induknya

Perhatikan buntut anak anjing, bila air susu keluar dengan baik saat dihisap oleh anaknya, Maka buntut anak anjing tersebut akan menaik keatas seperti antena dengan bergoyang goyang, namun bila saat anak anjing menghisap hisap putting susu dan buntut anak anjing tetap melipat kebawah, Berarti air susu induk tidak keluar dengan baik.Segeralah periksa dengan memeras puting induknya.atau pindahkan anak anjing tersebut keputing yang lain,agar anak mendapatkan air susu induk.

Yang perlu di ingat ,Bahwa sangat pentingnya air susu induk selama 2 X 24 jam pertama, Anak anjing harus dapat menyusu dengan baik,Karna selama 2 X 24 jam tersebut air susu induk mengandung daya imun yang kuat untuk anak anaknya.

Apa bila ada sala satu anaknya yang tidak baik dalam menyusu di masa 2 x 24 jam tsb, biasanya tidak dapat hidup dalam beberapa hari dan mati, Untuk menghindarkan hal tersebut, sebaiknya anak yang demikian dibantu dengan menyusui dengan pipet, dengan cara memeras air susunya dan ditempatkan di wadah yang steril .

Pembersihan Induk

Bila induk telah melahirkan semua anaknya,mandikankan badan induknya dengan shampoo dan air bersih dan langsung dikeringkan.

Biarkan anaknya berdiam didalam satu kotak agar tidak lari kesana kemari.

Setelah induk bersih ,Pindahkan induk dan anaknya ketempat yang telah dipersiapkan. Didalam satu box yang khusus untuk induk menyusui anaknya dan aman bagi anak anaknya.

Biasanya box terbuat dari kayu yang dirancang aman bagi anak anaknya, dan tidak tertindi oleh induknya saat anaknya lari dari induknya untuk mencari tempat tidurnya.

Tempat yang baik untuk anjing menyusui dengan tenang , sedapat mungkin disediakan kamar khusus yang ber AC.

Usahakan anak anjing tetap dapat menyusu pada induknya selama 48 jam pertama,Karna selama 48 pertama ini air susu induk mengandung anti body terhadap anak anaknya.

Apa bila dari salah satu anak tidak dapat menysu dengan baik selama 48 jam pertama ini ,biasanya anak anjing tersebut tidak dapat hidup dalam waktu tertentu.

Kotak /box tempat induk menyusui anaknya harus selalu dijaga kebersihannya dari kotoran anaknya dan air kencingnya. Persiapkan selalu kanebo dan air bersih guna membersikan tatakannya.

Gunakan tatakan dari karet terpal yang tidak licin agar anak anjing tidak licin di waktu berjalan dengan menggunakan kukunya sebagai pengangkat badannya.semua ini untuk menjaga agar tapak kaki depan anak anjing tidak terjadi pembentukan yang tidak diinginkan ( bengkok keluar).

Pemberian obat pada induk setelah melahirkan

Setelah indukan selesai melahirkan, kita tidak membiarkan induknya begitu saja, namun kita haruslah memperhatikan kebutuhan obat yang harus diberikan.

Berikan metergin 2 x sehari Selama kira kira 1 minggu, yang mana obat ini berfungsi untuk mengeluarkan sisia kotoran placenta yang tersisa didalam rahimnya, yang akan menyebabkan tumot atau kanker rahim pada indukan.

Selain itu juga kita harus memberikan Antibiotik jenis cefat untuk membenahi bekas luka luka kandungannya, selama 2 minggu dengan dosis 25 mg per kg berat badan, ingat diatas 2 0 kg ,pemberian tetap dengan dosis 500 mg tidak lebih.

Bila di hari ke 7 atau di ke 10 indukan masih mengeluarkan darah, berikan obat Adona forte, yang mana obat ini mengandung vit K untuk menyetop darah yang keluar terus menerus. Aparat Fe sangat dibutuhkan oleh indukan sejak haid sampai selesai menyusui, Semua ini sangat berpengaruh terhadap pembentukan sel darah merah baru,karna indukan akan selalu terjadi anemia apa bila aparat Fe tidak diberikan.demikian juga kepada anak anaknya yang nantinya akan sangat mudah terkena infeksi apapun.

Pemberian Calcium dan Vitamin pada induk setelah melahirkan.

Calcium dan Calcium Phosphorus, hendaknya dihentikan dahulu sampai anaknya berusia 1 minggu,dikarnakan anak yang baru lahir belum dapat mencerna calcium yang ikut keluar melalui air susu induknya, dan baru induknya diberikan kembali dengan  dosis cukup 1 gr/hari untuk trah besar,setelah anak telah berusia 2 minggu baru pemberian calcium phosporus+mineral premix di tambah mencapai 2 gr/hari.

Pemberian multi vitaamin Provits diberikan secara normal,guna kesehatn induk serta anaknya.

Pemberian Calcium GROWTH IN DOGS pada anak

Calcium GROWTH IN DOGS  sangatlah dibutuhkan pada anak anak anjing yang sedang bertumbuh dengan pesatnya.

Pemberian calcium pada anakan hanya sedikit saja,tidak berlebihan.dan pemberian jumlah calcium phosphorus ini akan bertambah sesuai dengan berat badannya.

Pemberian secara langsung dapat diberikan saat usia 3 minggu, dikarnakan anak anjing sudah mulai dapat makan makanan seperti bubur bayi atau dogfood di blender.

Pemberian Multi vitamin pada anak anjing setelah dilahirkan

Pemberian multi vitamin sangat diperlukan pada anak anjing, Pemberian ini dapat dimulai sejak usia 5 hari dari sejak lahir ( mis: dengan menggunakan Provits)

Karna dengan adanya penberian vitamin yang berkwalitas, akan sangat membantu dalam semangat anak anjing saat menyusu,Pemberian cukup dengan di teteskan saja ke mulutnya.

Pemberian pakan tambah pada anak

Pemberian pakan pada anak anjing dapat dimulai sejak diusia 2 minggu, dengan cara pemberian dogfood diblender halus,dan berikan sedikit sedikit secara langsung di cekoki, dan dibantu dengan pemberian air agar tdk keselek.Pemberian pakan tambah biasanya setelah anak anjing berhenti menyusu dari induknya dikarnakan mengantuk saat menyusu dan tidur, sedangkan si anak sendiri belum cukup dengan jumlah susu yang diperlukannya.

Susu tambahan juga sangat diperlukan, karna untuk ukuran anjing trah ,anak anak anjing di usia 2 minggu dapat menhabiskan susu sebanyak 240 ml per 4 jam sekali.Bila tidak dibantu dengan susu tambahan ,anak anjing akan kekurangan jumlah susunya, sehingga anak anjing tidak dapat berkembang dengan baik, Atau kecil kecil seperti anak tikus.

Biarkan anak anjing minum sekenyangnya, karna dengan dia kenyang anak anjing kan lebih banyak beristirahat, sehingga pertumbuhan anak anjing akan menjadi lebih cepat besar dan bertumbuh dengan sempurna, lakukan pemberian susu anak anjing setiap 4 jam sekali.Susu tambahan gunakan susu yang terbaik, Mis dengan menggunakan esbilac, dengan ukuran satu canting kecil takaran dengan 10 cc air.(sedikit kental) dengan demikian anak anjing akan lebih lama istirahatnya.

Diusai 2 minggu atau di 3 minggu pakan tambah bisa digunakan juga bubur bayi serelac beras merah dicampur dengan susu tambahannya.Sebagai pengganti susu esbilac bisa gunakan susu prediasure.Anak anjing sangat membutuhkan susu protein dan fat yang tinggi .Esbilac mempunyai protein 32 % dan fat 40%. Bila menggunakan susu bayi manusia ,tidaklah ada gunanya,Karna susu bayi manusia hanya mempunyai protein sampai 12 % dan fat yang rendah.

Masa waktu pemberian obat cacing

Obat cacing dapat diberikan sejak di usia 2 minggu, dan dilakukan bersamaan pemberian dengan induknya,Pemberian obat cacing dapat diberikan setiap minggu, baik dianaknya dan induknya.semua ini berguna agar anak anaknya tidak selalu terisi benih cacing yang ikut melalui air susu induknya.

Pemberian obat cacing pada anak anjing diberikan setiap minggu sampai usia 3,5 bln ( sampai vaccine ke 3) dan selanjutnya diberikan per 2 minggu sekali sampai usia 8 bln.

Semua ini guna mencegah jangan sampai cacing pencernaan naik ke jaringan tubuh seperti hati,Jantung,Paru, yang sangat sulit untuk dibasmi.dan membuat anak anjing tidak dapat berkembang dengan baik dan sempurna sebagai mana mestinya.

Masa waktu Vaccine

Setelah pemberian obat cacing di 6 minggu, diminggu ke 7 sebaiknya anak anjing diberikan Vaccine yang berisi : Parvofirosis,Distemper,Para influenza,Hepatitis.

Karna diusia sampai 3 bulan ,yang rawan bukan Parvonya, akan tetapi di penyakit distempernya,Karna Parvo yang dikenal masyarakat sampai saat ini tidaklah akan terjadi bila pemberian obat cacingnya dirutin dengan baik .JUstru yang kita harus jaga saat usi dini adalah para influenzanya yang akan menjadikan anak anjing terkena distemper yang mematikan anak anjing, Selalu perhatikan pernafasan anak anjing sejak dini, sampai waktu sebelum vaccine.Karna Vaccine hanya dapat digunakan pada anak anjing yang sehat.

Pemberian obat cacing dilanjut setelah 1 minggu setelah Vaccine pertama.

Di minggu ke 9 obat cacing stop dan di minggu ke 10 anak anjing berikan Vaccine ke 2 yang berisi dengan. Parvo,Distemper,Hepatitis,Para influenza,Leptospirosis.

Karna penyakit Lepto ini biasanya terjangkit pada anak aning di usia 4 atau 5 bln mendatang, dengan adanya ini maka akan jauh dari terkena lepto tersebut.

Seperti biasa pemberian obat cacing dilanjut beserta vitaminnya, di minggu ke 14 dilanjut dengan pemberian Vaccine ke 3 yang berisi. Parvo,Distemper,Parainfluenza,Hepatitis,Leptospirosis, Rabies.

Dengan Pemberian 3 kali Vaccine berate anak anjing akan mendapatkan kekebalan tubuh yang kuat yang dinamakan Vaccine boster.

Pemberian multi vitamin sangat membantu kesehatan saat perssiapan vaccine.

Mengenai program Vaccine dapat dipelajari di artikel program vaccine darrylkosambipet.com.

Saran

- Jagalah anak anjing agar selalu sehat, agar dpat di Vaccine tepat waktu.

- Jaga selalu kebersihan anak anjing,Agar selalu sehat.

- Berikan selalu multi vitamin yang mengandung asam amino.

- Bersihkan selalu kandang tempat anak anjing tersebut.

- Jangan meletakan anak anjing dilanlai pijak yang miring, yang akan meruba posisi pasten pada anak anjing yang membuat bengkoknya pasten tersebut.

- Berikan alas lantai dengan tatakan berlubang, agar anak anjing selalu terhindar dari air kencingnya.

- Mandikan anak anjing lebih sering ,agar selalu bersih.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman ,dalam membiakan anjing trah dan dapat dipertanggung jawabkan

Dilarang keras memindahkan artikel ini ke Web lain tanpa izin penulis,Atau menghilangkan nama penulis,penulis berhak menuntut ganti rugi dalam segi apapun.

Jakrta 14 Desember 2010

albenplus growthindogs provits intraver 200 vitol-140 e-selen

Anak labrador Retriever usia 3 hari dengan tulang yang kasar

anak labrador menyusu pada induknya anak labrador menyusu pada induknya anak labrador usia 3 hari

  

Anak labrador Retriever usia 10 hari

anak labrador dengan structure yang kokoh anak labrador dengan structure yang kokoh anak labrador dengan structure tulang yang kokoh
anak labrador dengan structure tulang yang kokoh                    anak labtrador yang cantik

Anak labrador usia

14 hari

anak labrador usia 14 hari

Anak labrador usia 18 hari

anak labrador usia 18 hari anak labrador usia 18 hari

Anak labrador usia 22 hari

anak labrador usia 22 hari anak labrador1 usia 22 hari
Anak labrador usia 28 hari
anak labrador usia 28 hari

Berkat Calcium phoporus+Mineral Premix D.Cocentrat

Usia 2 bln dengan berat 12 kg

structure tulang dan otot yang kuat serta montok

Anak labrador usia 2 bulan

Clifort (Jtn)

labrador cristy usia 2 bulan

Cristy (Btn)

Anak anjing Welsh Corgi usia 2 bln

dengan tulang yang kuat dan kasar

bandingkan dengan tulang induknya

anak welscorgi anak welscorgi
anak welscorgi

Berkat Calcium phoporus

Mineral Premix D.Cocentrat

 

Anakan Betina Labrador Retriever  usia 6 bln

dengan pretasi B.O.B

Perkin jabar 15 November 2008

 labrador babi usia 2 bulan labrador barryl

BABI (btn)                           Barryl (jtn)

Anak dobermann usia 2 bln

Hasil breeding JUJU kennel

anak doberman usia 2 bulan anak-doberman usia 2 bulan

Anakan doberman usia 2,5 bulan

Hasil breeding darrylkosambipet

anak doberman usia 2,5 bulan anak doberman usia 2 bulan

Berkat Provits dan Albenplus + Growth in dog

Anak anjing bertumbuh dengan sehat dan sempurna

Comments   

adhe
0 #1 perkiraan resiko dan biaya steril pada anjing jantadhe 2013-01-05 19:00
Dear dr. Darryl

sya punya anjing betina 5 ekor dan jantan 1 ekor....sudah cukup banyak. dan sya jg tdk tega bila hrs dberikan k'orang laen takut ga drawat dan dsayang
kira" kalo steril pada anjin g jantan resiko'ny apa, proses'ny spt apa dan brp perkiraan biaya'ny sampai sembuh

thx
Quote
Darryl
0 #2 re: perkiraan resiko dan biaya steril pada anjing jantDarryl 2013-01-06 01:10
Quoting adhe:
Dear dr. Darryl

sya punya anjing betina 5 ekor dan jantan 1 ekor....sudah cukup banyak. dan sya jg tdk tega bila hrs dberikan k'orang laen takut ga drawat dan dsayang
kira" kalo steril pada anjin g jantan resiko'ny apa, proses'ny spt apa dan brp perkiraan biaya'ny sampai sembuh

thx

Untuk kebiri pada jantan tdk ada resikonya kecuali tdk bisa punya anak saja.biaya operasi tergantu ng dari DRH nya masing masing,tdk dapat diambil patokan. hanya kira kira maximal rp.500.000,-

Salam
Darrylkosambipe t
Quote
edo
0 #3 Ciri-Ciri Anjing Pom Betina Loop/Haidedo 2013-02-07 16:42
permisi pak mau tanya...anjing saya jenis pom usia 10 bulan..saya mau tanya, apa ciri2 anjing betina pom kalaw lagi/mau loops/haid..
Tolong info nya pak..

Terima kasih
Quote
Darryl
0 #4 re: Ciri-Ciri Anjing Pom Betina Loop/HaidDarryl 2013-02-09 00:10
Quoting edo:
permisi pak mau tanya...anjing saya jenis pom usia 10 bulan..saya mau tanya, apa ciri2 anjing betina pom kalaw lagi/mau loops/haid..
Tolong info nya pak..

Terima kasih

Silahkan baca artikel yang telah disediakan di artikel breeding, dan comment disesuaikan ditempat artikel.

Salam
Darrylkosambipet
Quote
CECIL
0 #5 selesai pacak ke 2 indukan pom matiCECIL 2013-12-10 16:12
pak mau tanya nih knapa ya abis di pacak yg ke 2 x nya setelah itu 5 atau 6 hari kemudian indukan saya mati ? :sad: sebelum di pacak kondisinya sangat sehat dan baik" aja loh :cry: sy bener" bingung. sehari sebelum mati sy bawa dia keliling palem cuma saat itu hari minggu dan udah jam 9 semua dokter gak praktek dan gak ada klinik yg buka :cry: akhirnya sy bawa pulang lagi dan sy kasih minum air putih yg dicampur dgn madu. tengah malam dia koma trus sy kasih nafas bantuan tapi akhirnya dia lepas nyawa juga. yg sy bingung sampe detik ini knapa ya pak bisa bgitu ?? :sigh: thanks before untuk penjelasannya
Quote
darryl
0 #6 re: selesai pacak ke 2 indukan pom matidarryl 2013-12-10 21:57
Quoting CECIL:
pak mau tanya nih knapa ya abis di pacak yg ke 2 x nya setelah itu 5 atau 6 hari kemudian indukan saya mati ? :sad: sebelum di pacak kondisinya sangat sehat dan baik" aja loh :cry: sy bener" bingung. sehari sebelum mati sy bawa dia keliling palem cuma saat itu hari minggu dan udah jam 9 semua dokter gak praktek dan gak ada klinik yg buka :cry: akhirnya sy bawa pulang lagi dan sy kasih minum air putih yg dicampur dgn madu. tengah malam dia koma trus sy kasih nafas bantuan tapi akhirnya dia lepas nyawa juga. yg sy bingung sampe detik ini knapa ya pak bisa bgitu ?? :sigh: thanks before untuk penjelasannya

Berdasarkan keterangan anda , terjadi 2 fersi.
Versi 1: Anjing dibawa keliling palem, ini bisa terjadi karna tidak kuat, karna dalam pelatihan lari anjing tra saja maximal berlari 1 sp 1,5 kg, dan ini sudah sangat melelahkan anjing tra.sedangkan jenis toy spt Pom, berlari lari lari di dalam rumah kadang kala suka tiba tiba mati.karena dia mempunyai jantung yang kecil dan tidak kuat dengan panas.apa lagi saat dia mens (loop) anjing betina sedang tejadi anemia, dan HB nya sedang drop.kalau dia sedang drop berat,saat jantung memompa darah dan darah tidak dapat membawa oksigen ke otak dan terjadi penggelembungan di jantung yang tdk kembali lagi.
Versi ke 2 : bisa jadi anjing jantan membawa virus yang membuat kematian pada betina.
nah versi mana yang dapat anda ambil sebagai kesimpulan. karena tidak begitu jelas keterangan yang sebenarnya.
Demikian penjelasan dari saya
Salam
Darrylkosambipet
Quote

Add comment


Security code
Refresh