Selamat datang di web kesehatan hewan. Darrylkosambipet.com

"KIsah dan sejarah anjing Doberman phincer"

DOBERMAN PINSCHER

Oleh Darryl

sejarah anjing doberman

"KIsah dan sejarah anjing Doberman phincer"

Herr Louis Doberman yang dilahirkan pada tanggal 2 Pebruari 1823 merupakan orang ynag menemukan atau "menciptakan “ anjing anjing "Doberman Pinscher" yang kita kenal sekarang ini. Sehingga nama Doberman untuk anjing anjing dari ras yang satu ini jelas diambil dari nama si penciptanya.

Sebagai seorang perwira polisi jerman, Herr Louis Doberman merasa membutuhkan pembantu untuk dia menunaikan tugasnya sebagai seorang penegak hokum dan menjaga keamanan. Dan sebagai pembantunya itu Herr louis Doberman lebih mempercayai seekor anjing yang dapat dijadikan sebagai kawan tersetia.

Waktu mulai mengadakan percobaan pembiakan- entah berapa banyak jenis anjing anjing yang dicampurkan oleh Herr Louis Doberman, sebab yang disebutkan antara lain adalah anjing anjing Greyhound,Pointer,Rottweler dan lain sebagainya yang sukar dicari kepastiannya dari sekian banyaknya

“ Various Other Of Unkonwn Ancestry”, Sampai akhirnya Herr Louis Doberman menemui “ ideal dog” atau katakanlah ‘anjing idamannya’ yang sekarang kita kennal dengan nama Doberman Pinscher.

Orang pertama yang mulai tertarik dan ikut membiakan anjing anjing ciptaan Herr Louis Doberman ini adalah Otto Goeller. Dan Otto Goeller ini juga yang kemudian membentuk "Doberman Pinscherklup” Yang pertama di Apolda. Yang letaknya di daerah Thuringia bagian selatan dari Jerman. Doberman pinscherklup yang pertama dibentuk di Apolda katanya terjadi di tahun 1899, dan setahun setelah itu anjing anjing Doberman Pinscher yang waktu itu masih asing atau masih merupakan barang baru diresmikan dan diterima sebagai jenis anjing terbaru di seluruh Jerman.

Jelas bahwa anjing anjing Doberman Pinscher ciptaan Herr Louis Doberman ini kemudian didaftarkan pada Federation Cynoloqique International (F.C.I.) sebagai salah satu produksi dari ciptaan Jerman dan pembiaknya semakin hari menjadi semakin meningkat , sehingga pada “The Cologne Dog Show” di tahun 1910 tercatat ada sebanyak 105 anjing anjing yang pada waktu itu masih dianggap aneh ini yang ikut menjadi pesertanya.

Doberman Pinscher yang oleh penciptanya memang dimaksud untuk membantu dan melindungi keselamatan selama Herr Louis Doberman melakukan tugas pekerjaannya, Maka tidak heran sejak saat itu juga di Jerman sudah dikenal sebagai salah satu jenis anjing polisi atau Police Dog dengan kegiatan kegiatan mengejar si pelaku kejahatan atau sering dinamakan sebagai si penyelidik kejahatan yang mengutus dan melaacak samp[ai sipelaku kejahatan dapat ditangkap untuk selanjutnya diajukan ke pengadilan dan dihukum.

Baik pada waktu perang dunia yang pertama maupun yang kedua, pihak tentara Jerman menggunakan anjing anjing Doberman Pinscher sebagai anjing anjing yang ikut menunaikan tugas Negara. Sementara pihak kepolisian juga menggunakan anjing anjing Doberman Pinscher ini sebagai anjing pelacak di dalam melakukan deteksi kejahatan.

Standard Doberman Phinscher yang seimbang antara tinggi dan panjang badan, yakni 26 sampai 28 inci. Untuk anjing anjing jantan dan 24 sampai 26 inci untuk anjing anjing betina, serta bangun tubuh yang kekar dan lincah/cepat reaksinya.watak gagah pembrani dan cepat menerima komando atau intruksi intruksi dari si pemegangnya, memang tepat untuk dijadikan anjing anjig pembela yang pantang mundur !

Dengan pembawaan kondisi alamia tubuh Doberman Pinscher serta ciri ciri perwatakan yang dilandasi kesetiaan akan memungkinkan berperannya anjing anjing Doberman Pinscher ini dalam berbagai tugas tugas yang memerlukan kecepatan dan disiplin.

TANGGAPAN ORANG TERHADAP DOBERMAN PINSCHER.

Dilihat dari bentuk dan tubuhnya yang atletis, besar, angker dan menyeramkan, memang mengakibatkan adanya issue issue yang mengatakan bahwa anjing anjing Doberman pinscher ini adalah anjing yang tukang gigit, berbahaya bagi anak anak dan lain sebagainya. Yang semuanya sebenarnya merupakan sesuatu kebohongan belaka.Tukang gigit dan lain lain yang serba menyeramkan bukan ditemukan oleh sesuatu ras atau jenis anjing yang akan tetapi merupakan sifat bawaan dari masing masing individu anjing anjing yang bersangkutan dan akibat salah asuh.

Anjing anjing Doberman Pinscher merupakan anjing anjing ukuran menengah (middle size), yang memiliki sifat sifat perkasa dan jantan. Dia membutuhkan perawatan yang cermat dan sebaik baiknya, terutama dalam memberikan makanan yang cukup mengandung protein untuk menjaga kestabilan pertumbuhan tubuhnya. Potongan bentuk tubuhnya yang justru merupakan suatu kebanggaan dari anjing anjing ini.

Anjing anjing Doberman pinscher merupakan anjing anjing yang serba guna dan bisa dimanfaatkan kebolehannya, baik untuk mengamankan rumah tangga anda dari gangguan kawanan pencuri dan sebagainya. Juga untuk memberikan perlindungan bagi anak anak anda serta yang dapat dijadikan sebagai teman bermain yang setia.

Sifat sifat yang ada pada manusia biasanya dapat pula kita temukan pada anjing anjing. Ada yang baik budi dan ada pula yang tidak mengenal budi. Begitu juga tentang perasaan seekor anjing Doberman Pinscher, tidak banyak berbeda dengan perasaan manusia , bahkan lebih perasa !

Waktu , kesabaran dan kasih sayang – hal inilah yang anda perlukan . jika anda berminat untuk membeli dan memelihara anjing anjing Doberman Pinscher. Jangan anda memelihara anjing anjing Doberman Pinscher kalau anda tidak mau membagi kasih sayang anda kepada anjing anjing itu. Sebaiknya apa bila anda patuh pada beberapa petunjuk dan ketentuan, anda pasti akan dapat menikmati hasil yang nyata dari memelihara anjing anjing Doberman Pinscher ini.

31