Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

KISAH DAN SEJARAH/ANJING GOLDEN RETRIEVER

GOLDEN RETRIEVER

Oleh Darryl

SEJARAH GOLDEN RETRIEVER

Orang pertama yang menghasilakan golden retriever adalah Sir Dudley Coutts Marribanks MP.

Atau biasa disebut Lord Tweedmouth. Ia tinggal bersama keluarganya di Brook House ,Park Lane London.

Dia sangat mengemari olah raga berburu.ALokasi yang disukainya adalah Kotlandia.Disana ia memiliki tempat peristirahatan yang dinamai Giuschan Esttate yang dibangun pada tahun 1824. lebih dari 52.000 poudsterling dihabiskan untuk membangun rumah mewah tersebut.

Sebagai seorang pemburu sejati, Lord Tweedmouth mengidamkan se ekor anjing pendamping berburu yang tidak hanya pandai menjemput, tetapi juga mampu mengantarkan buruan kepadanya. Saat itu ia mendapat hadiah Nous, anjing sejenis Yellow retriever, Secara kebetulan ia pun memiliki Belle yang berjenis water spaniel. Menurut Histori Of Quadrupeds karangan Thomas Bewick”s,, Sosok tubuh dan ukuran Belle mirip anjing jenis retriever berbulu merah hati.

Kemudian Belle dikawinkan dengan Nous untuk mendapatkan anjing baru yang pintar berburu.

Perkawinan tersebut menghasilkan 3 anak anjing berbulu kuning, yang menjadi cikal bakal lahirnya golden retriever. Perkawinan silang tersebut dilakukan selama tahun 1889 – 1890 sebelum Lord Tweemouth meninggal tahun 1894.

Sepuluh tahun setelah Lord Tweedmouth meninggal, pembiakan golden retriever dilanjutkan oleh Lord Hrcourth, pemilik Culham Kennel pada tahun 1904.

Ia memulai pembiakan dari dua anakan yang dibawanya saat berkunjung ke Kerrow House.

Golden retriever justru berkembang di Amerika Serikat berkat jasa Lady Penthand, salah satu anggauta keluarga Lord Tweedmouth, saat itu ia membawa seekor golden retriever betina dan melahirkan anaknya di Amerika Utara pada tahun 1890.Inilah anjing pertama yang lahir diluar Negara asalnya, sejak itu anjing ini dikenal dan dikembangkan di Amerika Serikat dan Canada.

Meskipun golden retriever dengan jelas, berasal dari Skotlandia, sebagian orang beranggapan bahwa asal asul anjing ini dari Rusia, disana terdapat sejenis anjing yang dikenal dengan sebutan Russian sheep dog, anjing ini sering dipakai sebagai hewan sirkus keliling. Oleh karna itu, wajar bila sebagian masyarakat di sana menganggap anjing ini sebagai induk golden retriever.

Ada pula yang menduga golden retriever masih satu nenek moyang dengan Labrador retriever. Oleh karma itu mereka menganggap anjing ini berasal dari Amerika Serikat, Daya penciuman kedua anjing ini memiliki keistimewaan yang sama, Yaitu tajam dan pantang menyerah sebelum barang yang hilang ditemukan kembali, Keduanya banyak dimanfaatkan sebagai pelacak narkoba, Bom, dan penjahat.

Disebut golden karna bulunya senantiasa terlihat berwarna keemasan bila diterpa sinar, Tingkat kegelapan warna bulunya beragam, mulai dari hampir putih (brown white)hingga coklat kemerahan seperti tembaga.

Awalnya trah ini dibiakan sebagai teman berburu burung dan unggas liar lainnya, Saat buruan telah tertembak dan jatuh, anjing akan mengambil dan menyerahkan buruan kepada tuannya secara utuh.

Kemampuan inilah yang menyebabkan anjing ini disebut retriever.

Perpaduan warna bulu dan keahlian inilah yang membuat anjing ini terkenal dengan sebutan Golden Retriever.

KEPOPULERAN GOLDEN RETRIEVER

Kennel pertama kali yang mengembangkan Golden retriever di Amerika utara adalah Gilnockie, milik Armstrong yang memulai pembiakan pada tahun 1918. Kemudian diikuti Kolonel S>S> Magoffin yang mendirikan Rockhaven Kennel pada tahun 1928. Ditangan kedua pembiak tersebut golden retriever menjadi popular.Atas jasanya pulah Golden Retriever Clup Of Amerika (GRCA) terbentuk.

Setelah mulai perjalanan panjang, akhirnya golden retriever diakui sebagai anjing trah oleh Amerika Kennel Clup (AKC) pada tahun 1932. Lima tahun setelah anjing ini berkembang di Canada.

Di swedia, pengembangan golden retriever dimulai tahun 1927 awalnya pembiak di Negara tersebut mendatangkan anjing dari Inggris, kemudian dikembangkan sehingga menjadi popular.

Di Australia golden retriever pertama kali dikenalkan sebelum perang dunia ke II, Mereka pun popular dibelahan selatan pada tahun 1954, termasuk di New Zealand.

Di Indonesia golden retriever sudah diprkenalkan sejak tahun 1980-an. Namun saat itu hobiis belum banyak dan kurang tertarik pada anjing jenis ini. Perjalanan panjang akhirnya membuktikan bahwa golden retriever semakin digemari hobiis,

Pamornya pun semakin menanjak di era 1990-an.terbukti dari jumlah peserta di kontes yang terus meningkat.

Banyaknya penggemar memunculkan pembiak pembiak baru yang tertarik untuk mengembangkan golden retriever. Oleh karna itu dibentuklah Golden Retriever Clup Of Indonesia (GRCI) pada tahun 2000. Kontes kontes yang khusus melombakan Golden Rtriever pun sering digelar diberbagai kota.

BERBAGAI KEGUNAAN GOLDEN RETRIEVER

Penampilan golden retriever yang glamour dan selalu ceria telah menjadikannya salah satu anjing kesayangan terpopuler didunia. Kecerdasannya yang telah membuat anjing ini mudah dilatih menjadi anjing yang serba bias seperti :

1.Anjing penggembala (sheep dog)

Di German golden retriever dimanfaatkan sebagai anjing penggembala ternak. Anjing ini terlihat konsisten mengawasi, memeriksa, dan mengarahkan ternak.

Cara golden retriever mengontrol hewan terlihat sangatlah meyakinkan. Anjing ini terlihay aktif berlari mengatur arah dan gerak hewan. Caranya berlari sangat gesit, memutar dari segalah arah.

Saat hewan merumput, golden pun istirahat,disitu tempat strtegis. Mata gerak gerik hewan ternak.

2. Anjing penyalamat (Rescue dog )

Di Amerika golden retriever dilatih menjadi anjing pekerja, Anjing ini banyak dimanfaatkan untuk melacak barang barang terlarang seperti narkoba, bom dan lain lain. Anjing ini juga pintar mencari dan menolong korban dalam kegiatan search dan rescue (SAR), Contohnya, Aspen yang telah enam tahun bertugas menyelamatkan manusia dari reruntuhan bangunan, anjing ini dengan cekatan menerobos dan mengendus di antara puing puing bangunan.

3.Anjing pelayan (service dog)

Di Amerika terdapat Canine Companion for Independence- akademi anjing terbesar dan tertua di dunia. Disana anjing ini dilatih sebagai service dog. Ammy Specker, Salah satu pelatih disana telah melatih 100 golden retriever sebagai anjing pelayan.Carrol – seekor golden retriever yang pintar dan rajin telah menemani Nicol Sidbottom selama 5 tahun. Nicole terlahir dengan kondisi cact, Tangannya tidak bias digumnakan sebagaimana mestinya. Tugas itulah yang dilakukan Carrol. Misalnuya saat diajak ke took buku, Carrol mengambil dan membawa hingga membayarnya dikasir. Saat pensil terjatuh pun dengan suka cita Carrol memungutkannya, Bahkan Carrol mampu menarik tali sepatu dengan cekatan saat tuannya ingin mencopot sepatu.Di Jepang golden retriever dimanfaatkan untuk membantu orang buta. Di ginza Street ,Tokyo dengan lincah anjing itu mampu memandu tuannya yang buta di antara hilir mudik orang yang penuh sesak, Anjing itu dididik oleh Tahasi Suzuki, Pelatih anjing dari Eye Mate.Incorporation (EMI). Sebagai pelatih anjingyang berpengalaman. Ia telah melatih 100 ekor anjing untuk pemandu orang buta.Selain itu, trah ini juga telah banyak mengukir pretasi dalam kompetisi diberbagai bidang, Sepeti field trials. Working trials. Agility, dan obedience. Keindahan bulunya juga menjanjikan kesuksesan sebagai juara di kontes. Namun disamping semua prestasi diatas yang paling utama bagi pemiliknya adalah golden retriever merupakan anjing keluarga yang menyenangkan. Dengan pembawaan yang ramah, anjing ini pantas dijadikan hewan kesayangan.

(Dikutip dari buku Imelda Natasaputra)